Mengatur Izin Aplikasi Android Marshmallow dan Nougat

Salah satu kelebihan dan fitur terbaru Android Marshmallow dan Nougat adalah kita bisa dengan mudah mengatur izin aplikasi. Apakah sebuah aplikasi boleh menggunakan fitur kamera, mengakses phonebook, mengirimkan sms ataupun menggunakan fitur lainya di hp Android kamu. Namun berbeda halnya bila kamu masih memakai handphone Android dengan sistem operasi Kitkat atau Lollipop mengatur izin aplikasi menjadi sesuatu yang sulit dan hanya bisa dilakukan apabila kita sudah melakukan proses root Android.

Mengatur izin aplikasi di Android Marshmallow atau Nougat bisa dilakukan dengan mudah dan cepat baik untuk pengguna Oppo, Samsung, Xiaomi maupun handphone merk lainnya. Semisal dalam contoh kita akan mengatur izin aplikasi WhatsApp Android agar nantinya bisa membaca kontak atau phonebook dan juga bisa mengirimkan foto langsung dari kamera handphone.

Masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi dari daftar yang muncul cari aplikasi WhatsApp yang berada di paling bawah.

izin aplikasi di android marshmallow

Saat masuk ke halaman info aplikasi, disini kamu bisa melihat berbagai menu untuk mengatur aplikasi tersebut mulai dari pemberitahuan, penggunaan data dan karena kita akan mengatur izin aplikasi Android maka pilih pada bagian Izin.

izin aplikasi whatsapp di android

Ada banyak izin yang diberikan ke aplikasi WhatsApp seperti kamera, kontak, lokasi sampai dengan sms dan telepon. Setidaknya kamu harus mengetahui apa fungsi dari masing-masing izin tersebut. Misal izin kamera ini artinya WhatsApp nantinya bisa menggunakan kamera entah untuk mengambil foto atau video, izin kontak adalah menemukan akun pada perangkat disamping membaca dan tentu saja mengubah informasi kontak atau phonebook yang ada di perangkat Android.

Apabila kamu tidak ingin aplikasi WhatsApp menggunakan fitur GPS dan Lokasi maka silahkan nonaktifkan pada lokasi Anda. Ini berarti bahwa nantinya WA di Android kamu tidak akan bisa menggunakan, mendeteksi dan mengakses fitur lokasi saat ini kamu berada.

mengatur izin aplikasi di android marshmallow dan nougat

Mengatur izin aplikasi di Android Marshmallow dan Nougat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi. Sebagai contoh apabila kamu tidak bisa mengirim dan menerima pesan suara di WhatsApp bisa jadi karena kamu tidak memberikan izin WhatsApp untuk mengakses Mikrofon.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest