Bootloop Itu Apa

Salah satu masalah atau error yang paling ditakutkan oleh pengguna Android adalah mengalami bootloop ketika akan dinyalakan? Bayangkan saja ketika kamu sedang asik bermain game tiba-tiba saja hp Android kamu ngerestart dan setelah ditunggu beberapa saat ternyata yang muncul di layar hanyalah logo Android terus menerus, sudah tentukan kamu akan panik dan sedikit kesal. Bootloop itu apa sih dan apa penyebabnya serta cara mengatasi apabila hp Android mengalami Bootloop?

Secara sederhana Bootloop adalah suatu kondisi dimana Android kamu tidak bisa boot atau masuk ke menu utama, sehingga yang terjadi adalah ketika pas muncul logo Android, handphone kamu akan terus menerus restart tanpa bisa loading ke tampilan menu awal Android. Kenapa bisa terjadi bootloop? Salah satu penyebab utama bootloop adalah karena hp kamu tidak mampu untuk masuk ke sistem operasi Android akibat OS-nya error.

apa itu bootloop android?

Bootloop juga bisa disebabkan karena terjadinya kegagalan ketika sedang melakukan proses root Android, gagal ketika kamu berusaha mengganti font atau huruf di hp Android, juga bisa disebabkan karena kamu salah menggunakan atau memakai firmware atau OS ketika melakukan proses update atau flash Android, atau kegagalan ketika kamu berusaha mengganti tema atau tampilan Android menggunakan custom rom dan penyebab paling parah adalah karena hardware hp Android kamu sudah bermasalah atau ada yang error.

Terus apabila terjadi bootloop bagaimana dong cara mengatasi bootloop di Android? Nah, apabila penyebab terjadinya bootloop masih seputar software bukan karena hardware maka bootloop bisa diatasi dengan mudah dengan cara melakukan proses update/ flash Android kamu menggunakan firmware original atau asli pabrik. Semisal bila kamu pengguna Android Samsung kamu bisa coba menggunakan ODIN atau KIES untuk mengupdate atau Flash Samsung menggunakan firmware asli Samsung. Apabila kamu pengguna Android berbasis chipset Mediatek bisa coba untuk menggunakan Flashtool untuk mengembalikan atau restore Android kamu ke setelan pabrik menggunakan firmwared atau os asli.

Apakah bisa mengatasi bootloop tanpa pc atau komputer? Jawabannya bisa saja, selama kamu masih bisa masuk recovery mode atau di Android kamu sudah ada CWM ataupun TWRP maka proses flashing atau update Android bisa dilakukan dengan mudah via menu Recovery menu tersebut tanpa harus menggunakan komputer atau PC. Namun pastikan bahwa firmware yang kamu pakai adalah stock rom atau firmware asli dari hp Android tersebut, hindari menggunakan custom rom yang belum teruji untuk mencegah terjadinya error yang lebih parah.

Leave a Reply