Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Membatalkan Update iOS di iPhone

Selalu menggunakan iOS terbaru di iPhone memang menjadi sebuah keharusan, jadi apabila saat ini ada update terbaru iOS 10.2 di iPhone 6S Plus atau iPhone 7 sebaiknya memang langsung lakukan proses ota update agar nantinya kinerja iPhone lebih meningkat, stabil dan tentu saja adanya fitur terbaru di iOS 10.2 tersebut. Namun bagaimana apabila kamu terlanjur melakukan proses update iOS di iPhone dalam kondisi mengunduh atau downloading sedangkan kamu ingin membatalkan proses pembaruan iOS.

Perlu diingat bahwa membatalkan update iOS hanya bisa dilakukan apabila dalam kondisi mengunduh atau downloading, apabila kamu sudah melakukan proses update semisal dari iOS7 ke iOS10 maka kamu tidak akan bisa membatalkan update iOS tersebut, itu artinya kamu tidak akan bisa melakukan proses downgrade iPhone ke iOS versi lama, karena itulah sebelum melakukan proses upgrade iOS sebaiknya kamu pertimbangan dengan baik terlebih dahulu.

membatalkan update ios di iphone 6

Ada beberapa alasan kenapa kamu ingin membatalkan proses update iOS, yakni karena kuota internet atau Wifi kamu terbatas sehingga tidak akan mencukupi untuk proses update tersebut atau bisa juga disebabkan karena kamu masih tetap ingin menggunakan iOS versi lama yang sekarang kamu gunakan. Jangan khawatir apabila proses update iOS masih dalam proses mengunduh atau downloading, maka dengan mudah kamu bisa membatalkannya.

Untuk membatalkan proses mengunduh saat update iOS di iPhone pertama masuk ke menu Pengaturan – Umum – Simpanan & Penggunaan iCloud lalu pilih Kelola Penyimpanan pada bagian Penyimpanan internal iPhone.

cara membatalkan update ios di iPhone 6s

Pada menu kelola penyimpanan kamu bisa mencari update iOS, dalam contoh karena kita sedang mengupdate ke iOS 10.2 maka tentu saja pilih pada iOS10.2 seperti pada gambar di bawah ini. Untuk membatalkan proses update iOS kamu tinggal sentuh pada Hapus Pembaruan.

membatalkan pembaruan ios di iPhone 7

Konfirmasi bahwa kamu akan membatalkan dan menghapus pembaruan iOS di iPhone kamu. Setelah itu maka kini proses mengunduh update iOS pun akan otomatis batal dan kamu bisa melakukan proses unduh dan install di kemudian hari.

cara membatalkan pembaruan ios di iphone 7s

Bagaimana cukup mudah bukan untuk membatalkan proses update iOS di iPhone. Cara ini hanya berlaku untuk iPhone yang belum di Jailbreak dan proses update dilakukan secara ota update langsung dari iPhone kamu. Apabila iPhone kamu sudah di jailbreak dan terjadi error semisal muncul logo iTunes dan USB di iPhone, maka solusinya kamu harus melakukan proses restore atau update menggunakan iTunes di komputer memakai firmware yang sesuai dengan type iPhone yang kamu miliki tersebut.

23 comments

  1. Tapi aku udah kayak gitu Kan nah cara mau ngebalikin biar bisa di Unduh dan instal lg gmn ka?

    1. @Lidya :: Masuk ke menu Pengaturan – Umum lalu tap pada Pembaruan perangkat lunak.

  2. qu dah terlanjur upgrade dan saat upgrade iphone mati dan harus masuk ke itunes, tapi saat ini ketika di download tidak perah berhasil, mohon bantuannya
    terima kasih

    1. @Hera :: Agar proses restore via iTunesnya lancar sebaiknya unduh aja dulu firmware untuk iPhone tersebut, jadi nanti proses restorenya bisa offline tanpa harus selalu terkoneksi ke internet.

  3. Ka iphone saya kok gabisa dimainin sambil dicharger padahal saya baru beli chargerannya tapi bisanya dichargernya harus dimatiin hpnya terlebih dahulu itu garagara saya upgrade ios dari 7.0 ke 7.1.2, itu kenpa ya kak?

    1. @Dimas :: Ada kemungkinan charger yang agan pakai bukan original jadi timbul masalah seperti yang dialami sekarang tersebut.

  4. Kak masa aku pengen upgrade ke iOS 11 tapi aku takut udh terlanjur Trus pengen dibatalin. Eh pas pagi di cek ga ke Unduh Trus pas di cek versinya yg terbaru cuma versi 10 gabisa upgrade ke iOS 11 lagi. Itu gimna kak?

    1. @Umeail :: Agan pakai iPhone berapa? Pastikan menggunakan iPhone 5S ke atas agar bisa upgrade ke iOS11. Apabila tidak bisa ota update agan bisa coba menggunakan iTunes untuk proses upgrade manual.

    1. @Deny :: Bisa kok, meski pernah membatalkan proses update iPhone, nanti agan masih tetap bisa melakukan update kembali di lain waktu.

  5. Iphone saya maksa minta diupdate terus, ada kata2 “iphone will update if connected to power between 02:00AM – 05:00AM” padahal saya blm ingin update, bagaimana ya solusinya? Mohon bantuannya

    1. @Allia :: Cek di menu pembaruan perangkat lunak, apakah update terbaru sudah terunduh atau tidak? apabila sudah di unduh, hapus saja dulu untuk membatalkan proses upgradenya.

  6. Kak iphone saya5s tapi saya tak nak update ios 11 saya mau delete aja tapi saya cari di stronge &iclude pengaturan gak muncul kayak yg akk jelasin di atas adakah cara lain akk

    1. @Mamas :: apabila tidak muncul seperti yang diatas, berarti firmwarenya belum terunduh.

  7. Kak minta bantuannya, iphone saya dri os 10 update ke 13, akan tetapi setelah restart tidak bisa masuk lagi..hanya muncul tanda apple trus restart lagi..apa yang salah ya? Iphone saya 7 plus

    1. @Fanara :: Sebaiknya restore lewat iTunes d komputer. Jangan lupa unduh terlebih dahulu firmware untuk iPhone 7 tersebut agar proses restorenya tidak terlalu lama.

  8. Saya menginstal ios 13.1.3 setelah saya instal dia hanya mutar mutar di tempat dengan bacaan “memperkirakan sisa waktu “ saya tunggu hingga 1 jam dia tetap seperti itu saya matikan wifi saya matikan hp nya saya nyalahkan lagi saya cek dia tetap mutar seperti bacaan yg saya bilang tadi . Saya mau menatalkan tidak bisa bagaimana caranya ?

    1. @Mesede :: Masalah yang agan hadapi biasanya karena koneksi internet yang lambat dan tidak lancar, selain itu pastikan juga memori internal di iPhone agan mencukupi untuk proses upgrade tersebut.

  9. Kak aku kan tdi mau update ios 13.6.1 dari 13.5.1 sdh ad tulisan “‘memperkirakan sisa waktu” terus stelah yg 4 menit an itu selesai lgsg ada muncul tulisan “menyiapkan pembaharuan” dan itu lama bgt proses ny , trs aku tiba2 ga mau updte, aku ikutin cara kaka diatas ternyata msh ad di penyimpatan terus cari updte ios masih ada pilihan “hapus pembaharuan” trs aku hapus kan sdh ternyata memang terbatal upadte nya, tpi kak di yg tulisan kaka di atas kan hanya sampai “mengunduh” saja yg bisa di “hapus pembaharuan” nah aku kan ini sdh masuk tahap “menyiapkan pembaharuan” ya walaupun pas di cari tetap msh ada pilihan “hapus pembaharuan” nya , apakah tdk apa2 kak ? Krna sdh masuk ditahap beda?? Btw aku ip 7

    1. @Mdz :: tidak apa-apa, bisa dihapus aja. Kalau tetap gagal, sebaiknya update lewat iTunes saja.

  10. Ka aku mau upgrade ios 14 tdi udah kesambung ke wifi tpi prosesnya lama kdang keterangan 10 jam 4jam 2hari trus prosesnya ke jeda karna wifinya.itu gapapa ka klau kejeda??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.