Fungsi Safe Mode pada Android

Menggunakan smartphone Android terbaru dari sisi spesifikasi dan fitur mungkin lebih baik dibandingkan handphone jadul, namun bukan berarti bahwa tipe terbaru smartphone tersebut akan bebas dari berbagai masalah. Tak jarang, baru saja menggunakan hp teranyar selama satu minggu atau lebih, tiba-tiba saja sering restart sendiri, layar tidak responsif dan yang lebih parahnya setiap menjalankan aplikasi tertentu misal Instagram atau WhatsApp selalu keluar sendiri tanpa sebab, padahal ketika masih hp jadul jarang sekali kamu mengalami itu semua.

Android error secara tiba-tiba dan bahkan tanpa sebab memang bisa terjadi tidak hanya pada hp jadul namun juga ponsel terbaru dengan spesifikasi dan fitur high end. Berbagai macam masalah di Android bisa disebabkan oleh dua faktor utama yakni masalah hardware dan perangkat lunak. Untuk error ringan biasanya banyak disebabkan oleh perangkat lunak atau software yang bermasalah, meskipun untuk beberapa kasus, kerusakan hardware juga bisa jadi penyebab munculnya error tersebut.

Salah satu fitur di Android yang bisa diandalkan untuk mendeteksi penyebab error yang sering muncul adalah Safe Mode. Saat masuk ke mode aman di Android, itu artinya ponsel Android kamu hanya menjalankan aplikasi system saja yang merupakan default bawaan Android. Semua aplikasi dan game yang pernah di install akan hilang selama safe mode Android berjalan. Jangan khawatir, saat kamu keluar dari mode aman, maka game dan aplikasi akan ada lagi tanpa perlu proses install ulang.

Untuk kamu yang masih penasaran apa sebenarnya fungsi safe mode Android, perlu diingat bahwa fungsi utamanya adalah agar kita bisa mendeteksi dan mengetahui apa penyebab error atau masalah yang sering terjadi pada hp Android akhir-akhir ini. Sebagai contoh, ketika hp Android sering restart sendiri tanpa sebab secara terus menerus atau baterai Android cepat habis padahal kamu tidak menjalankan aplikasi dan game, maka dengan masuk ke safe kita bisa mencari tahu apa penyebab error tersebut.

Pertama, untuk masuk ke Mode Aman caranya cukup mudah yakni tekan tombol power sampai muncul pilihan untuk restart (nyalakan ulang) dan turn off (matikan perangkat). Tekan dan tahan beberapa detik pada pilihan Nyalakan Ulang sampai muncul opsi untuk masuk ke Safe Mode seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Apa Fungsi Safe Mode pada Android

Setelah berada di Safe Mode, otomatis semua game dan aplikasi dari pihak ketiga akan hilang yang tersisa hanyalah menu dan aplikasi default bawaan Android. Mulai dari sini kamu bisa mendeteksi apakah penyebab Android sering restart dan baterai cepat habis. Apabila setelah berada di safe mode, ternyata hp Android kamu bisa berjalan dengan lancar tanpa mengalami restart dan juga baterai awet tidak cepat habis maka sudah bisa dipastikan bahwa penyebab semua masalah selama ini adalah karena disebabkan oleh aplikasi dan game yang pernah kamu install.

Akan tetapi, apabila setelah masuk ke mode aman, hp Android kamu tetap saja baterainya cepat habis dan juga selalu restart sendiri, bisa jadi karena hardware yang bermasalah, karena baterai yang ngedrop, eMMC yang mulai mengalami kerusakan atau bagian hardware lainnya. Bila kamu belum terbiasa memperbaiki kerusakan hardware ponsel Android sebaiknya bawa ke servis center terdekat.

Lalu bagaimana untuk keluar dari Safe Mode Android? Setelah kamu selesai melakukan diagnosa penyebab error di Android, tak usah khawatir untuk keluar dari safe mode cukup restart atau nyalakan ulang ponsel Android kamu. Nantinya, Android akan otomatis masuk ke mode normal dan semua aplikasi dan game akan kembali seperti sedia kalanya. Kamu bisa langsung hapus atau uninstall aplikasi yang menjadi penyebab Android sering restart sendiri dan baterai cepat habis.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest