Kontak SIM Tidak Terbaca di Whatsapp

Menyimpan kontak di SIM memberikan keuntungan tersendiri yakni kamu tidak akan kehilangan semua kontak meski harus sering ganti handphone. Saat harus menggunakan hp jadul, maka secara otomatis kontak yang ada di SIM bisa langsung terbaca dan kamu bisa terus berkomunikasi dengan rekan, kerabat maupun keluarga. Begitu juga, ketika harus mengganti ponsel ke hp Android yang lebih canggih, kamu masih tetap bisa mengakses seluruh kontak yang ada di SIM dengan mudah.

Kontak SIM Tidak Muncul di Android

Saat pertama kali mengganti hp jadul ke smartphone Android yang lebih bagus dan canggih, bisa saja kamu merasa heran kenapa kontak SIM tidak otomatis muncul di phonebook Android? Bila mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir bisa jadi karena pengaturan kontak yang ditampilkan adalah berasal dari akun Google ataupun daftar kontak lainnya.

Mengatasi masalah kontak SIM Card tidak muncul di Android sebenarnya cukup mudah, yakni masuk ke menu kontak atau phonebook di Android, lalu pilih menu opsi Kontak yang ditampilkan, kemudian pilih kartu SIM dimana kamu menyimpan kontak tersebut. Nanti secara otomatis, Android akan hanya menampilkan semua kontak yang ada di kartu sim tersebut.

mengatasi kontak sim tidak muncul di android

Memindahkan Kontak SIM Ke Android

Agar kinerja Android lebih maksimal dan mempercepat akses ke daftar kontak sebaiknya kamu pindahkan seluruh kontak yang ada di kartu SIM ke phonebook di Android, caranya di menu Opsi Kontak pilih Impor /Ekspor Kontak selanjutnya tap pada kartu SIM dimana kamu menyimpan kontak tersebut.

memindahkan kontak sim ke android

Dengan memindahkan semua kontak SIM ke daftar phonebook di Android, maka nantinya secara otomatis semua aplikasi yang membutuhkan akses ke kontak seperti WhatsApp, Line atau BBM bisa dengan mudah menggunakan daftar kontak.

Bila dikemudian hari muncul masalah kontak SIM Tidak Terbaca di WhatsApp, pastikan bahwa kamu sudah memilih opsi untuk menampilkan kontak SIM di phonebook Android seperti dijelaskan di langkah pertama tadi, atau bisa juga kamu pindahkan terlebih dahulu seluruh kontak di kartu SIM ke daftar kontak di Android.

Jangan lupa, jalankan aplikasi WhatsApp di menu pilih kontak entah itu saat akan memulai Chatting atau obrolan atau melakukan WhatsApp Call, pilih opsi Perbarui agar nantinya WhatsApp bisa membaca semua kontak yang ada di phonebook Android. Untuk lebih jelas kamu bisa simak kontak WhatsApp tidak muncul otomatis di Android agar lebih jelas dan tepat.

kontak sim tidak terbaca di whatsapp

Untuk kamu yang berencana untuk selalu menggunakan smartphone baik itu Android atau Apple iPhone, ada baiknya untuk Backup Kontak SIM ke Akun Google, agar nantinya kamu bisa dengan mudah dan cepat melakukan proses restore kontak dari satu smartphone ke ponsel pintar lainnya dengan hanya menggunakan akun Google yang sama dimana kamu menyimpan kontak tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest