Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Beda Kitkat dan Lollipop

Saat akan membeli sebuah hp Android salah satu hal yang harus diperhatikan adalah sistem operasinya, jangan sampai di tahun 2015 kamu masih membeli sebuah hp Android dengan sistem operasi JB atau ICS, kenapa? Selain sudah agak tertinggal, Jelly Bean dan ICS juga kini jarang hadir di hp Android high end keluaran terbaru. Lalu harus beli Android apa dong, Kitkat atau Lollipop? Apa beda Lollipop dan Kitkat? Mana yang lebih baik, Kitkat atau Lollipop?

Bila kamu masih bingung menentukan pilihan antara Lollipop atau Kitkat, satu yang harus jadi catatan penting adalah pilihlah hp dengan sistem operasi Android terbaru saat ini yaitu Android 5 alias Lollipop. Jadi kita harus pilih Lollipop dibandingkan Kitkat? Yups benar sekali, karena Lollipop adalah OS Android terbaru dengan berbagai macam keunggulan dan tentunya memiliki kinerja yang lebih dibandingkan dengan Kitkat atau Android sebelumnya. Bila kamu penasaran kenapa harus memilih Lollipop dibandingkan dengan Kitkat, nah berikut ini adalah Perbedaan Kitkat dan Lollipop.

Tampilan menu yang berbeda antara Lollipop dan Kitkat. Di Lollipop material design terlihat jelas dengan background warna putih sehingga susunan menu lebih jelas terlihat memudahkan kita mencari aplikasi atau game yang diinginkan.

Beda Kitkat dan Lollipop

Dari sisi tampilan, Android Lollipop menggunakan Material Design yang tampil 3D super flat, kesan modern dan elegan akan tampil dari Lollipop ini. Sedangkan Kitkat mengandalkan design Holo yang sudah ada sejak Android 3, Holo memang tampil minimal dan clean namun tampaknya untuk saat ini tampilan Holo akan terasa membosankan karena sudah lama ada di Android.

Beda Lollipop dan Kitkat

Lockscreen yang tampil beda. Kamu bisa melihat berbagai macam notifikasi yang tersusun dengan rapih di Lockscreen Lollipop, sehingga dengan melihat sekilas saja kamu bisa mengetahui apa saja yang masuk ke hp Android kamu. Selain itu di Lockscreen Lollipop ada tombol pintas untuk kamera dan telepon.

Kitkat vs Lollipop

Quicksetting Android Lollipop lebih lengkap dan lebih memudahkan kita untuk mengakses fitur Android, semisal saat kita ingin memilih koneksi Wifi, maka dari quicksetting kita bisa memilih hotspot Wifi secara langsung, keren bukan.

Lollipop vs Kitkat

Recent Apps atau daftar aplikasi yang sedang berjalan di Android Lollipop menggunakan tampilan yang elegan dan menawan, bandingkan dengan recent apps di kitkat yang tampil datar-datar saja.

Keunggulan Lollipop

Menu Setting yang berbeda di Kitkat, lebih sederhana namun teratur dan mudah diakses.

Perbedaan Kitkat dan Lollipop

Itulah beberapa perbedaan Lollipop dan Kitkat, satu yang pasti di tahun 2015 merupakan zamannya Android Lollipop, so bila kamu ingin membeli sebuah hp Android pastikan sudah menggunakan Android Lollipop seperti Nexian Journey One dan Mito Impact.

74 comments

  1. Gan’…
    Mintak tolong ya..
    Z1 saya sudah pakai os lolipop. Tp jd susah mau mindain file,. Jadi file manage apa yg cocok ya.. Kalau boleh tolong..
    Balas ke email ini.. awansdwipa[at]gmail.com

    MAKASIH GAN…

    1. @Awans :: Anda bisa coba ES File Manager, pengalaman di pakai di Samsung S4 Lollipop, aplikasi ini bisa dengan lancar memindahkan file dari SD Card ke internal ataupun sebaliknya tanpa kendala.

  2. Gan.. Mnt tolong dong
    Kok pke lolipop
    Wifi sy ngk bs di aktifkan Nihh

    Sama polaa kunci layar
    Mau sy Non aktfkan Ngak bisaa

    Mohon bantuannya yaa
    Thanks

    1. @Yenny :: Kalau engga mengaktifkan Wifi bisa kemungkinan hardware Wifi-nya bermasalah. Untuk pola layar bisa disebabkan karena sistemnya sudah ada yang error. Coba dilakukan dulu factory default atau kembali ke setelan pabrik. Apabila nanti setelah melakukan factory default, Wifi tetap tidak bisa aktif, sebaiknya digaransikan saja hp Androidnya.

    2. itu gagal update os jadi wifi nya mati…update online yang g sempurna…saya pernah pake asus juga gtu harus ganti motherboardnya, semua lancar tapi wifi mati total…

  3. gan mau tanya hp mito impact,evercross one x sama nexian journey one bagus yang mana…?
    tlong masukannya ya?

    1. @Sayangpisan47: dari sisi spesifikasi dan fitur ketiganya sama dan serupa. Untuk ketangguhan, Nexian kayaknya lebih bisa diandalkan.

    1. @Didik :: Khusus HP Android yang sudah support Lollpop, tidak semua hp Android bisa di update ke Lollipop apalagi Blackberry engga bisa.

  4. Os lollipop kok memakan kapasitas memory internal ampe 3gb ya gede juga kapsitas buat osnya,soalnya saya menggunakan hp lenovo A7000

    1. @Rian :: semakin banyak fitur, tentu saja akan membutuhkan memori internal yang lebih besar.

    1. @Ruri :: secara default di HP Android One termasuk Evercoss One X hanya ada Drive berupa file manager untuk online (cloud), karena itu agan bisa install aja file manager untuk Android di Google Playstore.

  5. mau tanya ni gan, tampilan file manager pada android os lolypop dimana ya ? ane pake hp acer z220

    1. @Ikhwan :: ada di menu Drive. Bila tetap tidak ditemukan, silahkan install file manager dari playstore.

  6. Kalau benar lollipop lebih bagus dari Kitkat, mengapa di lollipop tidak bisa install aplikasi office word, office excell dan office power point yg saya download lewat play store, sedangkan kitkat bisa ? Mohon bantuannya

    1. @reynold :: install aplikasi apapun dari Playstore bisa dilakukan di Android Lollipop, apabila agan tidak bisa install beberapa aplikasi seperti yang disebutkan di atas, coba lakukan clear (hapus) data dulu di aplikasi Playstore caranya masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi – pilih Playstore lalu lakukan Hapus Data, selain itu coba lakukan dulu Sign Out atau keluar dari akun playstore yang sekarang dipakai lalu masuk kembali.

  7. Hai saya mau nanya nih…. Saya pengguna evercoss winner t androidnya kitkat, pas lihat di internet hp saya mendapatkan pembaruan ke lolipop. Gimana caranya ya upgrade android, padahal hp sy support OTA tapi pas di perbaharui kok eror ya ???

    1. @Afif :: hp Androidnya pernah di root tidak? apabila pernah di root biasanya memang akan selalu gagal bila melakukan ota update.

  8. mau nanya donk, aku upgrade ke lolipop tapi kok malah lemot ya plus batre boros dan ada beberapa aplikasi yang hilang, kayak word exel pdf.
    aku pakai experia Z1, cocok gak segh kalau pakai lolipo

    1. @Yulia :: seharusnya Lollipop itu lebih hemat baterai dibandingkan dengan Kitkat atau Android sebelumnya. Pastikan sis menonaktifkan aplikasi yang tidak dipakai, bisa juga mengaktifkan fitur penghemat baterai yang ada di Lollipop, masuk ke menu Setelan – Baterai lalu pilih Penghemat Baterai.

  9. mau tanya dong, samsung ace 3 kira2 bisa ga ya klo ane ubah ke lolipop ? ato paling ga kitkat gitu??? soalnya ane msh jelly bean 😀 ……

    1. @Shoffa :: untuk Lollipop kayaknya harus menunggu waktu lebih lama, tapi kalau untuk update ke kitkat, bisa.

    1. @Irman :: seharusnya bisa, coba aja cek secara rutin pembaruan di hp-nya (Ota update).

  10. Maaf mau nanya hp sy galaxy s4 baru di up ke lolipop tp ada ada yg bd di manager aplikasi biasanya kan di bagian bawah aplikasi yg terinstal ada rincian memori yg terpakai dan sisanya tp ko ini ga ada ya. Apa emg begini atw gagal up tolong di bales ya. Thx..

    1. @Tari :: ada kok, dibagian bawah tetap ada rincian memori penyimpanan yang terpakai oleh aplikasi tersebut.

  11. kadang udah lolipop kok iconnye ga berubah? kek batre, sinyal, wifi ada yang masih kek kitkat.
    emang bisa diatur ye mo dirubah ape kagak?
    apa ada lolipop versi tertentu …

    1. @Spse7en :: klo agan menggunakan Lollipop asli dari Google pasti iconya sesuai dengan yang ada di Lollipop, terkecuali bila agan menggunakan Lollipop dari vendor tertentu seperti Samsung, Oppo atau Lenovo dll, icon biasanya sudah disesuaikan/ di modifikasi oleh vendor tersebut.

  12. Min mau nanya.. aku pkai samsung galaxy grand prime yg os nya msh kitkat.. ad link resmi gak buat update ke os lollipop

    1. @Budiihsan :: Samsung Galaxy grand prime bisa kok di update ke Lollipop, agan bisa download firmware/OS Lollipop untuk Galaxy Prime di sammobile

    1. @Evi :: Kalau jujur sebaiknya pilih Infinix Note yang baru saja di release di Indonesia yakni Infinix Note 2 X600 4G LTE

  13. Gan mau nanya s4 klo lolipop apakah batrei boros dan smartphone kok cepet panas, apakah semua samsung s4 spt itu..klo dicash batrei lama ngisinya. ..

    1. @Supriyanto :: agan bisa coba untuk lakukan dulu factory default atau clear dalvic cache, apabila nanti tetap boros sebagiknya downgrade saja ke kitkat via odin

  14. Gan saya mau nany nih…
    Klu hp sony experia bgus nya pkek sistem android lollipop atau kitkat..
    Tlg info nya dong

    1. @Yasir :: belum ada release LOllipop untuk Evercoss, tapi agan bisa coba ROM Lollipop seperti CM untuk evercoss

  15. gan mau nanya. asus zenfone 5 kan ada beberapa jenis. kira-kira yg bagus mana gan…?
    soalnya saya mau beli.
    tolong solusinya gan

    1. @Septriadi :: semua varian juga hampir sama, namun tentunya pilih yang RAM dan penyimpanan internal paling besar saja.

  16. gan ini aku pake galaxy e5 kitkat mau upgrade ke lolipop tapi ntar bisa downgrade ke kitkat lagi ga?

    1. @Rico :: Tentu saja, apabila nanti agan kurang suka dengan Lollipop, bisa kok downgrade kembali ke Kitkat.

  17. mau tanya gan,
    Ponsel saya z1sudah di root
    Kalau di up ke lollipop rootnya ilang apa masih ada?

  18. Mau tanya nih, di Lenovo A6000, saya install Aplikasi Vault untuk kepentingan Hide (Sembunyikan) SMS dan Logcall, berbeda saat saya menggunakan aplikasi yg sama di Mito A50 Fantasy. Di Lenovo A6000 masih sering terjadi kebocoran sms, seperti masih terlihatnya siapa yang mengirim sms namun begitu Boxdialog Sms nya di klik isi sms memang tidak terlihat, namun yg menjadi masalah lain adalah terkadang sms bisa muncul di kotak sms masuk seperti biasa, padahal kontaknya sudah kita lock pakai Vault. Berbeda saat menggunakan Mito A50 Fantasy (HP nya sudah rusak), aplikasi Vault betul-betul berjalan sempurna. Mohon masukan saran dan pencerahannya…

    1. @Tasri :: Coba agan nonaktifkan fungsi notifikasi SMS-nya. selain perbedaan sistem operasi di kedua hp juga bisa menyebabkan masalah seperti yang agan hadapi.

  19. Sis mau tanya.
    Hape ku samsung A5 2015 mau di upgrade ke lolipop ada link resmi ny gak? Terus nanti ke hapenya jadi lemot gk? Mau di upgrade tp takut ke hape nya jadi lemot.. terus nnti kontak,foto & data2 penting kehapus gak ya? Tolong infonya dong sis..

    1. @Dhini :: sebaiknya menunggu OTA Update atau pembaruan resmi aja, agar nanti kinerjanya lebih maksimal. Masuk ke menu Setting – System lalu About Device kemudian sentuh pada Check for updates

  20. Mau nanya punya saya samsung galaxy j1 keluaran 2015 sekrg kitkat tapi coba di perbarui ke lolipop hasilnya katanya udh terperbarui tapi masih kitkat 4.4.4 aja. Kira” itu gmn ?

    1. @Lia :: itu artinya belum ada ota update Lollipop untuk hp sis. Apabila setelah diperbarui secara online masih tetap kitkat, bisa saja update yang sekarang cuma memperbaiki error atau bugs saja.

    1. @Ayu :: Apabila sudah official Lollipop, lebih bagus Lollipop dibandingkan Kitkat.

  21. Saya pake xperia z1 pindah k lolipop ko kamera saya jadi jelek dan gk bening padahal di kitkat bagus banget

    1. @will :: Setelah melakukan ugrade coba di factory default terlebih dahulu hp Androidnya. Apabila nanti masih tetap bermasalah kameranya, berarti emang OS-nya yang tidak sempurna, dan agan bisa lakukan proses downgrade ke kitkat kembali menggunakan komputer.

  22. Asus Z007 saya kan itu abis bootloop, udah di flash ulang nah mau upgrade juga tuh ke lolipop gimana ya menurut agan?

    1. @Azai :: Bila sudah ada upgrade resmi dari Asus, agan bisa langsung melakukan proses upgrade via komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.