Agar Aplikasi Android Bisa Berjalan di PC

Pernahkah kamu berpikir bahwa di smartphone Android itu kita sangat mudah untuk menambah dan install aplikasi serta game? Cukup masuk ke Google Play Store, ribuan aplikasi siap untuk diunduh. Berbeda dengan PC, tak jarang program yang ada di PC hanya sekedar aplikasi Office dan pemutar lagu, tidak ada Instagram, WhatsApp dan aplikasi lainnya.

Itulah kenapa bila akhirnya kita hanya menggunakan PC sekedar untuk membuat laporan, presentasi dan aktivitas kerja lainnya. Jarang sekali kita memanfaatkan PC untuk aktivitas lainnya. Tak seperti di Android, semua hal bisa kita lakukan dari sekedar akses medsos, bermain game online, meeting via Zoom dan berbagai aktivitas lainnya.

Kenapa hal diatas bisa terjadi? salah satu sebabnya adalah karena di PC tidak ada yang seperti Play Store dimana kita bisa dengan mudah mendapatkan bermacam-macam aplikasi dan game. Meskipun ada, kinerjanya tidak semudah dan selengkap Play Store.

Kesenjangan inilah yang akhirnya membuat sebagian orang ingin menjalankan aplikasi Android di PC, tentunya agar PC miliknya bisa digunakan untuk berbagai macam aktivitas seperti layaknya di smartphone. Lalu, bagaimana caranya agar aplikasi Android bisa berjalan di PC?

Secara default karena berbeda sistem operasi kita tidak akan bisa menjalankan sebuah aplikasi Android di PC. Namun, jangan khawatir dengan bantuan semua emulator, aplikasi dan game Android apapun akhirnya bisa berjalan dengan normal di PC.

cara menjalankan game android di pc

Apakah kamu pernah mendengar istilah Emu, Emulator, Nox atau BlueStack? Yups, beberapa istilah tersebut berkaitan dengan emulator dimana nantinya kita menjalankan aplikasi Android di PC dengan mudah.

Jadi, untuk bisa menjalankan aplikasi Android di PC kita harus pakai Emulator? Benar sekali, emulator akan berfungsi sebagai media atau perantara agar kita bisa menginstall dan menjalankan aplikasi Android di PC.

Emulator seperti Nox atau Bluestack wajib kita install di PC terlebih dahulu, setelah itu silahkan jalankan emulator dan kemudian kamu bisa langsung install berbagai macam game dan aplikasi Android di emulator tersebut.

agar aplikasi android berjalan di PC

Beberapa emulator seperti Nox, bahkan sudah dilengkapi dengan Google Play Store sehingga memudahkan kita untuk menginstall game seperti halnya di smartphone Android. Jangan lupa, login terlebih dahulu ke akun Google, agar kita bisa menggunakan Play Store di Emulator Android tersebut.

Ada sebagian orang yang mengalami masalah emulator sangat berat dan lambat di PC, nah masalah seperti ini muncul karena spesifikasi komputer atau PC kamu kurang memadai atau di bawah dari spesifikasi minimal yang diminta oleh emulator tersebut.

Solusinya sangat mudah yakni pastikan bahwa PC kamu minimal menggunakan prosesor sekelas Intel Core i5 dengan memori RAM minimal 8GB. Sebenarnya dengan RAM 4GB dan Intel Core i3 kita bisa menjalankan emulator tapi tentunya kinerja akan kurang maksimal.

Leave a Reply