Langkah Mudah Berhenti Langganan iCloud Storage di iPhone

Dengan berlangganan iCloud storage tentu saja kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Bila tanpa berlangganan kita hanya mendapatkan 5GB, maka cukup dengan 15 ribu rupiah per bulan kamu bisa mendapatkan iCloud storage 10 kali lipat yakni 50 GB, cukup untuk menyimpan ribuan foto dalam kualitas HD.

Namun karena berbagai hal dan alasan, setelah sekian lama berlangganan iCloud storage akhirnya kamu memutuskan ingin stop atau berhenti. Alasannya cukup simple yakni kamu akan beralih dari iOS ke Android, sehingga tidak lagi membutuhkan iCloud storage.

Alasan lainnya bisa jadi karena kamu lebih memilih menyimpan data, dokumen dan foto di layanan cloud lain seperti dropbox atau Google Drive yang menawarkan harga lebih murah dibandingkan iCloud storage.

Untuk stop atau berhenti langganan iCloud storage tidaklah terlalu sulit, langkah pertama adalah masuk ke menu Pengaturan lalu di paling atas tap pada ID Apple, iCloud, iTunes dan App Store – iCloud.

stop langganan icloud storage

Langkah berikutnya untuk berhenti berlangganan iCloud storage adalah pilih Kelola Penyimpanan dan Ubah Penyimpanan.

berhenti langganan icloud storage

Di bagian paling ada opsi untuk downgrade atau pilih penurunan. Selanjutnya kamu bisa langsung melakukan downgrade yang secara otomatis akan berhenti dari berlangganan iCloud storage di iPhone, tap selesai untuk konfirmasi.

berhenti langganan iCloud di iPhone

Setelah selesai berhenti berlangganan iCloud storage di iPhone maka kini kamu hanya memilih jatah penyimpanan sebesar 5 GB di iCloud. Apabila saat masih berlangganan kamu sudah menyimpan foto atau dokumen lainnya sebesar 20 GB atau lebih, maka setelah berhenti langganan beberapa dokumen tidak akan lagi diunggah ke iCloud, sehingga kamu tidak lagi bisa mengaksesnya.

Sebelum berhenti langganan iCloud ada baiknya backup atau simpan terlebih dahulu data yang pernah disimpan di iCloud ke penyimpanan lokal seperti hardisk atau ke laptop. Bisa juga kamu memindahkannya ke penyimpanan online lainnya seperti Google Drive atau Dropbox.

Leave a Reply