Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Bisakah Android 3G Jadi 4G

Udah seneng banget dapat bonus double kuota ketika membeli sebuah paket internet tetapi ternyata bonus kuota internet tersebut hanya bisa digunakan di jaringan 4G-LTE, alhasil kamupun tidak bisa menggunakannya karena ternyata hp Android yang kamu pakai belum support 4G alias hanya sampai 3G selain itu juga di daerah tempat kamu tinggal jaringan 4G belum tersedia. Bonus Double kuota internetpun akhirnya jadi engga bisa digunakan dan dipakai deh. Satu yang selalu menjadi pertanyaan bisakah Android 3G Menjadi 4G?

Jawabannya adalah kita tidak akan bisa merubah hp Android 3G jadi 4G-LTE. Perlu diingat proses root Android juga tidak akan bisa merubah sebuah handphone Android 3G menjadi 4G. Untuk menggunakan koneksi internet 4G, kamu harus mengganti hp Android 3G lama kamu ke handphone Android yang memang sudah support 4G dari pabriknya. Jadi, sekali lagi untuk menikmati koneksi internet super cepat 4G-LTE kamu harus menggunakan handphone Android 4G tidak bisa menggunakan hp Android 3G.

Ketika kamu menggunakan hp Android 3G di pengaturan jaringan atau network kamu tidak akanmenemukan opsi atau pilihan 4G-LTE, yang ada hanyalah 2G dan 3G saja. Jadi meskipun kamu menggunakan sim card 4G, maka tetap saja yang muncul adalah sinyal 3G/HSDPA bukan 4G-LTE karena handphone 3G kamu tersebut belum support untuk koneksi 4G.

bisakah android 3g menjadi 4g

Apakah hp Android 4G mahal? Jangan khawatir seiring dengan semakin meratanya koneksi 4G di Indonesia, maka kini ponsel Android 4G pun menjadi semakin terjangkau alias murah, beberapa contoh Android 4G murah yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan adalah Lenovo A2010, Advan i55, Samsung Galaxy J1 Ace 4G, ataupun pendatang baru Infinix Note 2 LTE X600.

android 4g murah di indonesia

Apa beda 3G dan 4G? Perbedaan yang jelas dan bisa kita rasakan langsung adalah kecepatan 4G hampir 5x lipat dibandingkan dengan kecepatan akses 3G. Apabila di jaringan 3G (Third Generation) kecepatan hanya sampai 21Mbps maka di koneksi 4G (Fourth Generation) kita bisa menikmati kecepatan internet sampai 300Mbps, itu artinya bagi kamu sering streaming video di Android ataupun memainkan game online maka menggunakan koneksi 4G akan membuat aktivitas kamu lebih lancar tanpa lagi terkendala masalah buffering.

183 comments

    1. @Aeny :: kondisi sinyalnya sudah 4G? kalau cuma kartu dan hp-nya aja yang 4G tapi sinyal tetap 3G/HSDPA tentu saja kuota akan memakai yang 3G bukan 4G.

  1. Assalamualaikum saya mau nanya apakah hp saya samsung grand prime bisa memakai 4G
    Kalo di specs nya 3G?
    Mohon bantuannya

    1. @Nurman :: apabila di spesifikasinya hanya mendukung 3G/HSDPA maka tentu saja tidak akan bisa menggunakan koneksi 4G/LTE

    1. @Buddy :: yups, benar sekali kalau handphone masih 3G tidak akan bisa menggunakan koneksi 4G

  2. Berarti kuota 4G di smartphone 3G gak bisa terpakai dong walaupun kuota 4G itu terkompres ke H+ atau 3G?

    1. @Mimosaas :: yups betul sekali, kuota 4G tidak akan terpakai apabila digunakan di handphone yang masih 3G.

    1. @Sigi :: apabila device wifi-nya sudah mendukung 4G tentu saja bisa, nanti kecepatannya sama dengan 4G.

  3. Klo merubah kuota 4G mnjadi 3G apa bisa gak.. samsung j5 dah suport 4G tp jringannya msh 3G

    1. @Triyono :: merubah kuota 4G ke 3G sudah pasti tidak bisa. Untuk menggunakan kuota 4G agan harus berada di jaringan 4G.

  4. Gan numpang nanya nih. Di kampung ane nih kalo ane pake hp samsung udah h+. Kalo pake hp oppo kagak mau nyangkut tuh sinyal 3g. Itu kenape ya gan ?

    1. @Maftuh :: Coba reset pengaturan network di androidnya sehingga kembali ke default terlebih dahulu, atau bisa juga agan setting di pengaturan network agar 3G/HSDPA Only

    1. @Gif Far :: Kuota internet 4G hanya bisa dipakai di HP 4G juga jaringan yang sudah sudah 4G/LTE tidak bisa digunakan di jaringan 3G/H+

  5. Maaf…. andro q kan lenovo s930 dg jaringan masih 3g… sisal saya hidupkan hotspot saya… trus hp anak saya kebetulan lenovo a7000 plus yg sudah mendukung jaringan 4g lte… kira kira bisa nggak kuota 4 g nya kepakai di andro anak saya????

    1. @Yunatan :: Kartu 4G-nya tetap harus dipakai di HP yang sudah 4G, sehingga nantinya kuota 4G bisa dipakai. Kalau masih tetap dipakai di hp 3G, maka kuota 4G tidak akan terpakai.

  6. Mw tanya gan, hp ku J2 sdh bisa mendukung jringan 4G LTE. Bnus x jg udh ada 10GB.. tp knpa ga ke baca jaringan 4G x.. pdahal ane udh aktfkn ke jaringan 4G…

  7. Hp sy picophone di google spec nya udh dpt dkngn lte tp pas di coba kedebus g bisa di pke 4g

    1. @Indra :: Kemungkinan band 4G/LTE di hp agan tidak sesuai dengan band 4G/LTE yang dipakai di Indonesia. Selain itu pastikan di daerah agan sudah ada sinyal 4G-nya.

  8. Hp saya sony z ultra model c6802 yang masih 3G dan belum suport 4G seperti sony z ultra yang tipe c6806 dan c6833 bila saya pakai mifi LTE apakah saya bisa menikmati layanan 4G?

    1. @Rickycahya :: bisa dong, kan yang terkoneksi ke 4G-nya adalah Mifi LTE tersebut, handphone agan yang belum 4G hanya memanfaatkan koneksi Wifi saja.

    1. @Desy :: apabila handphonenya belum 4G dan juga jaringannya masih 3G/HSDPA tentu saja tidak akan bisa memakai kuota 4G

  9. kalo HP SAMSUNG GRAND NEO PLUS cuma bisa jaringan 3G H+ diupgrade bisa gak kak.. tapi hp sudah kondisi ROOT

    1. @Malik :: Tetap engga akan bisa apabila handphonenya masih 3G meskipun sudah di root.

    1. @Hajar :: Tetap tidak akan bisa connect ke 4G, karena untuk bisa 4G jenis kartunya juga harus yang sudah 4G.

  10. Gan, hp saya sudah mensupport jaringan 4g, kartunya 4g dan sinyalnya juga 4g tapi mengapa masih tidak bisa 4g? Apakah harus meroot hpnya dulu?
    Mohon bantuannya ya gan

    1. @Anwar :: Tidak perlu di root kok gan apabila ingin menggunakan jaringan 4G. Coba cek di pengaturan jenis jaringan yang dipilih, pastikan pilih terlebih dahulu 4G only. Seharusnya apabila kartu, hp dan di daerah agan sudah ada sinyal 4G maka secara otomatis akan terhubungan ke jaringan 4G tersebut.

  11. Hp saya andromax e2 jaringan 3g EVDO, bisakah memakai kartu 4g? Karena orang2 sudah tidak ada menjual kartu smartfren yg lama/kartu 3g. Walaupun tidak mendapatkan sinyal 4g, bisakah kartu itu berfungsi untuk internetan?

  12. Kartu simpati loop saya sudah 4g n pketan pun udah 4g
    Tp kok nggak bisa di gunkan ya di hp saya xperia z
    Mohon pencerahannya mbk siti

    1. @Bayu :: Apakah hp dan jaringan di wilayah agan sudah 4G? apabila jaringan belum 4G tentu saja tidak akan bisa menggunakan kuota 4G.

    1. @Varlangga :: Apabila di daerah agan sudah ada jaringan 4G dan kuotanya yang 4G atau 3G maka tentu saja bisa dipakai.

    1. @Enkdra :: pastikan agan sudah menggunakan kartu 4G juga berada di daerah yang ada sinyal 4G/LTE.

  13. mau tanya dong hp saya udah support 4g, tapi pake kartunya 3g kira2 bisa gaa kuota 3g nya di pake ke ponsel 4g ?
    mohon bantuannya

  14. Aq pake ipad 4, spesifikasi udh support 4g, pake kartu telkomsel 4g, daerah sinyal 4g,
    Tapi tetap aj 3g, adakah solusi, ?

    1. @Selvi :: Coba lakukan terlebih proses reset network setting di menu Pengaturan – Umum – Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Jaringan sehingga nanti pengaturan jaringannya akan kembali default terlebih dahulu.

  15. Saya udah 4g tpi saya pke kartu yg 3g . Apa itu yg menyebabkan hp sya jdi super lemot? Atw ada yg lain

    1. @Heni :: Coba gunakan kartu dari operator lain terlebih dahulu, siapa tahu operator yang agan pakai sekarang sedang gangguan makanya jadi lemot.

  16. Kalau kuota 4G/Lte ngk bisa dipake.mengapa saya masi bisa download sesuatu.padahal kuota 3G ku habis.dan saya cek kuota 4g nya…ngk berkurang juga….saya bingung saya pake kuota apaan.kok masih bisa internetan…

    1. @Irzal :: Kuota 4G bisa dipakai kok yang penting hp agan, kartu dan sinyalnya sudah 4G/LTE

  17. No.jaringan saya masih 3G.udah berapa kali aku udah download film streming yang jumlahnya 700Mb.ngak habis habis juga…anehh….

    1. @Irzal :: berarti agan termasuk orang yang beruntung mendapatkan kuota internet yang unlimited.

  18. Tapi ada pesan yang setiap hari terkirim di kartu tri saya,yaitu…..

    (Selamat! Kamu mendapat bonus Whatsapp sepuasnya (Kuota 250MB per hari) selama 14 hari)

    Whatsapp itu artinya apa ya?
    Mohon pencerahannya kak…

    1. @Irzal :: Whatsapp itu aplikasi chatting seperti BBM. Jadi agan bisa menggunakan WA menggunakan kuota bonus tersebut tanpa memotong sisa kuota utama.

          1. Kalau kita pake modem 4g bagaimana? Sedang kita pake android support 3g

          2. @Maskur :: Kalau modemnya sudah 4G tentu saja bisa, nantinya koneksi internetnya via Wifi dari Modem 4G tersebut.

  19. kalau paket 4g nya di pake ke modem buat internetan di laptop bisa gk ya? apa laptop juga mesti ada jaringan 4g nya juga? atau gimana? mohon penjelasannya..

    1. @Efrilda :: laptopnya tidak usah 4G, yang penting kan modemnya sudah 4G jadi yang terkoneksi ke jaringan LTE/4G-nya adalah modem tersebut.

  20. Kalo hp 3g pake kuota 4g, apakah masih bisa internetan walaupun nanti kenanya 3g ?
    Kalo bisa, apakah selama kita internetan 3g kuota 4g berkurang ?
    Karena paketan 4g lebih murah dari 3g sekarang..

    1. @Jefri :: Handphone 3G tidak akan bisa memakai kuota 4G, jadi kalau agan ingin menggunakan kuota 4G harus ganti menggunakan hp 4G juga berada di di jaringan 4G

  21. Bantu jwb.. Yg hp nya support 4G tpi wktu dipake ga muncul 4G, cb pake jaringan manual atau gampangnya *#*#4636#*#* pilih phone information, pilih jenis sinyal 4g only. Kalo masih blm bisa jg, cb tanya sm providernya wilayah ente sudah dicover 4G blm. N buat yg hp nya 3G, ga akan bisa pake kuota jaringan 4g krn ini mslh hardware bukan software.. Intinya, 3g ya 3g aja, 4g beda sm 3g. Mau dioprek atau rooting 100x smp tua jg ga akan bisa. Klo mau, beli modem wifi 4g support.. Biasakan membaca sebelum bertanya. Kasian adminnya, ngejawab pertanyaan yg sm tiap hari.

    1. @Penggalieh :: Tidak ada gan, koneksi 4G membutuhkan hardware 4G juga di handphonenya jadi apabila hp agan masih 3G tidak akan bisa mengakses dan menggunakan kuota 4G

      1. min mau nanya hp Infinix Note 2 LTE X600 bisa 4g LTE ato belum? terus kartu ane uda 4g tapi hp masih 3g H+. kalo misalnya ane ga ganti hp ke 4g, gimana kartu sim ane yg 4g apa ttp bisa digunakan? mohon infonya

        1. @Vivin :: dari sisi specs sudah mendukung 4G/LTE kok. Untuk kartu SIM yang sudah 4G jangan khawatir agan tetap bisa memakainya di handphone lain yang juga sudah support 4G.

  22. Kebanyakan orang bertanya pd prtanyaan yg suda di tanyakan yg laen’x…hanya bertanya tak baca penjelasan’x…capex deh,

    1. @Prayogi :: Dari sisi speks seharusnya sudah bisa 4G LTE kok sesuai data kan sudah mendukung LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), dan 20(800)

  23. Saya punya samsung grand 2 dan saya lihat di spesifikasi hp nya dia suport 4g ,tapi saya melihat di pengaturan sinyal nya cuma ada GSM / HSPA ,itu kenapa ?ya sis.. Mohon solusi nya

    1. @Yessu :: Samsung Galaxy Grand ada dua versi, yang support 4G/LTE hanya versi Grand 2 G7105 saja.

  24. Min,mau nanya, kuota 3G saya masi 8gb sama 4G saya tinggal 5.. Biasa saya menggunakan laptop internet menggunakan hotspot darii hp.. Tapi setelah dipakai kuota 4G yang kurang . gimana caranya supaya laptop menggunakan jaringan 3G ya min?

    1. @Fran :: apabila kuota 4G sudah habis, nanti secara otomatis akan menggunakan kuota 4G kok.

  25. Kak mau nanya kartu 3G yg ada bonus kuota 4G itu bisa dipake buat hp 4G gak?
    Terus apa kartunya harus d upgrade ke 4G jg..??
    Makasih kak

    1. @Fariz :: Tidak, kartunya tetap harus yang sudah 4G jadi agan harus mengganti kartu dengan yang support 4G.

  26. Mau nanya nich hp gw sony xperia c3 jaringan ada LTE(preferensi)/WCDMA/GSM itu bisa gx pake jaringan kartu 4G? B)

  27. Ada ga cara cek device/hp kita support 4g apa belum? Soalnya hp sy samsung s5 duos LTE versi korea tp ga bs jln 4G nya padahal simpati sy sdh upgrade ke 4G. Mungkin frekuensi LTEnya ga sama dengan diIndo apa gmn?

    1. @Joe :: agan bisa coba menggunakan aplikasi dari operator seperti MyCare Indosat Ooredoo disana ada menu untuk cek apakah hp agan sudah support 4G atau belum.

  28. Mau nanya gan, hp sy sony xperia ZL type c6502 tp pada pilihan jaringannya d menu settingan jringan untuk LTE kok tdk ada optionnya y gan, padahal spesifikasi d GSMarena sudah support LTE… Mohon pncerahannya

    1. @Erwan :: Yang support 4G/LTE hanya seri Sony Xperia C6503 dan C6506. Sedangkan C6502 belum mendukung 4G/LTE

  29. Mbak sity. Sya mw tanya dong. Kn sya bli kartu pketan yg 4G. Tp hp sya assus jenfornt5 cma bsa jaringan HSDPA. Apakah jaringan sya bsa terkoneksi? Atau akan terpakai kuotanya. Mohon pncerahannya mbak. Makasih

    1. @Muksin :: Apabila di daerah sis hanya ada sinyal 3G/HSDPA maka kuota yang terpakai adalah kuota 3G bukan 4G

    1. @Naufal :: HP yang masih 3G dan belum mendukung 4G tidak akan bisa menggunakan koneksi internet 4G/LTE meskipun kartunya memang sudah 4G

  30. Subhanallah adminnya sabar banget ya jawab pertanyaan yang sama berulang-ulang….yang tanya mungkin ada baiknya baca komen-komen lainnya sebelum bertanya.

  31. Ka mau tanya,,hp saya oppo neo7 itu udh 4g Belom?,, kalo udh,gimana cara nge 4g in nya? Makasih ka

    1. @Siti :: Gunakan sim card 4G juga pastikan sis berada di jaringan 4G, untuk pengaturan sinyal di otomatiskan saja.

  32. Mau nanya sist, hp saya udh mendukung 4g dan saya juga udh set ke lte/3g/2g tapi kenapa tdk bisa dipake ya? Setiap saya nyalain mobile datanya yg muncul ‘no network connection’ tapi kl diset ke 2g/3g atau 3g only bisa dipake..Makasih sblmnyaa

    1. @Jihanna :: Apakah kartu sim dan jaringan di wilayah sis sudah mendukung 4G? Apabila jaringanya belum 4G yaa tentu saja tidak akan ada sinyal kaka.

  33. Mw tnya gan, klo hp yg sudah suport 4g trus aktifin hot spot apa hp 3g bisa pake hotspot nya.

  34. Mau tanya. Sony xperia c3 dual sudah 4g/lte belum ya? Tapo saya coba *#*#4636#*#* itu awalnya WCDMA saya ubah ke LTE/GSM bisa. Apakah bisa pakai kuota 4g?? Thankyouu

    1. @Laras :: dari spesifikasinya hp sis belum support 4G jadi tidak bisa menggunakan kuota 4G.

  35. Gan saya dapat samsung s5 versi korea sudah sy setting network ke 3g tp dptnya kok g terus y….

    1. @Slamet :: Coba di test dulu pakai kartu dari operator lain terlebih dahulu, normal atau tidak? Apabila nanti hasilnya tetap sama yakni cuma dapat sinyal gprs, berarti agan harus coba flash Samsung S5 menggunakan firmware untuk region Indonesia.

  36. Mau nanya gan..
    Apakah hp KATA M2L sdah support 4G ?
    Tampilannya sdah 4G tpi gk konek gan 4G nya…

    1. @Ariefien :: Dari spesifikasinya memang sudah mendukung 4G/LTE. Agan sudah coba pakai kartu dari operator lain terlebih dahulu, pastikan juga daerah agan sudah tercover oleh jaringan 4G begitu juga kartu yang agan pakai sudah 4G.

      1. Sudah gan..
        Tpi ttp ajja gk konek 4g nya..
        Gmn sih solusinya gan..
        Tlong bantuannya..

        1. @Ariefien :: Sudah dicoba untuk mengatur jaringannya via menu *#*#4636#*#* lalu agan bisa pilih 4G/LTE Only. Apabila nanti masih tetap tidak muncul 4G ada kemungkinan karena hp tersebut bukan untuk regional Indonesia dan tidak memenuhi TKDN alhasil fitur 4G tidak bisa aktif.

  37. gan hp ane samsung E7 type SM-700H belum suport 3g tapi ane pengen ngeroot hp in ke firmware E7 type SM-700F yang udah support 4g. apakah akan mendapatkan signal 4g setelah di root bgitu gan??

    1. @Menuntut Ilmu :: Apabila hardwarenya tidak support 4G maka proses root tidak akan bisa membuat hp Android agan jadi support 4G/LTE.

  38. mau nanya min, kalau hp udah bisa 4g, terus aku aktifin jaringan 4g kuota 3g nya ikut habis ga ya?
    atau pemakaian kuota itu tergantung jaringan apa yg kita pakai?

    1. @Mazmur :: seharusnya tergantung jaringan yang agan pakai. Pemakaian di jaringan 4G akan menggunakan kuota 4G terlebih dahulu.

  39. Di layar hp ada lambang 4g tapi knpa di pengaturan ngak ada pilihan 4g yg ada 2g dan 3g

    1. @Raihan :: Handphone agan sudah mendukung 4G? udah gitu di daerah tempat tinggal agan juga apakah sudah ada jaringan 4G?

  40. Asslamualaikum wr. Ka saya mau tanya Apakah Hp 3g Bisa pake kartu 4g Dan bisa ga Di bikin 4g Tolong jawabanya

    1. @Ridho :: Handphone 3G tidak akan bisa di rubah jadi hp 4G meski di root sekalipun.

  41. Mau nanya gan, HP sudah support 4G, USIM 4G, paket kuota data flash 3G. Apakah kuota paket flash 3G bisa digunakan pada jaringan 4G, jika di setting / lock jaringan ke 4G dan atau set up auto 4G/3G/2G sedangkan daerah tersebut sudah support jaringan 4G ???.
    Terimakasih atas jawaban.

    1. @Awiex :: Sebaiknya di set up Auto aja gan sehingga nantinya bisa beralih secara otomatis dari 4G ke 3G atau sebaliknya.

    1. @Awiex :: Bisa, saat berada di jaringan 4G agan bisa menggunakan kuota flash 3G kok dan juga paket 3G lainnya.

  42. Provider lebih pintar mereka mengeluarkan kuota 4g gede gede sementara pengguna hp 4g belum menyeluruh dan jaringannya nya pun masih didaerah tertentu jadi yang kita beli hanya kuota 3g nya kita hanya korban pembodohan

  43. mau nanya hp saya samsung cuma bisa 3g tapi saya punya kuota 4g itu kuota 4g kalau dipakai hotspot bisa gak kira” ya? thanks

    1. @Aporou99 :: Bisa dipakai hostpot tapi harus menggunakan Mifi atau modem hotspot yang support 4G, tidak bisa digunakan langsung dari hp Samsungnya. Nanti, agan bisa koneksikan hp Samsung tersebut ke modem hotspot tersebut.

  44. Ka, hp saya wiko selfy version 8. Di spek nya sudah 4g, kartu 4g, dan wilayah udah mendukung 4g. Tapi yg muncul tetep 3g/h+. Dan dipengaturan jaringannya hanya ada 2g dan 3g. Gaada untuk 4g/lte. Itu kenapa?

    1. @Maylisa :: ada kemungkinan fitur 4G di locked atau terkunci. Bisa juga karena perbedaan band atau frekuensi antara operator dengan frekuensi 4G yang didukung oleh hp Android sis.

  45. mau nanya, kata sipenjual hp saya, hp saya sudah 4g. saya pakai pke kartu 3g, tpi di pengaturannya ga ada jaringan 4g nya. itu kenapa ya?

    1. @No Name :: biasanya harus di unlock terlebih dahulu agar nantinya ada pilihan 4G. Bila agan menggunakan Xiaomi biasanya harus fix 4G terlebih dahulu atau ganti rom.

    1. @Ridwan :: bisa, yang penting kartu SIM dan jaringan di daerah agan sudah 4G juga.

  46. Gan saya mau nanya, hp saya kan samsung galaxy grand 2 3G tetapi saya sudah mencostume hp saya, dan ternyata setelah melihat lagi hp saya menjadi support 4G, apakah 4G dr costume bisa dipakai?

  47. Gusy saya hp saya sudah suport 4 G tapi hanya ada jaringan 3 g H+ apakah bisa makai kouta 4 G #thnks

    1. @Wahyu :: Apabila di daerah agan tidak ada sinyal 4G, meski sim card dan hp sudah 4G maka kuota 4G tetap tidak akan bisa digunakan.

    1. @Adibambang :: Sudah, namun pastikan kartu sim dan sinyal sudah 4G agar nantinya agan bisa menggunakan koneksi 4G

    1. @Kak :: Tidak bisa, apabila saat ini hp agan masih 3G dan ingin menggunakan koneksi 4G maka solusinya harus berganti hp yang sudah support 4G

  48. Kak.. Kalo saya baca di blog lain,, katanya bisaa ditambah antena apaan tuh.. :v
    Coba jelaskan secara detil doonk plisss.. T^T

  49. Min tanya, di settingan *#*#4636#*#* sudah ada tulisan LTE, itu sudah support berarti? Di settingan hp adanya cuma 3G/2G
    Ini saya jumpai di INFINIX Hot 2 Androidone

    1. @Elza :: Infinix Hot 2 belum support 4G LTE jadi tidak akan bisa menggunakan jaringan 4G

  50. Hp saya galaxy grand prime n blm konec 4g.. masih H+ n klo sya beli modem smat fren yg dach 4g bisa gak jaringan jd 4g…

    1. @Novrico :: Zenfone 5 ada yang versi LTE atau juga yang tidak, kemungkinan punya agan belum support 4G/LTE

  51. Mungkin hal itu termasuk hardwarenya kali gan?
    kalau boleh tanya jika saya menggunakan android/mifi 4g tapi paket biasa, bukan paket 4g itu masih tetep 4g apa mentok di 3g?
    ya mungkin harus paket 4g kali yak?

    1. @Raptor :: Paket biasanya misal paket flash dari telkomsel bisa kok dipakai di jaringan 4G yang terpenting hp, sim card dan jaringan sudah 4G.

      1. Tanya,bisakah file sistem di memori internal,dipindahkan ke memori external/mmc?.kalau bisa,dengan bantuan software apa?.terima kasih.

        1. @Maskuri :: Untuk file system tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal, kecuali untuk aplikasi bawaan bisa dipindahkan menggunakan aplikasi khusus dengan akses root.

  52. Terima kasih neng siti,atas infonya.mengenai hp 3g ke hp 4g.tanpa harus ganti hp.karena aku belum punya hp 4g…

    1. Maaf sis numpang bertanyak…
      Hp saya samsung A3 2015 spesifikasinya 3G
      Tapi waktu saya buka google tentang hp saya
      Bahwa ada yg blng klau samsung A3 udh bisa 4G.. apakah btul itu??

      1. @Rafeldo :: kemungkinan karena berbeda frekuensi maka 4G di Samsung A3 tidak bisa digunakan di Indonesia.

    1. @Lutfi :: Tidak bisa, karena jaringan 4G tersebut sudah menyangkut hardware jadi hp 3G tidak bisa jadi 4G.

    1. @Wandy :: iPhone 3G tidak bisa dirubah menjadi 4G, kecuali agan harus menggunakan Mifi seperti cara diatas.

  53. Min, mau tanya, hp 4g kartu 4g. Saat paket 4g habis maka akn paket 3g. Pertanyaannya, pa saat dah mnggunkan paket 3g kecepatan akn sama saat mnggunakn paket 4g?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.