Agar Whatsapp Tidak Menyimpan Foto Otomatis

Saat ada teman mengirimkan foto atau gambar dan file media lainya secara default WhatsApp akan langsung mengunduh dan menyimpan file gambar tersebut ke memori internal handphone kamu. Untuk kamu yang memiliki memori internal besar dan juga kuota internet yang melimpah mungkin bukan sebuah masalah tapi untuk kamu yang memiliki hp dengan memori internal kecil dan juga kuota yang pas-pasan tentunya menyimpan gambar secara otomatis di WhatsApp ini akan membuat kuota cepat habis dan akan selalu mengalami masalah error tidak cukup ruang penyimpanan di hp Android kamu.

Sebenarnya menyimpan gambar secara otomatis di WA ini memiliki sebuah keuntungan tersendiri yakni akan mempercepat kamu mengakses file gambar tersebut sehingga proses komunikasi bersama teman bisa lebih cepat tanpa harus ada konfirmasi mengunduh gambar atau foto terlebih dahulu. Namun apabila kamu merasa khawatir bahwa proses ini akan membuat kuota internet cepat habis apalagi bila ternyata gambar atau foto yang kamu terima kebanyakan tidaklah terlalu penting, sangat mudah kok untuk menonaktifkan agar Whatsapp tidak menyimpan foto otomatis di hp Android kamu.

Langkah pertama untuk mengatur agar WhatsApp tidak menyimpan foto, gambar, dokumen dan media lainnya secara otomatis adalah masuk ke menu Setelan – Penggunaan Data seperti tampak pada gambar di bawah ini.

agar whatsapp tidak menyimpan gambar secara otomatis

Pilih pada opsi saat menggunakan seluler dan tersambung ke Wifi, lalu hilangkan semua ceklis pada foto dan media lainnya. Ini artinya saat kamu menggunakan data seluler (kuota) maupun hotspot wifi semua foto yang diterima di percakapan WA tidak akan otomatis di unduh.

agar whatsapp tidak menyimpan gambar otomatis

Kini setiap foto yang kamu terima di WA tidak akan secara otomatis di simpan ke memori telepon dan kamu harus secara manual mengunduhnya.

cara agar whatsapp tidak menyimpan foto otomatis

Setelah berhasil mengatur WhatsApp agar tidak menyimpan foto secara otomatis, kemungkinan kamu juga ingin agar setiap gambar yang pernah diterima di WA tidak tampil di galeri foto Android. Nah, agar foto whatsapp tidak muncul di galeri Android caranya mudah yakni buatlah file .nomedia di folder WhatsApp – Image pada memori internal hp Android.

agar foto whatsapp tidak muncul di galeri

Selamat kini kamu bisa lebih menghemat kuota internet dan juga memori internal hp Android kamu sehingga kamu akan terhindar dari masalah ruang penyimpana tidak cukup di Android.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest