Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Cara Memindahkan Foto dari Laptop ke iPhone

Bahagia juga akhirnya bisa berganti handphone dari Android ke iPhone 6 Plus, semua koleksi foto dari Android sudah dipindahkan ke Laptop selanjutnya akan dicopy ke iPhone. Namun setelah beberapa saat mencoba, kok susah juga ya memindahkan foto dari pc ke iPhone? Bagaimana dong cara memindahkan foto dari laptop ke iPhone? Apakah harus pakai software khusus atau bagaimana?

Yups,  benar sekali! Kalau kamu ingin copy foto dari Laptop ke iPhone cara termudah adalah harus menggunakan iTunes, jadi sebaiknya install dulu iTunes di Laptop. Setelah itunes terinstall di PC kamu selanjutnya jalankan iTunes dan sambungkan iPhone ke Laptop. Sebelum melakukan proses Sync, kamu harus Copy Foto dari iPhone ke Laptop terlebih dahulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Klik pada iPhone kamu, kemudian pilih Photos. Pada bagian Copy Photos From pilih folder dimana kamu menyimpan koleksi foto kamu yang ingin dipindahkan dari Laptop ke iPhone.

Memindahkan foto dari Laptop ke iPhone

Setelah memilih folder koleksi foto kamu di Laptop, selanjutnya klik Apply.

Cara Copy Foto dari PC ke iPhone

Akan muncul peringatan Erase and Sync, pilih opsi ini dengan resiko seluruh foto yang ada di iPhone kamu akan terhapus dan akan digantikan dengan foto dari dari laptop kamu.

Memindahkan foto dari komputer ke iPhone

Lho kok terhapus? Lalu bagaimana dong koleksi foto yang ada di iPhone? Maka dari itu SEBELUM melakukan Erase and Sync, sebaiknya Copy Photo dari iPhone ke Laptop terlebih dahulu. Masih bingung? Lihat bagan berikut ini.

Cara memindahkan foto di laptop ke iPhone

Dari bagan diatas, kita copy dulu seluruh foto dan video dari iPhone ke Laptop, kemudian foto dan video dari iPhone tersebut kita gabung dengan koleksi foto yang ada di laptop. Setelah koleksi kita berada dalam satu folder, baru kita lakukan Sync iPhone via iTunes.

119 comments

  1. pada saat klik menu photos tidak ada tulisan “sync photo” itu bagaimana mba?

    1. @Bunga :: Seharusnya ada pilihan Sync Photos seperti pada gambar diatas, apabila tidak ada pilihan tersebut coba reinstall terlebih dahulu iTunes atau update iTunesnya ke versi terbaru.

        1. @Rara :: lakukan sinkronisasi ulang antara iPhone dan iTunes, pilih folder lain untuk di sinkronisasikan.

      1. Kasus sma dengan diatas mbak itunes saya jg gt uda saya reinstall tapi ttp ga ada menu sync photo lalu bagaimana?? Posisi iphone 5s perpustakaan icloud on

  2. Mbak saya uda instal itunea terbaru,cuma pada saat klik menu photo tidak ada tulisan ” sync photo” itu gimana yah mbak mohon bantuannya

    1. @Daniel :: Pastikan iPhonenya sudah ke detect oleh iTunes. Lalu pilih iPhone agan, setelah itu masuk ke menu foto, nanti seharusnya ada pilihan untuk pilih sync photo

      1. Sudah mbak iphonenya uda ke detect sama itunes tapi tetap gak bisa “sync photo” di menu photonya

        1. @Daniel :: Coba iTunes windowsnya di maximize (full screen) kali aja menu Sync Photo tersembunyi, karena seharusnya menu Sync Photo ada di iTunes seperti gambar ini. sync photo itunes

  3. Aku tau kenapa ga bisa. Soalnya icloud utk foto di hp nyala, cb matiin nnti ada tulisan sync fotonya. Sekedar info…

      1. @Solia :: untuk mematikan icloud di iPhone caranya masuk ke menu Pengaturan – iCloud lalu sentuh pada Hapus Akun di bagian bawah.

          1. @Rudini :: foto tidak akan hilang apabila agan hanya melakukan proses reset kata sandi iCloud.

    1. saat icould dinyalakan kembali kenapa foto yang sudah dipindah mengunakan itunes hilang?

      1. @Angga :: Yups benar sekali, saat mengaktifkan perpustakaan foto iCloud maka otomatis foto hasil sinkronisasi dari iTunes akan dihapus.

    2. Apa iya stelah perpustakaan icloud di matikan langsung ada menu sync photo kak?? Soalnya takut poto di iphone ilang smua????

      1. @Deby :: Apabila takut koleksi foto di iPhone hilang sebelum melakukan sync sebaiknya backup dulu seluruh fotonya ke komputer.

    1. @Christ :: seharusnya ada. Coba reinstall dulu iTunes di komputer menggunakan versi terbaru, juga pastikan iPhonenya tidak dalam keadaan terkunci atau non aktifkan dulu passcode iTunesnya.

    1. @Astuti :: silahkan download iTunes terbaru dari website resmi apple, setelah berhasil di download nanti bisa langsung di install di laptop/pc

  4. sudah pakai itunes terbaru dan ios 9.1 tapi kok susah banget yah….? coba deh….

    1. @Masahat :: susah bagaimana? saat melakukan proses sinkronisasi pastikan agan/sis cuma menjalankan iTunes saja di laptopnya, biar tidak terlalu berat kinerja laptopnya.

    1. @Nopan :: yups, foto hasil sinkronisasi dari iTunes Laptop/PC tidak akan bisa dihapus di hapus. Untuk menghapus foto tersebut, agan harus menggunakan iTunes kembali, jadi tidak bisa hapus lewat iPhone.

  5. gampang sekali, thanks infonya sngt bermanfaat bagi saya yg baru pertama pake ipin, hehe

    1. @Dewi :: Foto iPhone yang berasal dari Laptop memang tidak akan bisa dihapus langsung dari iPhonenya, tapi harus dihapus lewat iTunes lagi.

  6. Maksih banget mba syarah soalnya ane user baru ios jadi masih belajar
    thanks banget sharenya penjelasanya detail mantap

  7. Cara Mengahpusnya gmna kak yg dr loptop? Ambil itunes lagi trs gmna lg caranya?? Mohon di bantu..

    1. @Kayla :: sambungkan lagi ke laptop, lalu cari folder sinkronisasi photo di laptop/macbook, selanjutnya sis bisa hapus foto yang tidak diinginkan tersebut. Setelah itu baru lakukan proses sinkronisasi ulang.

    1. @Cut :: engga masuk bagaimana? pastikan fotonya udah disimpan di folder yang disinkronisasikan di iTunes.

    1. @Taufik :: Coba nonaktifkan dulu passcode di iPhone-nya selain itu masuk ke menu Store lalu pilih Authorize This Computer.

      1. @Asad :: pastikan iTunesnya sudah menggunakan versi terbaru, juga folder yang akan disinkronisasikannya sudah ada fotonya.

    1. @Rio :: agan bisa pakai iTunes di komputer untuk menghapus foto atau folder hasil sinkronisasi iTunes

    1. @Usman :: untuk melihat foto yang sudah di sync di iPad, agan bisa masuk ke menu Foto di iPad-nya.

    1. @Kesil :: tidak perlu, cukup masukan foto yang akan di copy ke folder sinkronisasi di Laptop, setelah itu sambungkan iPhone lalu lakukan proses sync

  8. kalo kita sudah masukin foto dari pc ke iphone, knpa kok nggak bisa dihapus lewat hpnya, caranya bagaimana

    1. @Ifan :: Yups benar, foto yang di copy dari laptop tidak akan bisa dihapus di iPhone secara langsung. Untuk menghapusnya, agan harus pakai laptop kembali.

  9. cara copy foto dr iphone ke leptop gmn ya? soalnya ilang beneran foto2 yg blm ke copy 🙁

    1. @Kisand :: agan bisa coba cara diatas terlebih dahulu, pastikan sebelum melakukan proses sinkronisasi agan telah menyimpan terlebih foto dari iPhone ke laptop.

  10. mba bisa kasih tau langkah-langkahnya buat menghapus kembali foto yang udah dimasukan ke iphone dri pc?
    makasih

    1. @Tya:: cara sama persis seperti diatas, namun kali ini sis tinggal menghapus aja foto yang folder yang akan di sinkronisasikan ke iPhone.

  11. Permisi mba, kalo konek itunes sama iphone kondisi laptop harus konek interne gk. Trs kalo hapus poto lewat laptop bisa dipilih satu” atau semua foto kehapus. Trims

    1. @Ganjar :: Tidak perlu terkoneksi internet, kecuali apabila agan ingin melakukan update/restore iPhone baru harus connect ke internet iTunesnya.

  12. mba saya udah berhasil, terus saya mau hapos foto yg sebagian di handphone saya kok gak bisa ya

    1. @Doni :: untuk hapus foto hasil sinkronisasi dari iTunes, cara hapusnya harus menggunakan iTunes juga, tidak bisa langsung dari iPhonenya.

    1. @Fathur :: yang di sinkronisasi cukup foto saja, untuk aplikasi jangan di sinkronisasi agar tidak hilang.

    1. @Paul :: lakukan sinkronisasi kembali seperti cara diatas, namun pastikan bahwa agan sudah menghapus foto yang tidak diinginkan dari folder sinkronisasi di laptop.

    1. @Nia :: langkahnya hampir sama seperti diatas, Pertama backup dulu semua foto dari rol kamera iPhone, setelah itu baru lakukan sinkronisasi ke folder baru di Laptop, sehingga nantinya semua foto di iPhone akan terhapus.

  13. Mbak kalau hanya HP iPhone saja download iTunes apakah mau? Di kare akan laptop hanya untuk kasir saja.terimakasih

    1. @Tata :: iTunes hanya bisa dijalankan di komputer atau laptop, tapi untuk download iTunes saja, sis bisa langsung di hp

  14. mba saya mau tanya, saya sudah berhasil masukan poto pilahn saya ke iphone. sdh berhasil folder nya juga sudah benar sesuai keinginan saya. tapi foto2 yg di roll kamera kok tidak otomatis terhapus ya ?

    1. @Dinda :: Seharusnya foto yang ada di roll kamera terhapus secara otomatis ketika sis melakukan proses sinkronisasi via iTunes.Kemungkinan ada langkah yang terlupakan oleh sis ketika melakukan proses sinkronisasi.

        1. @Cece :: Pastikan folder dimana agan menyimpan foto tersebut, sudah di sinkronisasi ke iTunes.

  15. Mbak saya udh berhasil mindahinnya.. Kok fotonya ga berada di camera roll ya? Malah di folder terpisah. Itu emang begitu apa bisa dipindahin ke camera roll?

    1. @Rizwan :: yups, benar foto hasil sinkronisasi iTunes akan terpisah dari Kamera roll

  16. Mbak mau nanya nih maaf ya keluar dari topik iphone saya kan pernah kemasukan air nah itu setelah hidup kenapa layar kadang gak respond ya

    1. @Davinci :: Ada kemungkinan layar sentuhnya sudah bermasalah atau error, besar kemungkinan harus diganti layarnya.

    1. @Doni :: Kalau foto di iPhone terlanjur terhapus coba lihat di folder (album) Baru di Hapus di galeri foto iPhone agan, apabila masih ada disana agan bisa pulihkan foto tersebut, kecuali jika tidak ada di album baru dihapus, maka foto tersebut tidak akana bisa dikembalikan.

    1. @Ratu :: Masa engga bisa pilih folder? Coba update versi iTunes yang dipakai di komputernya, atau bisa coba juga mbak coba untuk membuat akun baru terlebih dahulu di windowsnya.

  17. Untuk hal yang sama seperti reza pada saat buka terdapat tulisan foto icloud nyala,untuk menonaktifkan nya bagaimana ka?
    Dan saya pernah coba untuk menonaktifkan icloud, tapi foto yang ada di icloud akan terhapus semua,apakah benar ka proses nya seperti itu?
    Mohon arahanya ya ka,Terimakasih.

    1. @Rasyita :: yups, akan terhapus dari iPhonenya, tetapi akan tetap tersimpan di iCloudnya.

  18. maaf mba,saya mau tanya kan saya sudah pindahin foto dari laptop ke iphone nah kan itu pasti foldernya kepisah tapi kok pas udah di iphone foto yang dari laptop kok gabisa dihapus yaa? itu gimana ya cara menghapusnya? makasih mba atas jawabannya

  19. mba ko di itunes saya gak ada folder foto ya ? itu gimana mba ? terima kasih 🙂

  20. Tapi klo misalkan kita sudah keluar dri iCloud,, kemuadian suatu saat mau di aktifkan lg dengan id yg sama bisa yaa.,?? Maksudnya semau poto2 & video yg sudah di backup msh utuh yaa,??

    1. @Rudini :: Apabila coba logout dari iCloud di iPhone, semua koleksi foto akan tetap ada kok. Nanti apabila agan masuk kembali atau sign in ke iCloud di iPhone baru, maka otomatis fotonya akan tetap ada.

  21. Kak mau tanya dong, saya kan udh copy ftonya dari laptop ke hp dalam bentuk 1folder, tp di laptop malah ga ada.

    1. @Fadurri :: kemungkinan folder terhapus atau proses copy nya tidak berjalan dengan normal, coba di ulangi lagi.

  22. Kalau iphone 4 juga sama kaya gitu ? Soal kalau aku copy foto dari laptop ke iphone4 nggak bisa .

    1. @Villa :: Engga bisa bagaimana, agan sudah coba langkah diatas? jangan lupa gunakan iTunes versi terbaru di komputernya.

  23. Cara menghapus foto yang sudah dipindahkan ke iphone gimana ya? Kalo bisa sekalian dijelasin langkah langkahnya, terimakasih

  24. mbanya sabar banget (y) jawab pertanyaan yang sama…yang lain coba scroll keatas dulu sebelum bertanya hehehe

  25. Tmn2 aq sdh berhasil. Utk yg blm berhasil . memang hrus posisi off dlu perpustakaan foto d i cloud HP. Agar nti d menu itunes laptop kluar sync foto trs pilih folder. Ud tunggu copy susces bru deh erese and copy.

  26. Kak, kan klo mau nonaktifkan perpustakaan icloud ada pilihan remove from iphone dengan download photos & videos, jdi sya harus pilih yang mana kak biar bisa muncul sync photos kak?

    1. @Kevin :: Silahkan pilih remove from iPhone terlebih dahulu semua foto yang tersimpan di iCloud.

  27. Kak pada saat udah di klik apply kok keluarnya Remove and sync ya ? Haruse kan erase and sync ? Itu gimana kak

  28. Gan mau tanya kalau ada kemarin udah copy foto terus mau copy lg
    Foto yg pertama di iphone kehapus ga Gan
    Mohon bimbingannya

    1. @Yosua :: selama dimasukan ke folder yang sama alias tidak merubah folder sinkronisasi di iTunes komputer maka foto yang lama masih akan tetap ada.

  29. permisi mb siti, mau tanya ini masalah kalau perpustakaaan foto dimatikan apakah foto yang tersimpan di icloud akan terhapus semua??

    1. @Galuh :: Tidak, foto yang tersimpan di iCloud akan tetap ada kok, tapi biar lebih aman sebaiknya logout dulu dari iCloud lalu kemudian nonaktifkan perpustakaan foto.

  30. halo kak. mau ikutin cara kakak tapi kok di itunes pc tidak ada folder Photo ya? padahal udah sync

    1. @Devi :: untuk folder foto sis buat sendiri di drive d atau c lewat my computer, setelah itu di iTunes sis bisa langsung memilih folder yang baru dibuat tadi.

    1. @Ditta :: Pastikan sis sudah melakukan sinkronisasi folder yang berisi foto tersebut di PC, coba lakukan sinkronisasi ulang bila terjadi kesalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.