Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke PC atau Laptop

Saking asiknya selfie pake iPhone 6 Plus sampai tak terasa memori di iPhone sampai mau habis, apalagi dengan koleksi video yang kualitasnya HD yang berukuran besar-besar, memori 64GB di iPhone engga cukup deh untuk mengoleksi semua video dan foto selfie tersebut. Agar selfie tetap berjalan terus, terpaksa deh harus memindahkan sebagian foto selfie dari iPhone ke laptop. Jadi, bagaimana dong cara memindahkan foto dari iPhone ke PC atau Laptop?

Baca juga : Cara Memindahkan Foto dari Laptop/PC ke iPhone

Untuk memindahkan foto atau video dari iPhone ke Laptop sangatlah mudah sekali, semudah memindahkan lagu dari laptop ke iPhone, yang pertama tentu saja kita harus menginstall dulu iTunes di PC kita. Kenapa harus ada iTunes? Karena kalau tanpa iTunes, maka iPhone tidak terdeteksi di Laptop, alhasil kita jadi susah deh memindahkan koleksi fotonya.

Sambungkan iPhone 6 Plus kamu ke Laptop lalu tunggu beberapa saat sampai laptop mendeteksi iPhone kamu, setelah itu masuk ke My Computer, dan jreeng, iPhone kamu akan muncul di My Computer dalam bentuk Portable Device (misal drive F atau drive lainnya), tinggal buka portable device tersebut seperti kamu membuka flashdisk.

Cara Memindahkan foto dari iPhone ke Laptop

Dan tinggal pilih deh foto-foto yang ingin kamu pindahkan dari iPhone ke laptop, mudah bukan? Semua foto dan video yang ada di Camera Roll iPhone bisa kamu pindahkan semuanya ke Laptop. Sangat mudah bukan?

94 comments

  1. pas coba pake kabel(sampe 2kabel) gabisa duaduanya, gak masuk ke my computernya, tapi pas nyoba pake hp adek bisa, ini gmn ya kak?

    1. @Mine :: kemungkinan adalah masalah dengan iPhonenya. Coba masuk ke menu Pengaturan – Umum – Atur Ulang kemudian kembalikan semua pengaturan di iPhone ke default dengan memilih Atur Ulang Pengaturan. Jangan khawatir data di iPhone termasuk foto tidak akan hilang, karena cuma pengaturannya aja yang di defaultkan.

      1. masuk ke my computer kalau ndak muncul dia akan muncul di barisan download my documen pictures video dll ..atau tunggu sebentar nanti dia akan keluar notif.

  2. Buat atas ane coba pasang ulang deh, ane sih yg pertama pasang gabisa kedeteksi komputer tp kedeteksi itunes.
    Pas coba yg copot lalu colok untuk kedua kalinya, langsung kedeteksi komputer dan itunes.

    Sebelumny pastikan dulu kalo kabelnya original ya, biasanya kalo beli di garansi distributor aksesorisnya ngga original semua. Makanya harga lebih murah 🙂

    1. @iPhone :: yups, setuju sama agan yang satu ini, selalu gunakan kabel original Apple agar proses sinkronisasi bisa berjalan lancar.

    2. saya coba. dan bisa. tapi besok nya dicoba gabisa. di itunes muncul tp di komputer enggak. itu kenapa ya? udh berkali-kai dicopot pasang tetap gak kedetect

    1. @Albert :: untuk memindahkan foto dari Kamera Roll iPhone caranya seperti diatas. Pastikan iTunes sudah terinstall di komputer agan agar nantinya iPhone bisa ke detect oleh komputer.

  3. pas udah disambungin ke pc , ada iphone devicenya tapi pas dibuka kan ada dcimnya eh pas dibuka lagi 0 items ga ada 🙁 , padahal memorinya udah penuh banget perlu dipindahin, mohon saran min

    1. @Syel :: apakah agan sudah menginstall dulu iTunes di laptopnya? pastikan bahwa agan sudah memilih “trust this computer” yang muncul di iPhone ketika pertama kali menyambungkan iPhone ke laptop.

  4. kalau cara delete foto di iphone yg udah dipindahin dari laptop gimana ya? jadinya ada folder sendiri ‘from my computer’ dan gabisa dihapus:(

    1. @Bella :: Sis bila lakukan sinkronisasi lagi antara komputer dan iPhone via iTunes, pastikan sis sudah menghapus foto yang tidak diinginkan di galery foto iTunes di laptop, setelah itu baru lakukan proses sinkronisasi.

  5. mo tanya , kapan hari saya mindahin foto ke komputer tr4us tbtb pas saya sdh lepas kabel trus ada foto bru dr komputer yang malah kemasukan di hp saya dan anehnya malah ngga bisa di remove \/delete kira kira kenapa ya dn gmn cara ngatasiinya soalnya bikin memory full bgtt

    1. @Reth :: untuk menghapus foto hasil sinkronisasi iTunes, sis harus menggunakan iTunes kembali lakukan proses sinkronisasi ulang, pastikan sis memilih folder foto yang berbeda di komputer untuk di sinkronisasi ke iPhone.

  6. Sebelumnya saya pakai iphone 4s, saat ini pakai iphone 5s, data dibackup sama pemilik counter. Tp pada saat saya pindahkan data dari 5s ke laptop, yg terbaca hanya data yg baru saja, untuk data yg telah dipindahkan dari 4s ke 5s ga muncul.
    Dan di 5s, data yg telah dibackup tdk bisa dihapus.
    Mohon solusinya, karna memory hp terbatas.

    1. @Tiwi :: untuk menghapus data hasil backup dari 4S yang ada di 5S sis harus melakukan proses sinkronisasi ulang, sehingga nantinya otomatis data lama yang ada di 5S akan terhapus. Pada saat melakukan sinkronisasi di komputer baru, pastikan sis juga melakukan proses backup, sehingga nantinya data di iPhone 5S akan tetap ada, baik data lama ataupun baru.

    1. @Rifal :: windows 10 bisa kok yang terpenting di laptop agan sudah di install iTunes

      1. Di windows 10 tidak ada muncul notifikasi iphone di laptopnya pada saat di koneksi kan , iphone hanya langsung terbaca di itunes saja , cara memunculkan device iphone kita di laptopnya gmn ya?

        1. @Athayarafi :: Reinstall aja dulu gan iTunesnya menggunakan versi terbaru. Apabila tetap error, agan bisa coba buat user baru di windowsnya.

  7. Ka itu di cut / copy?? Tdi aku udh cut cma nih di iphone masih ada di PC juga ada??? Gmn dong?? ?

  8. sis cara sinkronisasi ke itunes untuk menghapus foto di library iphone bgmana
    dari atas sampai bawah sis hanya mengatakan “lakukan sinkronisasi via itunes”namun belum dijelaskan caranya

    trima kasih

      1. Dowload itunes itu labtopnya ga mesti merk dr produk apple kan??bisa ga merk labtop kya acer,toshiba dowload aplikasi itunes??bls
        Thx

    1. @Nella :: Sis bisa menggunakan iTunes namun sebelumnya pastikan di iPhone sudah terinstall aplikasi untuk membaca file ppt atau word tersebut semisal aplikasi Microsoft Word/ Powerpoint untuk iOS yang bisa di sis dapatkan di App Store.

  9. sis, mau tanya kalo misalnya kan saya sambungin iphone saya ke laptop yaa terus udah muncul tuh ya yg kayak iphone kita di laptopan dengan sendirinya. terus tapikok pas saya mau pindahin semua foto yang di iphone buat ke laptop banyak kayak foto yang engga ke detect gt ya sis? gimana caranya ya sis kalo begitu? apa harus saya sign in via itunes dl atau gimana kah? terus sama mau nitip tanya satu lagi.
    jadi akun line saya ke hapus dari ipad sama adek, nah tiba tiba di iphone saya keapus juga otomatis langung ke sign out gt, terus gabisa log in lagi saya meskipun dengan another akun gt. terus saya uninstall deh aplikasi line nya, eh sekarang malah saya udah dua harian gabisa download ulang line nya malahan semua aplikasi gabisa saya download dan perbarui. itu gimana juga ya sis?
    saran ya sis please bantuannya saya hopeless banget dua hari sama iphone saya:( thankyouu sis sebelumnya maaf merepotkan:(

    1. @Ana :: Engga kedetek bagaimana? seharusnya apabila cuma foto ketika dilakukan sinkronisasi antara komputer dan iPhone, maka secara otomatis akan terbaca oleh iPhone. Apabila tidak terbaca, ada kemungkinan ektensinya file-nya yang salah. terus mengenai Line, apabila sis tidak bisa download coba rubah terlebih dahulu pengaturan APN di iPhone-nya, semisal bila sis pakai Indosat pastikan APN yang dipakai adalah indosatgprs.

      1. sis, nah iya iphone saya waktu di my computer itu banyak foto yg nggak ada di DCIM nya. jadi mau mindah juga bingung fotonya kok nggak ada pada kemana. kira2 itu kenapa yah? makasih

        1. @Nid :: reinstall iTunes di komputernya dengan versi paling baru, setelah itu pastikan bahwa memberikan izin agar komputer sis bisa mengakses semua data di iPhone.

  10. Sis aku mau nnya aku udah sinkronin iphone ke laptop tapi pas di buka file yg di my computer itu kok kosong ya itu gmn sis?

    1. @Vina :: untuk memindahkan foto dari iPhone ke laptop sebenarnya tanpa harus di sinkronisasi lewat iTunes, tapi cukup lewat My computer saja.

    1. @Tresna :: Benar sekali, silahkan agan download dan install terlebih dahulu iTunes di komputer/pc

  11. udah di atur ulang iphone nya tetep aja gabisa muncul portable device “iphone”nya dan udah pake kabel ori iphone juga tetep gabisa huft-_- dan di trust computer juga udah -_- apa ya kira kira masalah nya?

    1. @Septa :: Coba buat user baru di Windowsnya, sehingga nantinya dengan menggunakan user baru akan lebih fresh.

  12. Hallo.. Saya mau tanya nih.. Bagaimana menghapus foto yang tersync di Mac, tapi setiap mau apply pasti iTunes ngehang, dan ga pernah bisa akhirnya. Lalu kalau pakai iTunes di PC (laptop biasa bersistem windows 8), bagian buat Photos-nya ga ada. Mohon pencerahannya kak. Trutama buat yang di Pc saja.

    1. @Silva :: dengan melakukan sinkronisasi ulang di komputer baru dan sis melakukan authorize this computer maka nanti secara otomatis kok foto yang ada di iPhone akan terhapus diganti dengan foto hasil sinkronisasi baru tersebut.

  13. sis,aku udh coba kan .. tapi bbrp foto tidak bisa di buka pas di pc nya , itu gimana ya? yerus ada satu video durasinya 30 menit gitu .. ga ke baca juga di pc nya

    1. @Misna :: Coba di copy ulang fotonya ke komputer, biasanya apabila tidak terbaca karena proses transfernya tidak sempurna atau terjadi error.

  14. Sis mau nanya, mau coba pindahin ft ke laptop kondisi iphone harus unlock ya.
    Kmrn pake password tp lupa passwordnya sis, pnya solusinya nggak

    1. @Nita :: apabila cuma lupa passcode, agan bisa coba untuk lakukan restore terlebih dahulu via iTunes di laptop.

  15. gan , cara menghapus album yang ada tulisannya ‘from my computer’ gimana ya? aku buka lewat pc juga gak nemu album nya dan fotonya gak masuk ke kamera roll. trims

    1. @Fauzi :: Silahkan agan lakukan sinkronisasi ulang foto antara iTunes dan iPhone agan. Caranya seperti diatas, pastikan agan memilih folder baru saat akan melakukan sinkronisasi ulang, sehingga nantinya foto di iPhone agan akan diganti dengan foto dari folder baru tersebut.

  16. Ka mau tanya kan waktu ganti iphone fotonya dia masukin dr komputer ke hp nah abis itu di hp gabisa di hapus gmn ya ka caranya?

  17. Ka mau nanya jga, klo cara ngirim video/fto dari pc ke iph caranya jga sama ya ka? Atau beda? Trus gmna cara nyelaraskan iph kita di itunes pc? Trus klo mau dwnload ios yg trbaru, data di iph ke hps ga ka?

    1. @Zaza :: Ya caranya hampir sama. Apabila melakukan pembaruan iOS langsung dari iPhone secara ota biasanya tidak akan menghapus data di iPhone kok.

  18. min kalo itunes nya sudah terbaru dan kabel yg di pakai sudah ori tapi di my computer tidak terbaca juga iphone nya itu gimana ya solusi nya? mohon info min. makasih.

  19. 1. Min tanya dong, saya kebingungan sekali nih, soalnya iphone saya kan 128 GB, nah jadi saya itu pindah2 in foto nya kira2 kl udah 30 GB gitu. Tp krn foto nya terlalu byk, jadinya pas kita buka folder iphone nya, si foto itu jadi kebagi2 ke dalam bbrp folder (seperti : 100APPLE, 101APPLE, dst, kl saya smp 104APPLE). Nah setau saya kl folder 100APPLE itu isinya foto dan video yg namanya dr 1-1000, selanjutnya 101APPLE itu isinya foto dan video yg namanya dr 1001-2000, dst. Nah setelah semua foto dan video itu saya pindah ke komputer (saya pindah kelima folder td, jd dr folder 100APPLE – 104APPLE, brarti ada 5000 foto dan video tuh kurang lebih), bsk2 nya saya hapus bbrp foto yg ada di hp saya, contoh 3 foto yg saya hapus yaitu misalkan foto 1001, 1002, dan 1003. Kemudian krn saya penasaran, saya coba memfoto 3 foto baru, dan saya ingin tahu nama foto nya akan jadi 5001, 5001, 5003 atau malah mengisi slot yg kosong krn foto nya telah saya hapus yaitu nama fotonya menjadi 1001, 1002, 1003. Nah setelah saya coba, ternyata benar bahwa 3 foto terbaru memiliki nama 1001, 1002, 1003. Oke…. jadi permasalahan saya mulai dari sini nih… Karena ke 3 foto baru tsb mempunyai nama yg sama seperti foto yg telah saya hapus di hp (tp tidak saya hapus di laptop), maka apabila saya pindah foto tsb ke laptop, maka akan kluar tulisan replace foto, jadi gmn ya min? Kl misal saya apus seribu foto di hp saya, trus saya foto2 lagi smp 1000 foto, dan kemudian saya masukan ke dalam komputer, masa 1000 foto saya yg lama akan di replace dgn seribu foto saya yg baru?? 🙁 hilang semua dong kenangan saya wkwkwkwk Tolong dijawab ya min, saya sudah cari2 berbulan2 di inet dan youtube tp tidak nemu solusi nya.

    2. Dan ada sedikit lg pertanyaan tbh an min, spt yg saya td bilang folder2 spt 100APPLE, dst kok begitu saya colok si iphone buat liat foto yg ke brp kali gitu, isi dr folder nya kok acak2 an ya, kan harusnya folder 100APPLE isinya foto yg namanya dr 1-1000, 101APPLE isinya foto yg namanya dr 1001-2000, dst. Tp pas saya buka yg keberapa kali gitu, si folder 101APPLE itu isi nya malah foto 4001-5000, dan yg laen2 jg ngacak min. Itu gmn ya min? Kok iphone ribet bgt, jd menyesal beli nya 🙁

    Mohon dijawab ya min… saya sudah kebingungan setengah mati… plisss ya :))

    1. @Indra :: Jangan bingung gan, pindahkan aja foto baru yang dari iPhone ke folder lain sehingga koleksi foto lama tidak akan di replace. Atau apabila tetap ingin di satu folder, nanti juga akan ada pilihan saat proses memindahkannya yaitu replace atau copy but keep both file sehingga nantinya foto baru agan akan otomatis diberi nama baru oleh windows.

      1. Oke sebelumnya terima kasih jwbn nya yaa… Tp kejadian sbnr nya di hp saya yaitu, foto yg ada di hp, yg sudah saya hapus jmlh nya ribuan, maka dapat dipastikan foto yg baru yg memiliki nama sama dgn foto yg saya hapus pun jmlh nya jg ribuan. Oleh karena itu setiap saya ingin pindahkan foto ke laptop, saya lngsng select all, krn tidak mungkin saya cari satu per satu mana saja foto yg baru. Dan apabila saya lngsng copy but keep both file, maka memang benar bbrp foto yg baru akan masuk ke folder itu, namun foto lama saya yg blm saya hapus di hp pun nantinya akan jd double2 dong di laptop. Dan apabila saya memisahkan folder, hal ini akan sangat sia2, krn kemungkinan besar akan terdapat byk foto yg sama di bbrp folder yg berbeda, sehingga akan membuat hardisk saya cepat penuh. Oleh karena itu, saya jg masih bingung bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah ini. Apakah agan masih ada ide untuk masalah ini?

        Terima kasih sudah mau menanggapi pertanyaan saya yg cukup panjang 🙂

        1. @Indra :: jangan khawatir apabila di komputer agan nantinya ada banyak foto yang double atau sama, agan bisa menggunakan program seperti duplicate file finder untuk windows yang nantinya akan secara otomatis mencari file yang sama dan agan bisa menghapus foto yang sama tersebut dengan aman sehingga nantinya tidak akan ada file foto yang double lagi.

          1. Owh oke deh kalo begitu… thanks banget ya gan, salam sukses selalu ????????

  20. saya sudah coba tapi gakbisa pas mau pindahin ke laptop. udah ada itunes, icloud di laptop saya. itu kenapa ya kira kira?

    1. @Athianida :: untuk memindahkan foto dari iPhone ke laptop cukup akses My Computer pilih iPhone sis lalu silahkan lakukan copy paste seperti halnya memindahkan file biasa. Apabila iPhone tidak ke detect oleh komputer, pastikan sudah menggunakan iTunes terbaru dan coba gunakan kabel data dan port usb lain di komputernya.

  21. Mau nanya dong kalo foto dari iphone mau dipindahkan ke pc itu foto2nya tetep dipc tsb apa di folder itunes kita ya

    1. @Meddy :: foto iPhone yang sudah disimpan di komputer akan tetap ada di folder dimana sis menyimpan foto tersebut.

  22. siang sis,, mau tanya,jadi sy dah buka my computer n copy semua folder foto. kalo misalkan folder foto yg sdh dicopy tadi, sy hapus apakah bisa langsung kehapus foldernya? n hilang dr iphone? n iphoneku bisa btambah lagi memorinya kan?? thanks jawabannya

    1. @Tentri :: BIla folder foto di hapus di komputer, lalu sis melakukan sinkronisasi ulang dengan folder yang kosong, maka tentu saja memori iPhone akan kembali bertambah karena foto yang lama akan terhapus.

  23. Hi mau nanya, seminggu lalu iphone ane memory ada 1.8GB tiba2 ada tulisan storage apa gitu saya lupa trs saya pencet trust ok2 aja deh, nah naik memory jd 3.4GB. Nah bingung ane pas buka dari laptop device foto ada 2rban, di laptop malah ada 1 foto yg ada. Foto yg ada malah foto kmrn, foto pas memory naik jd 3.4gb ga ada. Itu kenapa ya?? Jd saya gabisa pindahin foto atau video dari cara diatas, padahal sebelumnya saya sering pindahin normal aja

      1. Tersimpan di iCloud itu dari hp bisa diliat dari itunes laptop? Dgn cara liat dr foto di itunes? Apa krn blm install versi baru itunes ngaruh ya? Saya baru liat kmrn pas mau pindahin foto ke laptop malah ada foto kmrn, sebelum2nya yg barengan memory naik malah ga ada.

        1. @Eza :: yups, agan juga bisa lihat koleksi foto di iCloud dengan login ke iCloud.com di komputer.

  24. Harus install dulu dari pc ya? Tapi nanti semua foto yg dari cara di atas my iphone ga ada, kalo udah install icloud nanti ada?

  25. Kak aku kan nyalin foto dari pc ke iphone, jadi pas udah kesalin, fotonya itu ga bisa dihapus dari iphone, gimana cara buat ngapusnya?

  26. maaf kak. saya mau nanya. kalo misalnya iphone nya sudah ke detect. pas di pc juga dah muncul. tapi kenapa yang muncul cuman dikit ya. ada banyak folder tapi masing masing folder isinya cuman 1 foto. itu kenapa ya? tolong dijawab ya. terimakasih.

    1. @Arneta :: Bisa jadi sis menyimpan foto tersebut di icloud. Coba cek di pengaturan iCloud, apakah penyimpanan foto iCloud-nya aktif atau tidak?

  27. Kok iphone sy gabisa konek ke itunes ya? Bacaan bcase invalid respose was recevief from device, jd itu gmna? Sedih

    1. maksud saya bukan dari pc ke iPhone mba, tapi dari perpustakaan itunes ke pc.
      dulu saya udah mindahin foto dari pc ke iphone menggunakan itunes, nah sekarang saya mau pindahin lagi yg dari itunes ke pc, bagaimana caranya nya mba?

      1. @Ariez :: untuk melihat file yang disimpan di iTunes agan bisa cek folder iTunes di drive C:\Users\username-Agan\My Music\iTunes\ nanti agan bisa copy semua file yang ada disana ke folder yang agan inginkan.

  28. kak jadi gini, kasus saya sama kayak yang sudah2 (yang ada comment diatas2), nah jadi saya connect iphone saya ke laptop, pas buka “this computer” terdetect iphone saya, dan itu full kak spacenya warna merah, nah pas saya buka dan ada folder DCIM tapi foto yang tampil hanya sebagian, bahkan paling banyak 30an padahal di Photo ada 800an kak. Nah saya udah coba uninstall dan reinstall itunes terbaru di Pc tapi tetap saja kak, sudah cuma sinkron pun tetap saja, sudah reset ulang pengaturan pun tetap saja begitu. kira2 bagaimana ya kak?

    1. @Nanda :: Coba di copy saja seluruh foto yang ada di folder DCIM iPhone seperti diatas. Kemudian untuk foto yang lain, silahkan cek apakah sis mengaktifkan fitur penyimpanan iCloud? Kalau iya, bisa saja foto tersebut tersimpan di iCloud.

  29. Halo mon mau tanya kalau misalnya nggak semua foto yang ada di iphone terbaca di pc itu kenapa ya? Jadi saya nggak bisa mindahin yang saya mau. Mohon infony

    1. @Laras :: bisa jadi ada masalah dengan foto tersebut, atau sis bisa coba untuk gunakan PC lain terlebih dahulu yang sudah terinstall iTunes, apakah nanti bisa normal terbaca atau tetap error.

  30. Kak kalo foto sudah di hapus kan masuk di folder baru dihapus apakah pada hp mati masanya harinya foto itu tetap berjalan kak?

    1. @Fenniraa :: yups, tetap berjalan kok jadi kalau sis baru menyalakan kembali iPhone tersebut setelah 30 hari lebih, maka otomatis fotonya sudah terhapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.