Android Tidak Bisa Factory Reset

Tak selamanya smartphone Android yang kita gunakan berjalan dengan normal dan maksimal, sering mengalami masalah seperti aplikasi force closed, ruang penyimpanan selalu penuh dan yang terparah kita tidak bisa membuka menu setting atau pengaturan sehingga akibatnya kita tidak bisa melakukan kustomisasi hp Android. Bila sudah mengalami itu semua, maka solusi tercepat dan terbaik yang kita pilih adalah melakukan factory default atau reset ulang Android ke setelan pabrik.

Jika proses factory reset Android berjalan dengan normal biasanya sudah bisa dipastikan hp Android akan bekerja kembali seperti biasa dan dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari lagi. Tapi, ternyata proses reset ulang Android tersebut tak selamanya berjalan sesuai dengan harapan karena tiba-tiba berhenti di tengah jalan, atau meskipun berhasil tapi ternyata kondisi Android masih tetap sama seperti sebelum dilakukan factory reset.

Android Tidak Bisa Factory Reset

Masalah Android tidak bisa factory reset bisa disebabkan oleh beberapa penyebab yang paling ringan adalah karena firmware atau sistem operasi di hp tersebut mengalami error. Jika kamu mengalami masalah seperti ini, maka solusinya adalah silahkan lalukan flashing atau update Android menggunakan PC atau komputer. Selalu biasakan memakai stock rom atau firmware resmi dari vendor ponsel tersebut.  Jika terpaksa ingin pakai custom rom, pilihlah cusrom yang benar-benar kompatible dengan type hp Android kamu, hindari penggunaan cusrom yang masih versi beta atau dalam tahap pengembangan karena kinerjanya akan kurang maksimal.

Bila hp Android kamu tidak bisa di factory reset dan masih bisa di lakukan flash ulang via PC sebenarnya kamu masih beruntung karena error yang dialami masih sebatas software. Lain halnya bila ternyata setelah dilakukan flash ulang ternyata hp Android kamu masih tetap error dan bahkan kondisinya masih sama seperti sebelum dilakukan proses flashing, aplikasi yang pernah diunduh masih tetap ada, error tetap muncul, biasanya karena hardware hp tersebut bermasalah.

Komponen hp Android yang paling rentan mengalami masalah ketika terjadi masalah tidak bisa dilakukan factory reset adalah memori internal system atau eMMC. Kerusakan pada eMMC memang cukup fatal karena bisa berakibat sistem operasi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, tak dapat melakukan proses read and write, alhasil meskipun puluhan kali dilakukan proses factory reset atau flash ulang via PC, kondisi hp Android akan kembali lagi ke semula seperti sebelum di format atau flash.

Android yang sudah mengalami kerusakan eMMC solusi satu-satunya harus ganti eMMC yang benar-benar sesuai dengan type ponsel tersebut. Cara termudah mendapat eMMC yang cocok adalah dengan mencari hp yang typenya sama tapi telah mengalami kerusakan di layar atau komponen lain namun eMMC masih normal. Nantinya, eMMC dari hp tersebut dipindahkan ke handphone Android yang harus diganti eMMC.

Leave a Reply