Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Apa Android Marshmallow itu? Kelebihan dan Kekurangan Android M

Baru saja membeli sebuah handphone Android 5.1 Lollipop dan udah merasa paling uptodate karena menggunakan OS Android terbaru dan teranyar, tapi ternyata kini udah ada lagi Marshmallow. Apa sih Android M itu? Seperti kita ketahui Google merelease penerus Android 5.1 yakni Android 6 yang diberi nama Marshmallow atau Android M.

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui kelebihan dan fitur Android Lollipop, kini saatnya mengenal lebih jauh tentang fitur dan kelebihan Android Marshmallow terbaru yang akan segera kita nikmati di handphone Android terbaru. Apa saja fitur terbaru Android Marshmallow ini?

Support USB Type C, Standarisasi Fingerprint Scanner dan Android Pay. Yups, mungkin inilah fitur terbesar yang ada di Marshmallow. Dengan fitur ini maka kini kamu bisa lebih mengharapkan kecepatan dalam proses transfer data dari laptop ke hp Android atau sebaliknya melalui USB Type C, keamanan hp Android kamu pun lebih terjaga berkat adanya standarisasi dari fitur fingerprint scanner (pemindai sidik jari) khusus buat hp yang sudah dilengkapi fitur fingerprint juga kemudahan pembayaran melalui Android Pay.

Fitur terbaru yang layar dinanti di Android Marshmallow adalah Reset Network Setting. Fitur yang sudah lama ada di iPhone, namun baru kali ini ada di Android Marshmallow. So, bila koneksi Bluetooth kamu error, Wifi tidak bisa konek di Android ataupun Internet seluler Android kamu putus nyambung, maka kini kamu bisa langsung melakukan reset All network yang akan mengembalikan pengaturan network/ koneksi ke default.

kelebihan android m

Tampilan Homescreen atau layar utama (awal) yang bisa dirotasi otomatis ke mode landscape, yups fitur sederhana tapi tentunya berguna banget, meskipun sebenarnya untuk pengguna tablet mungkin fitur ini sudah kamu rasakan sebelumnya, tapi bagi pengguna handphone Android dengan layar 4 inci atau lebih fitur rotasi layar utama (homescreen) boleh jadi fitur yang sudah lama dinantikan.

kelebihan marshmallow

Mengurangi icon di status bar sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan dan tentu saja bisa diatur icon apa yang ingin ditampilkan dan sering digunakan, sehingga nantinya di status bar tidak akan terlalu banyak icon. Juga kini di Android Marshmallow kita bisa menghapus atau delete hasil screenshot dengan lebih mudah dan cepat karena ada pilihan Delete (hapus) di notifikasi screenshot tanpa harus masuk dulu ke galery foto hanya untuk delete hasil screenshot.

android terbaru marshmallow

Beberapa fitur terbaru Android Marshmallow lainnya adalah RAM Manager yang akan mengoptimalkan penggunaan memori RAM di Android kamu, cocok untuk kamu yang selalu merasa heran kenapa sih RAM Android berkurang terus dan tersisa hanya sedikit padahal kamu tidak menjalankan banyak aplikasi dan game.

16 comments

  1. Boleh tanya gan?? Kemaren Android saya masih Lollipop, masih bisa maen game online (darkness reborn)

    Terus setelah di perbarui versi ke Marshmallow saya agak susah untuk masuk menggunakan akun google, saya coba utk copot game tersebut dan pasang lagi dan setelah diinstal gamenya saya masuk tp fail, ada notification “fail to log the authentication error, please check device’s time setting and try again”

    1. @Achmad04 :: dari keterangan errornya sepertinya ada masalah dengan pengaturan waktu (time) di hp Android agan. Coba di otomatiskan saja zona waktunya, mengikuti zona waktu operator yang agan pakai.

  2. android 6.0 yang ku update karena otomatis notice dari android 5.1 ku koq ga bisa buat transfer data usb ke komputer yah… di pc nya kartu internal maupun kartu sd gak kebaca sedangkan di hp nya juga cuman ngecas doank.. gak bisa buat pindah ke usb

    1. @Famikarami :: untuk Android Marshmallow tidak bisa transfer dari hp ke Laptop, agan bisa coba aktifkan dulu menu Developer (Opsi Pengembang) setelah itu masuk ke menu Pengembang -Pilih Konfigurasi USB seanjutnya agan tentukan pilihan pada MTP atau Media Transfer Protocol.

  3. gak, saya baru update marshmallow
    tapi saya gak suka status bar nya, gimana cara sembunyiin/hide atau cara ganti warna nya
    trimaksih gan..

    1. @Jhon :: Coba gunakan launcher atau peluncur Android lain terlebih dahulu untuk merubahnya

    1. @Tata :: Apakah agan menggunakan ROM resmi dari Samsung? takutnya menggunakan custom rom yang memang tidak akan sempurna seperti rom resmi dari samsung.

  4. Hp saya asus zenfone gan…setelah saya naikan v.6 knp ko stiap dowluad lemot bngt….bufring jg lemot…..mohon solusinya….

    1. @Rio :: Setelah melakukan proses upgrade ke marshmallow apakah handphone agan sudah di factory reset terlebih dahulu? Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, setelah proses upgrade Android memang disarankan untuk lakukan factory reset ke setelan pabrik.

  5. Gan HP says A7 2016 baru aja upgrade ke marshmallow awal bulan lalu..download drama Korea sebelum Dan sesudah update beda bgt..malah says gabisa download file drama yg hanya 140mb..bbm juga error..sulit dapet sinyal 4G.ini gmn ya gan?mohon dibantu

    1. @Ayu :: Setelah melakukan proses upgrade ke Marshmallow apakah sis sudah melakukan dulu Wipe data dan cache itu mengembalikan Android ke setelan pabrik terlebih dahulu, agar kinerjanya setelah upgrade menjadi lebih maksimal.

  6. Apakah setelah upgrade ke marshmellow dan difactory reset masih tetap Android marshmellow,?
    Ngak keubah lgi ke Android Lollipop versi pabrikannya?

    1. @Iqbal :: tetap Marshmallow dong kaka, meski di factory reset juga, kan sudah di upgrade jadi permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.