Apa Perbedaan EDGE dan HSDPA

Apakah kamu sering merasakan internet yang lemot, loading Facebook lama banget di hp Android, terus pesan yang dikirim via BBM ataupun WhatsApp pun sering penting dan bahkan jamred alias tidak terkirim sama sekali. Koneksi internet yang lambat di Android bisa disebabkan karena kamu salah memilih jenis koneksi/ jaringan yang tersedia, semisal di daerah kamu ada jaringan HSDPA atau 3.5G tapi kamu malah memakai koneksi EDGE. Lho emang apa sih perbedaan antara HSDPA dan EDGE mana yang lebih baik dan lebih cepat.

Berbicara tentang kecepatan akses internet, sudah bisa dipastikan bahwa HSDPA lebih cepat dibandingkan dengan EDGE, dan bahkan perbedaan kecepatannya bisa sampai 10 kali lipat. Jadi tentu saja dengan menggunakan jaringan HSDPA maka hp Android kamu bisa mengakses internet dengan lebih cepat dibandingkan bila kamu tetap menggunakan EDGE. So, bila saat ini kamu masih menggunakan koneksi EDGE, sebaiknya setting Android agar selalu HSDPA agar kamu bisa merasakan kecepatan internet yang stabil dan cepat di hp Android kamu.

perbedaan hsdpa dan edge

HSDPA merupakan singkatan dari High-Speed Downlink Packet Access yang mampu memberikan layanan video, suara atau akses internet 3.6 Mbps ini artinya kamu bisa melakukan video call sekalipun dengan kualitas gambar yang tajam dan lancar tanpa delay meskipun dalam kenyataannya memang tergantung kepada kondisi jaringan HSDPA di daerah kamu.

Kecepatan internet HSDPA memang lebih cepat dari EDGE namun di sisi lain salah satu kelemahan dari HSDPA adalah menyebabkan baterai Android kamu cepat habis. Bila dengan menggunakan koneksi EDGE kamu bisa menggunakan Android selama 8 jam lebih dipakai internetan, maka bila menggunakan koneksi HSDPA bisa saja kamu hanya bisa menggunakannya selama 5 jam saja. Simak Solusi Baterai Android cepat habis, bila kamu menggunakan koneksi EDGE tapi baterai Android kamu tidak tahan lama dan cepat habis.

beda edge dan hsdpa

Jadi, apabila kamu menginginkan sebuah koneksi internet yang cepat sehingga bisa lancar BBM-an, mengakses Facebook ataupun medsos lainnya maka pakailah HSDPA, tapi bila kamu ingin baterai Android kamu awet tidak cepat habis, maka lebih bijak menggunakan koneksi EDGE. Lalu bagaimana bila kamu ingin menggunakan koneksi HSDPA dan baterai tidak cepat habis? Sudah pasti kamu harus membeli hp Android dengan baterai besar, sehingga dalam sekali cas kamu bisa menggunakan lebih dari 10 jam, mantap bukan?

Ada lagi masalah yang sering dihadapi, sinyal HSDPA hanya 2 bar sedangkan sinyal EDGE full, mana yang harus dipilih dan mana yang lebih cepat? Meski sinyal HSDPA tidak full dan turun naik tetap saja kecepatan internetnya akan lebih cepat dibandingkan EDGE. Namun sekali lagi dengan kondisi sinyal yang tidak stabil, turun naik maka baterai Android kamu akan cepat habis.

Leave a Reply