Apakah iCloud Bisa Dipakai di 2 iPhone

Memiliki dua buah smartphone sudah menjadi sesuatu yang wajar dan lumrah, yang satu biasanya khusus digunakan untuk kepentingan yang lebih serius seperti komunikasi dengan rekan kerja, mengerjakan laporan kantor sampai kirim email dan berbagai aktivitas kantor lainnya, sedangkan yang lainnya dipakai untuk hal-hal biasa kayak bermain game, kirim sms dan WA ke teman dan kerabat sampai digunakan untuk sekedar menyimpaj foto hasil selfie.

Biasanya kita menggunakan dua buah smartphone yang berbeda bisa Android dengan hp biasa, iPhone dan Android. Namun tak jarang ada diantara kita yang justru menggunakan 2 buah smartphone yang hampir yakni iPhone type lama dan iPhone terbaru misal iPhone XS Max yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan menu yang tidak ada di type jadul. Tak ada masalah bila akhirnya kita memutuskan memakai 2 buah iPhone dimana masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

1 akun iCloud untuk 2 iPhone

Ketika menggunakan dua buah iPhone secara bersamaan yang menjadi pertanyaan adalah bisakah iCloud digunakan di 2 iPhone? Dengan alasan tidak memiliki waktu atau sekedar malas untuk membuat id iCloud lain. Jawaban sederhana saja yakni Bisa. Yups, kota bisa kok pakai satu iCloud di 2 buah iPhone yang kita gunakan. Nantinya data di kedua iPhone tersebut akan saling tersinkronisasi. Sebagai contoh, saat kita menulis sebuah catatan di iPhone terbaru dimana catatan tersebut tersinkronisasi ke akun iCloud, maka nanti secara otomatis apa yang kita tulis akan muncul juga di iPhone lama karena keduanya memakai satu akun iCloud.

Tak hanya itu, file yang berada di penyimpanan iCloud juga akan selalu tersinkronisasi, begitu juga hasil foto yang disimpan di iCloud, sampai data aplikasi dan game yang diberi izin akses ke iCloud akan selalu tersinkronisasi diantara kedua iPhone tersebut. Tentu hal ini sangat menguntungkan karena kita bisa dengan mudah membuka dan mengakses sebuah file lewat iPhone manapun, tanpa harus lalu melalui proses transfer manual menggunakan fitur AirDrop di iPhone.

Apabila di kedua iPhone tersebut kita memakai dua buah nomor handphone yang berbeda, apakah masih bisa mengaktifkan fitur iMessage untuk masing-masing nomor memakai satu akun iCloud? Jawabannya tentu saja bisa, kita bisa memasukan beberapa nomor hp yang berbeda di 1 akun iCloud agar nantinya kita bisa menerima pesan iMessage sesuai dengan nomor hp yang dipakai di masing-masing iPhone.

Sebenarnya kita juga bisa memakai iPhone tanpa akun iCloud, opsi ini sangat berguna apabila kamu tidak ingin memakai berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh Apple khusus untuk pengguna iPhone. Meski kita tidak mengaktifkan iCloud di iPhone tak usah khawatir karena kita tetap masih bisa mengunduh dan install berbagai macam aplikasi dan game di App Store memakai Apple ID. 

Alasan lain kenapa terkadang orang tidak mengaktifkan iCloud di iPhone adalah karena mereka takut jika suatu hari nanti iPhone terkunci iCloud saat dilakukan proses restore atau format ulang iPhone ke setelan pabrik. Biasanya masalah lock iCloud terjadi karena kita mengaktifkan fitur Find My iPhone dan kita lupa email atau kata sandi akun iCloud yang digunakan di iPhone tersebut saat akan melakukan proses aktivasi ulang setelah dilakukan proses restore iPhone.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest