Akibat Reset Data Pabrik Android

Tak selamanya handphone Android yang kita pakai akan berjalan dengan normal dan tanpa kendala, tak jarang kita sering mengalami aplikasi Android force closed sehingga membuat tak nyaman, yang lebih parah lagi saat kita akan merubah berbagai settingan di Android, menu pengaturan Android tidak dibuka alias error tanpa alasan apapun. Mengatasi berbagai masalah diatas biasanya cara termudah dan tercepat adalah melakukan factory reset Android ke pengaturan pabrik.

Melakukan proses factory reset Android ke setelan pabrik juga saat berguna saat kita akan menjual handphone tersebut, agar nantinya pembeli tidak bisa mengakses dan menggunakan berbagai data penting yang pernah kita gunakan di hp Android tersebut. Namun demikian sebelum melakukan proses ini, adalah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu efek factory reset Android tersebut agar nantinya tidak terjadi hal yang justru merugikan.

akibat reset data pabrik android

Pertama, resiko factory reset Android yang pertama adalah setelah selesai melakukan reset bisa saja hp Android kamu menjadi terkunci. Fitur FRP atau Factory Reset Protection di Android akan membuat hp Android menjadi lebih aman, namun bisa jadi masalah apabila ternyata kamu tidak mengetahui akun Google yang digunakan di hp tersebut.

Untuk mencegah agar hp Androdi kamu tidak terkunci fitur FRP ini, sebaiknya sebelum melakukan proses reset Android, silahkan kamu lakukan proses hapus akun Android terlebih dahulu, agar nantinya handphone tersebut tidak lagi terkait atau terhubung ke salah satu akun. Bila kamu memiliki 2 atau 3 empat buah akun, silahkan hapus semua akun tersebut.

Kedua, efek factory reset Android adalah semua data dan aplikasi yang pernah kamu unduh akan hilang semuanya. Jadi pastikan bahwa sebelum melakukan proses reset Android ini kamu backup terlebih dahulu semua data penting di hp tersebut ke memori eksternal (SD Card) ataupun backup ke komputer atau PC agar nantinya setelah selesai melakukan proses reset Android, kamu bisa restore semua data kembali ke hp tersebut.

Ketiga, akibat reset data pabrik Android kamu akan logout dari semua akun sosial media atau messaging seperti BBM, WhatsApp, Line, sampai Instagram dan media sosial lainnya. Jadi, pastikan kamu mengetahui dan mencatat terlebih data login yang meliputi username, email dan kata sandi dari aplikasi tersebut agar nantinya kamu bisa masuk atau sign in kembali dengan mudah tanpa kendala.

Hal utama yang harus kamu ingat adalah proses reset data pabrik Android akan mengembalikan handphone Android kamu ke default dimana kondisinya sama seperti kamu baru membeli handphone tersebut untuk pertama kalinya.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest