Hp Android Lebih Baik di Root Atau Tidak

Jika di iOS iPhone kita mengenal istilah Jailbreak yang sangat berguna untuk melakukan beberapa perubahan dari sisi tampilan seperti mengganti tema dan font di iPhone ataupun sekedar meningkatkan kinerja iPhone maka di Android kita tak asing lagi dengan istilah root yang fungsinya  hampir sama dengan Jailbreak. Lantas pertanyaan sekarang apakah Android lebih bagus di root atau tidak? Dua pilihan ini seringkali menjadi sebuah dilema bagi pengguna yang baru saja beralih dari iPhone ke Android.

Berbeda dengan iOS, sistem operasi Android bersifat terbuka yang artinya kita bisa melakukan berbagai modifikasi terhadap tampilan, jenis huruf sampai berbagai menu lainnya. Dan, perlu diingat meski tanpa dilakukan proses root Android, sebenarnya kita bisa dengan mudah mengganti tema atau tampilan di Android dengan mempergunakan launcher atau peluncur Android yang banyak tersedia di Playstore. Begitu juga dengan huruf, di beberapa merk handphone ternama seperti Samsung, Xiaomi sampai Oppo sudah ada menu untuk ganti font tanpa harus di root terlebih dahulu.

android lebih baik di root atau tidak

Proses root Android akan menjadikan sistem Android menjadi mudah untuk dirubah dan dimodikasi sesuai keinginan dengan resiko apabila terjadi kesalahan dalam prosesnya maka jangan heran bila kemudian hp Android kamu mengalami bootloop alias tidak bisa masuk ke menu hanya restart di logo Android terus menerus saat dinyalakan. Itu artinya apabila Android sudah di root, maka kamu harus lebih berhati-hati dalam menggunakan berbagai macam aplikasi untuk mencegah terjadinya error bootloop di Android.

Benarkah proses root bisa lebih mempercepat kinerja Android? Yups benar sekali, tak bisa dipungkiri dengan melakukan proses root, kita bisa mengatur kinerja Android agar lebih cepat, namun perlu diingat saat ini banyak sekali hp Android yang sudah menggunakan sistem operasi Android murni seperti di Android One yang artinya kinerjanya lebih cepat dan bisa diandalkan meskipun tanpa di root.

Jadi sebenarnya tanpa di root pun, hp Android terbaru saat ini kinerjanya sudah bisa diandalkan dari berbagai sisi. Apalagi kini sudah mulai umum, hp Android selalu dilengkapi dengan memori RAM yang cukup besar 4GB bahkan 6GB, memori internal yang cukup lega 64GB sampai 128GB sampai prosesor dan pengolah grafis yang berkelas yang akan membuat Android berjalan dengan lebih cepat tanpa ada istilah ngelag lagi meskipun dipakai untuk memainkan game HD terkini.

Namun semua keputusan ada di tangan kamu sebagai pengguna Android, bila kamu senang melakukan modifikasi file sistem tak ada salahnya untuk melakukan proses root tapi jika hanya menggunakan Android untuk berkomunikasi, kirim pesan lewat WA dan BBM, mengakses sosial media seperti Instagram maka tanpa dilakukan proses root pun, hp Android kamu sudah mampu memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest