Apa Manfaat Upgrade Android

Pernahkan kamu merasa kesal dan bosan dengan notifikasi pembaharuan atau update sistem Android yang selalu muncul secara tiba-tiba di hp Android kamu? Apa sih fungsi dan manfaat upgrade Android? Kenapa Android Kitkat harus di update ke Lollipop atau bahkan ke Android Terbaru 2016 yakni Marshmallow? Apakah benar upgrade akan membuat hp Android menjadi lebih cepat dan lebih bagus?

Salah satu manfaat dari upgrade Android ke versi terbaru adalah kita bisa mendapatkan fitur dan menu terbaru yang memang tidak ada di versi sebelumnya. Semisal bila sekarang kamu masih menggunakan Android Lollipop, maka apabila kamu melakukan upgrade ke Android Marshmallow tentu saja kamu akan mendapatkan berbagai macam fitur dan menu terbaru yang tidak ada di Lollipop. Salah satu Kelebihan Android Marshmallow adalah kita bisa melakukan reset jaringan dan wifi, sehingga apabila internet di Android error, kita bisa dengan mudah mengatasinya.

Manfaat lainnya dari melakukan upgrade Android adalah hp Android kamu akan bekerja lebih maksimal karena biasa proses upgrade akan memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan yang ada di Android versi sebelumnya. Lho, tapi ada kok teman yang melakukan upgrade Android tapi malah handphone Androidnya jadi lambat dan sering hang, bagaimana dong? Nah, apabila setelah melakukan upgrade Android kamu justru jadi lambat salah satu solusi termudah adalah kamu lakukan dulu proses factory default atau kembali ke setelan pabrik, agar nantinya Android kamu kembali fresh seperti baru beli.

Sekarang saya masih pakai Android Lollipop apakah bisa menerima upgrade Android terbaru Marshmallow? Jawabannya tentu saja tergantung kepada merk dan type hp Android yang kamu pakai. Perlu diketahui bahwa tidak semua hp Android Kitkat atau Lollipop akan menerima update terbaru ke Marshmallow, karena semuanya tergantung kepada kebijakan vendor yang mengeluarkan hp Android tersebut. Namun tidak ada salahnya kamu untuk coba melakukan Upgrade Android tanpa komputer dimana proses upgrade ini dilakukan secara OTA alias online.

manfaat upgrade android

Kenapa handphone Android saya tidak menerima upgrade ke versi terbaru Marshmallow? Bisa jadi karena pertimbangan prosesor dan memori RAM yang kecil atau pas-pasan maka hp Android kamu tidak bisa di update ke Marshmallow, apabila dipaksakan maka boleh jadi hp Android kamu malah tidak stabil dan tidak maksimal karena antara hardware dan OS (Software) tidak sejalan.

fungsi update android

Perlu diingat bahwa tidak hanya sistem Android saja yang harus di upgrade, namun aplikasi dan game Android kamu pun harus rutin dan rajin dilakukan proses update? Apa manfaat update aplikasi Android? Tentunya agar kamu bisa mendapatkan berbagai macam menu dan fitur terbaru dari aplikasi tersebut, sehingga nantinya akan menambah kenyamanan kamu ketika menggunakan aplikasi tersebut di hp Android kamu.

262 Comments

  1. apakah berbahaya update software nya?apa bbm dan app lain nya akan terhapus?

    Reply
    • @Udit :: Update OS tidak berbahaya kok, aplikasi juga tidak akan terhapus. Namun pastikan saat proses update tidak terjadi error.

      Reply
      • Hp marshmellow xo malah gax bisa buat maen game besar, malah lemot, saya baru beli hp ,, kasih solusi donk, hp baru ram 2Gb, asus znfn 3 max

        Reply
        • @Johan :: bisa jadi karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan aktif di latar belakang, coba tutup semua aplikasi yang tidak lagi digunakan juga nonaktifkan aplikasi bawaah yang tidak pernah dipakai.

          Reply
          • Selamat malam kak Siti, maf sebelum nya.. mau nanya ni kalu mau perbarui dari lolipop k marsmelow itu file kita yg d memori tlp akan terhapus atau tidak.. seperti gambar dan no tlp dan akun..
            Mohon prnjelasanya mba

          • @Wahyu :: Kalau lewat OTA Update biasanya data akan tetap aman tidak terhapus, tapi bila di flash/ upgrade menggunakan PC sebaiknya di backup dulu karena biasanya data di memori internal akan terhapus.

  2. Siang mba Siti.
    Kemaren hp saya J 7 ada pembaruan system tersedia.nah sdh saya ok,download sktr 26 MB data.
    Itu pembaruan system yg sdh ada saja ya mba?mksd saya bkn ke tingkat lbh tinggi lg gt.
    Saya tkt sbnrnya kalo upgrade system gt.tkt kalau hp ga sesuai dgn system nya.jd lemot misalnya.
    Trs kalo misal kita reset ke pengaturan pabrik apakah bener2 kembali ke seperti baru beli,mksd saya apa yg ok pembaruan td jg akan berubah.atau misak upgrade dr lolipop ke marsmallow stlh di reset kembali ke lolipop lagi?
    Terimakasih mba Siti.

    Reply
    • @Eko :: apabila ukurannya kecil dibawah 100MB biasanya cuma update saja bukan upgrade (masih di OS yang sama). Apabila pembaruannya berukuran besar biasanya disertai dengan upgrade (misal dari Lollipop ke Marshmallow). Apabila agan melakukan proses factory reset (default), tidak akan kembali ke awal seperti baru membeli dari pabrik, tetapi akan kembali ke kondisi awal setelah adanya update atau upgrade. Semisal apabila agan sudah melakukan upgrade dari Lollipop ke Marshmallow, maka ketika dilakukan factory reset akan tetap Marshmallow bukan Lollipop lagi.

      Reply
  3. Kalo jelly bean bsa gak kak

    Reply
    • @Agus :: tergantung vendor dari handphone tersebut kok.

      Reply
  4. Pagi mbak.. Barusan saya melakukan update versi android, itu maksudnya untuk apa ya? Kok saya ngerasa ga ada perubahan apa2 di hp saya, dan versinya pun masih tetap sama..

    Reply
    • @Blues :: Kemungkinan hanya perbaikan kecil untuk memaksimalkan kinerja Androidnya.

      Reply
  5. Apa aplikasi atau data di hp akan terhapus?

    Reply
    • @Abdi :: Apabila agan melakukan ota upgrade biasanya tidak akan terhapus, namun apabila uograde dengan cara di flash biasanya seluruh data di handphone akan hilang.

      Reply
  6. Mbak kenapa wifi sayang gak mau hidup .apkh prlu di perbarui sofwarenya

    Reply
    • @Habibi :: Agan bisa coba untuk melakukan factory reset terlebih dahulu untuk mengembalikan semua settingan ke default. Apabila nanti masih tetap error baru di flash Androidnya.

      Reply
  7. Kk klo udah masmellow terus telanjur ke update gmn kok kayak lemot kaga tambah cepet dan panas pula apa solusinnya

    Reply
    • @Firnanda :: bisa kok downgrade dari marshmallow ke Lollipop atau kitkat, tapi proses flashingnya harus lewat komputer.

      Reply
      • Tulisanya pembaruhan versi android atau sistem gitu tapi hp saya marsmello tapi tetep masrmelo . Masalanya kok lemot dan panas ya mbak. Hp saya coolpad apa solusinya

        Reply
        • @Firnanda :: Kemungkina cuma update kecil untuk memperbaiki error atau bugs. Dulu waktu melakukan proses upgrade dari Lollipop ke Marshmallow apakah agan melakukan factory default (format ke setelan pabrik)? Karena sebaiknya apabila sudah melakukan upgrade (mengganti OS) langsung aja hp Androidnya di format ulang agar kembali fresh dan tidak menyisakan error dari OS sebelumnya.

          Reply
  8. Iya sayaa setel pabrik lagi. Gmn solusinya agar saat mengeser tidak lemot dan panas tolong solusinya

    Reply
  9. Gw baru aja nge upgrade pembaharuan sistem ini baru pertama gw kerasa dek dekan pas gw pencet pembaharuannya tapi ga kehapus semua data datanya kelebihannya sebelum hp gw di upgrade hp gw sering error setelah di upgrade errornya udh ilang tapi versi hp gw ko enggak ke marshmallow masih lolipop 5.0 cara nge Marshall lainnya gimana? Jawab dong

    Reply
    • @Muhammad :: Itu artinya pembaruan yang agan terima cuma sebatas minor update aja untuk memperbaiki error dan bugs kecil.

      Reply
  10. Cara upgrade versi lolipop ke marshmallownya gimana padahal udah perbaharui sistem

    Reply
    • @Muhammad :: Apakah sudah ada upgrade resmi dari vendor hp yang agan pakai? Kalau iya, langsung upgrade aja via OTA

      Reply
  11. Mbak,gimana cara upgrade asus zenfone 6 ke lolipop ya?

    Reply
    • @Aris :: Cek di menu OTA Update ada tidak pembaruan terbaru? masuk ke menu Setelan – About lalu sentuh pada Check for updates.

      Reply
  12. Siang mbak..klo upgrade resmi dari vendornya aman gak ….soalnya saya pake galaxy j5 dan barusan ada pemberitahuan tentang upgrade marsmallow…

    Reply
    • @Endang :: Kalau ota update resmi dari vendornya tentu saja aman, berbeda bila agan menggunakan custom rom yang keamananya belum terjamin.

      Reply
  13. Kak klo factory reset itu data2x bkal ilang gak ato aplikasix ilang gtu

    Reply
    • @Ana :: Factory reset Android akan menghapus seluruh data yang ada di hp Android tersebut, begitu juga aplikasi akan kembali ke default seperti baru pertama kali membeli hp tersebut.

      Reply
      • contactnya gak terhapus kan mbak?

        Reply
        • @Djono :: Bila upgrade berjalan lancar, biasanya kontak tidak akan terhapus. Namun untuk menghindari hal yang tak diinginkan sebaiknya backup dulu kontak ke gmail atau sd card sebelum melakukan upgrade android

          Reply
  14. Kenapa saat saya perbarui handphone saya dari android lolipop ke marshmallow gak mau hidup saat sesudah selesai semua, cuma ada bacaan samsung gitu..
    gak hidup”..
    please di balas

    Reply
    • @Daneil :: Apakah agan menggunakan custom rom? Kalau iya, berarti rom marshmallow tersebut tidak cocok untuk hp Android agan. Solusinya flash ulang menggunakan stock rom.

      Reply
  15. Sore mbk… kalo hp sudah di upgrade atau pembaruan sistem, terus kalo di flash/factory reset pembaruan itu ipang nggak?

    Reply
    • @Tasya :: Kalau sudah di upgrade ketika di factory reset, tidak akan hilang kok.

      Reply
  16. Mbak saya udah memperbarui sytem (758 mb) nya mbak tapi kenapa os nya masih kitkat

    Reply
    • @Raihan :: Kemungkinan besar update yang agan terima cuma memperbaiki bugs tertentu di Kitkat.

      Reply
  17. Mbak kalo hp Samsung j1 kan berkali” muncul diminta upgrade software. Kira” bahaya gk ya ke hp kalo di upgrade. ?

    Reply
    • @Kimwife :: Tidak bahaya kok, yang penting selama proses upgrade pastikan koneksi internet lancar dan stabil juga baterai penuh atau sebaiknya sambil di charge biar tidak kehabisan baterai waktu proses upgrade.

      Reply
  18. Kak. Barusan saya upgrade smsung j5 saya. Tpi setelah itu udh 4 jam nggak bsa hdup. Cma tulisan samsung yang kedip jedip. Itu gmna ya kak? Trus gmna cara atasinya kak?
    Please replay

    Reply
    • @Jmiftahul :: Coba masuk menu recovery mode terlebih dahulu lakukan wipe data dan cache untuk mengembalikan hp agan ke default setelan pabrik. Apabila setelah proses wipe data gagal masuk tetap bootloop kemungkinan besar harus di flash ulang menggunakan odin di komputer.

      Reply
      • Kalau hpnya gk bisa nyala gmn mau buka menu recovery mode mbak.
        Hp sy juga cuma ada tulisan samsung kedip2
        Mohon bantuannya

        Reply
        • @Fitrah :: yang sis alami adalah bootloop, solusinya mudah saja yakni flash ulang menggunakan odin di komputer.

          Reply
          • mbak hp saya juga bootloop tapi pas mau masuk ke recovery gak bisa…dan saya sudah flash ulang hp nya, juga tetap gak ngaruh sama sekali tetap kedip kedip pada logo hap nya. pliss bantuin dong….

          • @Ismail :: Apabila setelah di flash menggunakan stock rom masih juga tetap error, ada kemungkinan hardwarenya sudah bermasalah terutama di bagian eMMC

  19. Mbak klw lgi upgrade OS dan trjadi putus sambungan, apa bisa diulang lg?

    Reply
    • @Ony :: Biasanya harus mengulang dari awal kalau internet terputusa saat proses update.

      Reply
  20. Gan,factory resetnya itu setelah/sebelum upgrade android??

    Reply
    • @Yudha :: Sebaiknya dilakukan setelah melakukan OTA upgrade

      Reply
  21. Kak saya mau tanya , apakah upgrade dari Os Loli ke MM setelah upgrade data dan aplikasi yg ada di SD Card akan terhapus semua ?? Soalnya Kebanyakan kasusnya seperti ini. Saya mau upgrde jadi ragu kak. Trimakasih

    Reply
    • aSandy :: Apabila agan melakukan OTA Update atau pembaruan online langsung dari hp Android biasanya data akan tetap ada, tidak akan hilang. Berbeda jika melakukan proses flashing menggunakan komputer atau laptop, kebanyakan data memang akan hilang.

      Reply
  22. Berapa lama waktu untuk memperbarui perangkat lunak ???

    Reply
    • @Saadah :: lama tidaknya proses update Android secara online atau OTA Update tergantung kepada kecepatan koneksi internet dan besarnya file firmware.

      Reply
  23. Kalo vivo v3s versi jelly bean bisa di upgrade langsung jadi lollipop atau marsmellow gak kak?.. Plisbanget dijawab kak lagi butuh banget jawaban hehe

    Reply
    • @Ajeng :: sampai saat ini belum ada update firmware atau os terbaru.

      Reply
  24. Mba, aplikasi akan hilang ga? Klo upgrade versi hp android?

    Reply
    • @Nikita :: bila cuma melakukan proses upgrade secara ota langsung dari handphone tanpa menggunakan komputer, biasanya aplikasi akan tetap ada.

      Reply
  25. Kak mau nanya, jadi update sama upgrade beda ya?
    Hpku j2 dan sdh ada pemberitahuan software update. Aku udah coba 3 kali dan eror semua aku sampe putus asa. tapi tetep masih ada pemberitahuan update, kira kira knpa ya kaak?

    Reply
    • @Amira :: Apakah hp-nya sudah di root? error biasanya disebabkan karena hp telah di root. Namun apabila belum di root tapi tetap error, bisa jadi karena koneksi internet sis yang tidak stabil dan lambat sehingga file update nya tidak bisa di download dengan sempurna alhasil terjadi error, solusinya coba gunakan koneksi wifi terlebih dahulu. Penyebab lainnya adalah bisa disebabkan karena memori internal di hp Samsung sis penuh, coba hapus beberapa file atau aplikasi yang memang tidak terpakai.

      Reply
  26. Mbk hp saya j2 dan baru beli semnggu.tp langsung ada bacaan updet sofwert firmale.itu apa harus diperbaru apa dibiarkn saja.soalnya hp saya enak2 aja.tkutnya entr stlah diperbaru malh lemoot dan panas

    Reply
    • @Andik :: Apabila ada notifikasi untuk pembaruan firmware secara ota, agan bisa mengupdatenya ataupun tidak, semua terserah agan. Namun memang lebih disarankan di update saja.

      Reply
      • Lw diperbarui makan ram gk mbk?terus pernh kejadian gk lw sofwerr diperbarui hp tambh lemottt?terus saya mau nyk lg knp ya jika hp saya mati bukn drop mbk cmn lyrny aja hotspot yg disambng temen juga mati.uda saya otak atik dipengaturan tp hasil nihil

        Reply
        • @Andik :: OS baru bisa saja membuat hp Android agan menjadi lemot, apabila os tersebut membutuhkan ram yang lebih besar, dan juga os tersebut belum sempurna sehingga masih banyak celah atau kekurangannya. jadi sekali lagi, sebelum melakukan upgrade baca terlebih dahulu deskripsi atau keterangan dari upgrade tersebut.

          Reply
  27. Cuman meningkatkan pengunaan battrei dan keamanan aja mbk

    Reply
    • @Andik :: berarti cuma upgrade minor (kecil) saja, semua terserah agan mau di update atau tidaknya.

      Reply
      • 250 mb mbk.masak kecil?

        Reply
        • @Andik :: 250MB termasuk kecil, biasanya kalau full upgrade bisa sampai 1GB (1000MB) bahkan lebih.

          Reply
  28. Kak kalau di hp oppo neo 5 sering ada iklannya gtu suruh perbaharuan, kalau ngga du perbaharui masalah ngga? Di abaikan gtu

    Reply
    • @Zulq :: Engga di perbarui juga sebenarnya engga masalah kok, cuma mungkin akan terus muncul notifikasi pembaruan sistem.

      Reply
  29. Apakah nanti hilang aplikasinya Dan akun DLL? klau di perbarui di up Xiaomi

    Reply
    • @Faris :: Apabila melakukan OTA Update langsung dari hp Android agan secara online tidak akan menghapus aplikasi ataupun akun apapun.

      Reply
  30. Mbak hp saya j2 baru beli gitu,hehe trus langsung ada notifikasi pembaharuan perangkat lunak trus aku tekan aja tpi pertanyaannya kan hp aku marsmello kalau diupgrade jadi apa tpi klw aku lihat masih marsmellow?katanya ada efek negatifnya brp persen sih kak efek negatifnya meburut kakak…

    Reply
    • @Cinta :: Sebaiknya emang di update saja agar nantinya agar tidak terganggu dengan notifikasi pembaruan yang keluar terus menerus. Untuk efek, sebenarnya tergantung kepada user sendiri, tapi yang namanya pembaruan pasti ada kelebihannya dibandingkan dengan versi lama sebelum pembaruan.

      Reply
  31. Kak mau tanya hp saya ada pemberitahuan untuk update software baru hp saya samsung j3 2016 … Saya udhh download cuman masih ragu saya instal apa tdk … Lalu takutnya klu saya instal nanti hp nya bootloop …
    Solusi nya gmn kak
    Tolong d bls yah kak

    Reply
    • @Fitri :: Install saja tapi pastikan sambil di cas agar tidak kehabisan baterai, selain itu pastikan proses instalasinya lancar dan tanpa gangguan apapun.

      Reply
      • Instal software itu berapa lama kak?

        Reply
        • @Fitri :: apabila via komputer cuma butuh waktu beberapa menit (10-20 menit) tapi apabila lewat OTA Update tergantung kecepatan internet.

          Reply
  32. kak, proses upgradenya memang lama ya ?
    di hp aku muncul tulisan gini kak:
    ODIN MODE(MULTI CORE DOWNLOAD)
    PRODUCT NAME: SM-J11OG
    CURRENT BINARY; Samsung Official
    SYSTEM STATUS: Custom
    Secure Download: Enabled

    terus bermasalah gak kalo memory cardnya aku keluarin dari hp?

    Reply
    • @Cece :: Kalau muncul odin mode pastikan proses flash/upgradenya via Odin di komputer. Pastikan hp Samsung agan terdeteksi di Odin kemudian indikator upgradenya juga berjalan. Proses upgrade via odin tidak akan lebih dari 1 jam.

      Reply
  33. Mbak, di hp saya kadang muncul “sayangnya sistem upgrade telah terhenti” itu maksud nya apa ya ??

    Reply
    • @Jeonk :: maksudnya aplikasi untuk sistem upgrade di Android agan bermasalah, solusi coba lakukan proses flashing menggunakan stock rom.

      Reply
  34. saya mau perbarui tapi tulisannya “tidak ada update tersedia” itu kenapa ka? Pdahal android saya itu ice cream sandwich dan mau diupgrade ke jellybean.

    Reply
    • @Ty :: itu artinya belum ada update resmi dari vendor hp Android yang sis pakai.

      Reply
      • bak kalo perangkat lunak diperbarui bakaln pengaruh terhadap kapasitas ram gak?

        Reply
        • @Akhyar :: Sebenarnya proses upgrade atau update tidak akan mempengaruhi kapasitas ram kok. Mungkin yang akan sedikit berkurang adalah kapasitas ROM.

          Reply
          • saya pake j3 mbak.. ada pemberitahuan pembaruam fimeware kalo gak salah, menurut mbak mending diperbarui apa gimana?

          • @Akhyar :: sebaiknya emang diperbarui aja, tapi meskipun tidak diperbarui sebenarnya engga apa-apa juga sih.

  35. Mbak sya pke samsung j3..ad pembaruan software tu gman?ad efek sampingx g’ y menggangu soalx,trus ad tulisan upgrade malam harig mana solusinya?

    Reply
    • @Abyand :: Sebaiknya emang di upgrade saja tapi pastikan prosesnya jangan sampai terhambat, karena apabila mengalami gagal saat sedang proses upgrade nanti malah jadi bootloop.

      Reply
  36. Maaf mbak saya mau tanya, tadi saya bru selesai pembaruan sofware udah finish trus skrg hp saya gak bisa hidup ,,bisa hidup tapi dia cuma ada bacaan samsung aja,,gimana ya solusinya…

    Reply
    • @Desi :: harus di flash ulang menggunakan ODIN di komputer. Coba unduh dulu firmware untuk hp Samsung sis, lalu update pakai odin.

      Reply
  37. Mbk mau tanya saya pembaharuan tggl instak tp takut semua kintak data memo dll yg penting semua hilang gimana yah solusinya

    Reply
    • @Ema :: ota update tidak akan menghapus data kok, kecuali saat prosesnya terjadi error.

      Reply
  38. Nanti balik lagi dari awal tahh aplikasi nya d hapus semua berarti dan ngatur ulang lagi klok update OS nya tolong jwb

    Reply
    • @Prastyo :: kalau OTA Update biasanya tidak akan merubah aplikasi yang sudah ada, tetapi kalau update via PC semisal di flash biasanya memang akan kembali ke awal.

      Reply
  39. Mau tanya ,apasih kelebihan kalo versi android di upgrade ??

    Reply
    • @Tio :: Kelebihanya agan bisa mendapatkan fitur dan menu terbaru yang belum ada di versi sebelumnya.

      Reply
  40. Mbak..sampe brakali prangkat d perbaharuin

    Reply
    • @Hean :: Tidak tentu gan semua tergantung kepada vendor dari hp yang agan pakai tadi, tapi kalau misal agan menggunakan hp Xiaomi serta ROM Developer biasanya pembaruan perangkat bisa setiap minggu.

      Reply
  41. Mba, td kan saya mau update softwarenya. Krn cukup lama jd saya batalin, nah cara ngilangin notifikasi pembaruan softwarenya gimana ya?? Soalnya ada notifikasi ‘unduhan dijeda’

    Reply
    • @Ri28 :: Sebaiknya emang dilanjutkan saja untuk proses update softwarenya, untuk mencegah terjadinya masalah dikemudian hari. Pastikan koneksi internet stabil dan cepat saat mengunduh pembaruan firmware tersebut.

      Reply
  42. Hape saya samsung grand prime tetapi masih aja lolipop terus. Enggga ada updatean sama sekali, cuman ada pembaruan perangkat lunak.gimana y caranya supaya bisa ke marsmallow

    Reply
    • @Steven :: Kemungkinan belum ada upgrade resmi dari pihak Samsung-nya, atau agan bisa coba gunakan custom rom.

      Reply
  43. Sebelum di upgrade, hp gk lemot tapi setelah diupgrade hp jadi lemot gitu. Kadang pas bukak ig kelamaan macet kadang langsung terhenti gitu, bukak app juga lemot gitu. Kira2 itu gimana ya? Apa karena saya upgrade atau gmna?

    Reply
    • @Ayu :: Setelah melakukan proses upgrade sebaiknya reset ke setelan pabrik hp Androidnya.

      Reply
  44. Mbak saya mau tanya saya baru beli hp tp udah ada pemberitahuan pembaruan sistem,udh saya download tp blm sya instal.
    Kira” solusiny yg baik gmn ya ?kl sya instal ato ga di instal

    Reply
    • @Ponolagi :: sebaiknya di install aja pembaruan tersebut agar nantinya kinerja hp Android agan lebih maksimal.

      Reply
  45. Ahlan knal…… Hp saya oppo neo 5 (16 gb) trs saya upgrade ke lollipop, kk kadang kamera saya tidak bisa yhaa Dan setelah dimatikan Baru bisa. Dan musik saya gak Ada di aplikasi musik mlah Ada nya di play google musik. Itu gimana Yha? Tolong Bantu…..

    Reply
    • @Adan :: Apakah agan menggunakan rom resmi? Setelah proses upgrade sebaiknya lakukan proses reset ulang Android ke setelan pabrik. Untuk aplikasi pemutar musik memang Google Play Music saat ini sebagai default pemutarnya.

      Reply
  46. mbak mau nanya klo kita upgrade versi android trus hp nya kehabisan bateray efeknya apa terhadap ponselnya mbak tolong di jelaskan?

    Reply
    • @Hasim :: Apabila sedang proses upgrade lalu baterai habis biasanya nanti akan terjadi error seperti Bootloop/ tidak bisa masuk menu utama malah resikot terberat bisa membuat hp Android agan jadi matot.

      Reply
  47. Kenapa android j1 ace sm-j11og saya ga bisa upgrade ke lollipop
    Selalu terjadi kesalahan

    Reply
    • @Arya :: Upgrade via ota atau lewat Odin di komputer gan? apabila menggunakan ODIN pastikan firmware benar-benar sesuai dengan type hp agan.

      Reply
  48. update software di hp ngaruh ke sd card ngga ya?

    Reply
    • @Bela :: tidak, pengaruhnya ke kinerja sistem Android.

      Reply
  49. Kak,saya mau tanya..saya kn bru beli hp..trus saya upgrade..hbs di upgrade apliksi bbm saya sering error g bs buka..trus rotasi layarx g bs berputar..gmn kak solusix?

    Reply
    • @Ratno :: coba di reinstall aja dulu BBM-nya, hapus terlebih dahulu baru kemudian install lagi dari Google Playstore. Untuk rotasi layar coba masuk ke menu Pengaturan – Tampilan lalu di bagian bawah pada menu Saat perangkat diputar pilih putar konten layar.

      Reply
  50. Maaf kha aku mau tanya, hp aku kan j5 2016 selalu ada pemberitahuan SOFTWARE. Nah aku kan coba klik tuh untuk download pas aku lihat kelamaan jadi aku batalin. Itu ada masalah gk yah, atau cara ngilanginnya gimana soalnya ada tulisan unduhan dijeda diatas. Aku tkut hp aku nanti malah panas

    Reply
    • @Susilawati :: sebaiknya lanjutkan saja proses pembaruan software-nya namun pastikan koneksi internet stabil dan juga baterai penuh, saat proses upgrade sebaiknya jangan menggunakan hp tersebut.

      Reply
      • Kalo misalkan tidak dilanjutkan berbahaya atau tidak kha.

        Reply
        • @Susilawati :: Tidak, namun pastikan prosesnya lancar. Apabila terjadi kegagalan di tengah jalan (semisal karena baterai habis dll) kemungkinan nantinya harus di flash ulang menggunakan komputer. Yang penting pastikan prosesnya lancar tanpa kendala.

          Reply
  51. Mba hp saya j3 baru beli seminggu lebih, tapi setelah sesudah di nonaktifkan lalu di aktifkan malah jadi blank dan itu sering terjadi. Ada tampilan katanya proses sistem tidak menganggapi, jdi itu tuh gara gara apa ? Harus di upgrade sistem nya atau gimana ?
    Mohon di jawab ya mba

    Reply
    • @hernita :: Coba di flash ulang pakai ODIN menggunakan stock rom.

      Reply
  52. mbak yang saya sudah di upgrade malah muncul memulai android….membuka aplikasi…tapi lama banget,, gimana solusinya…hp sy samsung j2

    Reply
    • @Asep :: Loading pertama kali sehabis di upgrade memang agak lama bisa sampai setengah jam.

      Reply
  53. Mbak siti syarah, 2hari lalu sy upgrade software 6.0 ke 6.0.1 oiya hp sy samsung galaxi A5 tp setelah itu hp jd cepet panas n baterai cpt abis. Gmn solusinya, mbak?

    Reply
    • @Novie :: Apabila sudah di update sebaiknya langsung di factory default terlebih dahulu agar kinerjanya lebih fresh.

      Reply
      • Jadi skrg yg harus sy lakukan factory reset ya mbak? Kalo udah factory reset os nya tetep marsmallow ato sebelumnya?

        Reply
        • @Novie :: Tetap marshmallow kok tidak akan akan kembali ke OS semula.

          Reply
  54. Hay mbak 😁 Andoid saya kit kat 4.4.4 Sekarang udah 5.0.2 Namun :”( Aplikasi play strorr,you tube dan game online tak bisa di jalan kan Gmana ya biar bisa Di jalan kan kembali ?

    Reply
    • @Muhammad :: Agan sudah coba untuk reset ulang Android ke setelan pabrik terlebih dahulu? Apabila nanti masih tetap error, silahkan install Gapps via recovery mode.

      Reply
      • Hadew mbak downloa nya di mana play sore juga gak bisa 😂 Trus di mana

        Reply
        • @Muhammad :: Untuk Gapps agan bisa download dari opengapps.org pilih sesuai dengan kebutuhan agan, apakah mau gapps versi Lite ataupun full. untuk versi Lite hanya aplikasi Google yang penting saja seperti Playstore, Youtube dll. Jangan lupa installnya via recovery mode.

          Reply
  55. Malam mbak
    Saya barusan beli hape Lenovo P780

    Apabila saya upgrade
    Games dan beserta isinya di memori internal akan terhapus ?
    Dan apabila di upgrade, perubahan di ram ada gak mbak
    Semakin besar ram nya atau sama aja mbak ?

    Reply
    • @Eko :: Apabila agan melakukan OTA update maka game dan aplikasi tetap ada tidak akan terhapus. Penggunaan RAM sebenarnya tergantung kepada banyak tidaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

      Reply
  56. Kak aku mau tanya kalo hp samsung j1 2016 perlu gk di upgrade soalnya di hp ku sudah ada pemberitahuan untuk di download perangkat gitu… aku takut kallo hp ku di upgrade nyar hasilnya errir malahan… gimana solusinya??

    Reply
    • @AKhna :: Sebaiknya di upgrade saja agar kinerjanya lebih maksimal dan sis bisa mendapatkan fitur terbaru.

      Reply
  57. mbak cara mengetahui apakah hp bisa atau tidak di upgrade ke os android terbaru gimana? apa semua hp android bs d upgrade?

    Reply
    • @Tri :: Bisa tidaknya hp Android di upgrade tergantung kepada vendor pembuat hp tersebut. Biasanya hp Android high end akan mendapatkan upgrade ke Android terbaru semisal marshmallow atau nougat tapi untuk hp Android biasa jarang sekali mendapatkan upgrade resmi.

      Reply
  58. kalo hp android yg tidk mndptkn upgrade resmi apa bs d upgrade manual dg komputer? apa bkl ada dampaknya ? tengkyuu

    Reply
    • @Tri :: Apabila tidak mendapatkan upgrade resmi sebenarnya masih bisa menggunakan custom rom tapi tentu kinerjanya tidak akan maksimal dan sempurna seperti halnya rom resmi dari vendor. Salah satu kelemahan menggunakan custom rom adalah rawan error dan bahkan apabila prosesnya tidak lancar bisa menyebabkan bootloop atau tidak bisa masuk ke menu utama.

      Reply
  59. Ada solusi ngga ka buat galaxy mega 5.8 versi jellybean untuk upgrade… soalnya dari hpnya ngga ada pembaruan lagi

    Reply
    • @Yudaaappr :: agan bisa coba menggunakan custom rom semisal cm13 atau cm14 yang cocok untuk Galaxy Mega milik agan.

      Reply
  60. Mbk hp sya j7 2016, setelah d Prbaharui sofware ko jd panas dn Agak boros batre ya? Trus mengembalikan sprti semulaNya gmna? Apakah d flas

    Reply
    • @Puji :: Setelah selesai di perbarui sebaiknya di factory default aja agar kinerjanya lebih stabil.

      Reply
  61. Mbak, zenfone 2 laser ze550kl saya udah upgrade dari lolipop ke marshmallow versi terakhir. Tapi batterynya jadi super boros, sebelum upgrade sehari cas sekali, setelah up ke MM sehari bisa 3 kali cas. Sy jg sdh factory reset sampai 2 kali, tapi tetap boros parah.

    Reply
    • @Dvid :: Agan bisa coba downgrade aja kembali ke Lollipop tapi harus pakai komputer untuk proses downgradenya.

      Reply
  62. Trims, tutorial yg aman untuk downgrade gimn mbak ?

    Reply
    • @Dvid :: Untuk tutorial lengkap cara downgrade agan bisa cari di forum khusus pengguna Asus biar lebih jelas dan tepat asus.com/zentalk/

      Reply
  63. Mba saya dpt pemberitahuan update perangkat lunak untuk ke versi j500GXXU1BPI2 di samsung j5. Itu maksudnya apa ya mbak? Klo kita download apa bisa bikin data2nya keformat awalan lagi. Mohon bantuannya mbak

    Reply
    • @Christ :: itu untuk OTA Update, biasanya pembaruan online secara ota tidak akan menghapus data, tapi untuk berjaga-jaga sebaiknya di backup aja dulu seluruh data di hp agan ke komputer.

      Reply
  64. Permisi numpang tnya..
    Hp sy samsung galaxy prime..
    Kmrin upgrade dari kitkat ke lolipop di service resmi..
    Yg jd pertanyaan apakah ada efek dr upgrde ke kamera..??

    Karena untuk selfie hasil gambarnya jelek sprrti kualitas VGA..
    Terima kasih

    Reply
    • @Pram :: apakah agan sudah coba dulu untuk factory default setelah selesai melakukan proses upgrade? Ada kemungkinan di firmware terbaru tersebut masuk ada bug atau masalah seperti yang agan hadapi.

      Reply
  65. Maaf mbak siti. Kemarin saya memperbarui perangkat lunak,tapi ko gak berubah versinya mbak.
    Sekian

    Reply
    • @Riki :: Kemungkinan pembaruannya cuma sekedar memperbaiki error atau bug yang sering muncul, jadi cuma update kecil saja.

      Reply
  66. kak, kalo di factory reset itu apa data2 nya bisa hilang? terus gimana caranya ngereset?

    Reply
  67. Mbak mau tanya kalau cuma update software apa wajib reset ke setelan pabrik hp androidnya?

    Reply
    • @Nabda :: Apabila cuma update kecil tidak diharuskan untuk reset ke setelan pabrik, tapi kalau melakukan upgrade misal dari Lollipop ke Marshmallow atau Nougat sebaiknya memang lakukan proses reset ke setelan pabrik agar kinerja lebih maksimal dan fresh kembali.

      Reply
  68. Sorry mbak mau tanya, saat di upgrade itu data bakal hilang gak mbak? Gimana dengan yang di kartu sd juga?

    Reply
    • @Kiran :: apabila OTA Update biasanya data tidak akan hilang kecuali jika di flash via komputer, data akan hilang karena itulah sebelum melakukan proses upgrade sebaiknya backup data terlebih dahulu.

      Reply
  69. Saya mau upgrade, tapi apa data seperti obrolan bbm akan terhapus?

    Reply
    • @Dery :: kalau cuma upgrade BBM atau melakukan OTA Update Android, tidak akan menghapus riwayat percakapan BBM, kecuali jika hp agan di flash via komputer.

      Reply
  70. Sis, butuh informasi nih..
    Hv saya samsung j1 ace j111f minta pembaruan software.
    Ukuran data nya 36.mb
    Apakah perlu di perbarui?
    Ada efek negatif nya gak?
    Terima kasih.

    Reply
    • @Heri :: sebaiknya diperbarui saja agar kinerjanya lebih maksimal.

      Reply
      • Kak mau tanya .. J5 2016 . Sejak dr beli sampai sekarang tdak prnah saya lakukan ugrade. Sampai2 sinyal saya hilang tanpa gejala dan sampai sekarang . Kmudian saya coba connectkan dengan wifi dan ada pmbaharuan tetapi ukuran upgrade nya hmpir 1 gb . Apabila saya uograde bisa membenah i sinyal nya itu

        Reply
        • @Pandhu :: Sebaiknya di upgrade saja agar agan bisa mendapatkan kinerja yang lebih baik dan stabil.

          Reply
  71. kak mau tanya dong, kalo update software itu bakal ngehapus foto foto dan aplikasi yang udah terinstall ga sih?

    Reply
    • @Juni :: Apabila cuma OTA Update tidak akan menghapus aplikasi atau foto kok, kecuali apabila sis melakukan updatenya via flashing di komputer.

      Reply
  72. Tanya nihh sis ..
    Ada dampak negatif nya ga sihh klo update OS ke yg lebih baru ??

    Reply
    • @Aguero :: Dampaknya terkadang baru dirasakan saat sudah melakukan proses update. Tapi jangan khawatir keuntungan update OS Android lebih besar dibandingkan dengan dampak negatif.

      Reply
      • Jika d upgrade batrainya nya cepet habis..pa nggak

        Reply
        • @Abdil :: tergantung kepada pembaruan tersebut, apabila optimal atau stabil biasanya justru akan membuat baterai lebih awet.

          Reply
  73. Mau tanya mb syarah..
    Sy hbs beli samsung galaxy note 3 dari korea,, tapi bahasa nya inggris..
    Sy cari di pengaturan buat ganti ke bahasa indonesia tp gak ada,,

    adakah cara lain untuk bisa di ganti ke bahasa indonesia mb?
    makasih

    Reply
    • @Hamzah :: Flash ulang hp Samsungnya menggunakan stock rom untuk regional Indonesia.

      Reply
  74. Mba, kalo setelah update/upgrade android terus kameranya jadi kekuningan gimana ya mbak solusinya kira2?:(

    Reply
    • @Mayu :: coba di test aja dulu pakai aplikasi kamera lain apakah normal atau tidak? apabila tetap bermasalah tidak ada jalan kecuali sis harus melakukan proses downgrade ke stock rom lama.

      Reply
  75. Mba hp saya kan samsung grand prime, nah saya bru versi kitkat trus klo mau di upgrade ke Marshmallow, itu kira kira ngga lambat kan? Dan kira kira berpa MB ?

    Reply
    • @Sriani :: Kemungkinan untuk bisa upgrade ke Marshmallow harus menggunakan custom rom tapi cukup beresiko.

      Reply
  76. Mba saya abis upgrade perangkat lunak software ukuran 253mb apa perlu di reset factory?

    Reply
    • @Kevin :: agar kinerja hp Android lebih maksimal dan fresh sebaiknya setelah proses upgrade dilakukan factory default saja.

      Reply
  77. Saya baru beli hp baru ko langsung ada pembaruan software

    Reply
    • @Fadillaj :: itu normal kok, sebaiknya di update saja agar kinerjanya lebih maksimal.

      Reply
  78. Mba di hp aku ad pemberitahuan perbarui perangkat lunak.. baiknya gimana yah? Soalnya aku takut liat coment yang lain.. aku takut hp nya kenapa napa lagi nanti

    Reply
    • @Sinta :: sebenarnya gpp kok kalau di perbarui, namun pastikan saat sedang memperbarui perangkat, baterai jangan sampai habis (sebaiknya sambil di cas saja) selain itu jangan pernah mematikan hp atau restart hp saat sedang proses pembaruan.

      Reply
  79. Mlm kak siti . hp saya lenovo s920 ram 1GB . klau msuk ke pngturan ada system ugrade apak hrus di upgrade . ??

    Reply
    • @Santana :: Sebaiknya memang di upgrade agar nanti kinerja hp Android agan lebih maksimal.

      Reply
  80. Hallo mbak, apa benar bila kita update sofware android nanti berdampak bagi kamera/ngerusak performa hp kita?kyak contohnya hasil potret kamera jadi burem, trs hp namti bakalan lemot gitu bener ga sih mbak, terimakasih..

    Reply
    • @Puspita :: tidak juga, malah sebaliknya setelah update nanti kinerjanya lebih maksimal apalagi jika sis melakukan update resmi dari vendor hp tersebut.

      Reply
  81. Mba hp saya xiaomi redmi note 4. Kalo gk di upgrade os nya kira2 gpp kah? Soalnya kalo di upgrade nnti akun mi nya terkunci lg. Daan sayaa gak taau akun mi nyaa apa. Gimanaaa solusinya?

    Reply
    • @Isva :: apabila agan lupa akun Mi yang aktif di Xiaomi tersebut sebaiknya jangan lakukan proses upgrade ataupun reset ulang Android karena nanti akan diminta untuk masuk/ login menggunakan akun Mi tersebut.

      Reply
  82. Mbak ada pembaruan sistem di oppo, apakah data datanya seperti akun, bbm, instagram, facebook akan hilang??

    Reply
    • @Rio :: Apabila proses pembaruannya lancar, maka data akun BBM, IG tidak akan hilang kok.

      Reply
  83. Hallo mbak sarah…
    Hp ku samsung galaxy A5 2016 Ram 2GB. Di hp ku ada pemberitahuan pembaruan perangkat lunak software ukuran 1gb lebih, menurut mbak perlu di upgrade ga yaa… Karena takut knp2 , katanya bisa pengaruh ke kamera dan suara . tnx.

    Reply
    • @Zakia :: Sebaiknya memang update saja, namun pastikan prosesnya berjalan lancar tanpa kendala termasuk koneksi internet yang stabil.

      Reply
  84. Permisi mau nanya, apa yang kita dapat dari pembaruan software/perangkat lunak? Saya memperbarui software ukuran 170 MB, apakah itu sudah termasuk ganti versi android dari lolipop ke marshmellow? Lalu syarat2 nya apa saja supaya pembaruan tsb berjalan lancar? Terimakasih.

    Reply
    • @Fridha :: Apabila ukurannya updatenya kecil biasanya tidak akan merubah dari Lollipop ke Marshmallow, cuma perbaikan bug saja.

      Reply
  85. Mba hp samsung j5 2016 saya minta pembaruan apakah itu hrs diperbaharui apa tidak ukuran 300mb

    Reply
    • @Mahmur :: sebaiknya perbarui aja gan, agar kinerjanya nanti lebih stabil.

      Reply
  86. Mbak Kalo dari Samsung j5 yang udah marshmallow 6.0.1 di software upgrade lagi bisa nggak? dan semua aplikasinya terhapus nggak?

    Reply
    • @The Mask :: kalau memang ada update resmi dari Samsung, memang sebaiknya di update aja.

      Reply
  87. Mbak hp aq samsung j7 prime ada pemberitahuan pembaruhan os dr masmellow k nougat apa berdampak buruk dng hp saya??

    Reply
    • @Ardizen :: Apabila sudah ada upgrade resmi sebaiknya memang di upgrade saja ke Nougat.

      Reply
  88. Assalamualaikum mbak, mau tanya.. kan saya baru2 ini upgrade OS ke Nougat krna ada pembaruan resmi dari Hpnya sendiri, tapi sya merasa ada brpa hal yg agak lambat loading nya,, itu gmna ya mbak kira2? kalau saya reset ke setelan pabrik apa data2 saya tdk akan terhapus?? Mohon bantuannya mbak ,makasih…

    Reply
    • @Andinirmawati :: Data yang ada di memori internal Android akan terhapus apabila sis melakukan factory reset. Agar tidak hilang sebaiknya di backup aja dulu ke PC. Setelah melakukan proses upgrade memang sebaiknya dilakukan proses reset ulang ke setelan pabrik agar kinerjanya lebih maksimal

      Reply
  89. Gan kok hp saya mental mulus main mobile legends,crisis action,di hp asus zenfone 5 T00J,apa karena versi android nya masih jelly bean,kasih solusihnya

    Reply
    • @Henock :: kemungkinan spesifikasi hp agan seperti RAM, GPU kurang mendukung untuk memainkan game tersebut.

      Reply
  90. Mbk j7 prime saya setelah pembaharuan sistem kok malah ada yg eror. Waktu dicharge 3jam da penuh sekarang hampir 4 jam blm penuh di indicator batre prosentase 88% naik ke 92 lama sekali malah sdh 92% turun lagi ke 88%. Padahal pake charge ori.

    Reply
    • @Frederika :: Agar kinerjanya lebih maksimal setelah melakukan upgrade sistem Android, sebaiknya hp Android agan di reset ulang ke setelan pabrik.

      Reply
  91. @ mba Siti saya mau tanya… waktu HP saya note 5 di upgrade kok data picture pada hilang semua??? mohon infonya

    Reply
    • @Warsyamsir :: Upgradenya via Ota atau lewat PC semisal pakai ODIN? kemungkinan saat proses upgrade terjadi masalah sehingga akhirnya ada sebagian data yang hilang.

      Reply
  92. Min kalo kembali lagi ke update sebelumnya gimana

    Reply
    • @Wahyu :: di downgrade menggunakan PC gan menggunakan stock rom.

      Reply
  93. Punyaku udah nouget… kalo upgrade lagi jadi apa buk?

    Reply
    • @Laureteux :: Android Oreo

      Reply
  94. Mf mau tnya mba, klau stelah di upgrade, pengaturan bhasa bisa nambah kh? Soalny di samsung j2 prime tidak ada bhs arab.. klau saya upgrade, bisa nambah kh bhs nya?

    Reply
    • @Nita :: Bisa, tapi harus memilih firmware dengan region bahasa yang diinginkan tersebut.

      Reply
  95. Mau tanya mbak,,pada hp samsung j 2 prime ada permintaan untuk upgrade sofware,,tapi tidak dilakukan upgrade (diabaikan) bisa membuat hp rusak apa tidak .Terimakasih

    Reply
    • @Sri :: tidak, upgrade itu bersifat opsional bisa dilakukan atau tidak.

      Reply
  96. Bener kah kalo upgrade samsung bisa d lakukan tiap malam dan bisa bikin hp awet?

    Reply
    • @Rafie :: Upgrade biasanya dilakukan secara berkala, tidak tiap hari.

      Reply
      • Mantap hasilnya…Thx

        Reply
  97. Kak mau tanya ,setelah di update apakah sinyal masi tetap atau lebih Bagus, misalnya 3G ke 4G

    Reply
    • @Aldi :: proses update tidak akan bisa merubah hp 3G menjadi 4G kok gan.

      Reply
  98. Hp sy Lenovo a7000,ada notifikasi utk pembaruan sistem ke marshmellow sebesar 1340mb.apakah upgrade sebesar 1340mb itu memakan memori internal?

    Reply
    • @Hari Murti :: Ya, benar sekali pembaruan sistem akan memakan memori internal system.

      Reply
  99. kalo nggak di update bisakan gan??

    Reply
    • @Andre :: Bisa kok gan, tapi emang disarankan kalau ada update terbaru sebaiknya di update saja.

      Reply
  100. Mbak klo upgrade os apakah bisa nambah ram hp?

    Reply
    • @Syahrul :: Tidak gan.

      Reply
  101. Kalau Sofware update gimana lumayan besar juga sekitar 400MB
    Apakah applikasi data akan hilang dan sound suaranya jdi hilang juga saat nelvon dan dengar musik
    Mohon pencerahannya

    Reply
    • @Franto :: Apabila proses update berjalan normal, biasanya tidak akan timbul masalah apapun.

      Reply
      • Kak ini lohh mau nannya kan hp asus saya ini os nya itu kitkat,tpi anehnya itu malah lag hp saya kak,nah kalo awal beli ituu ga ad lag sedikitpun udh gitu lancarjaya tiba ad notif disuruh pembaruan saya ikutin tpi malah lag kak,hmm kenapa yaa kak? Ad solusi? Atoo kalo kita turunin versi nya apa bisa kembali seperti awal beli lgi? Saya user asus zenfone 5,saya mau naikin os malah fail kak,jdi gimana ya kak?

        Reply
        • @Tecky :: Sebelum di downgrade, agan bisa coba dulu untuk melakukan factory default atau reset ke setelan pabrik terlebih dahulu.

          Reply
  102. Kaka aku mau tanya kalau mau perbarui hp android itu biasa nya menghabiskan berapa MB

    Reply
    • @Ivan :: tergantung besar kecilnya ukuran update tersebut, ada yang hanya cuma 100MB atau lebih, bisa juga mencapai 1GB.

      Reply
  103. ka saya mau Bertanya? saya Skrg pakai Samsung Note 8 dan saya Waktu b eli bulan desember di Gerai Samsung dan dia memberi tahukan saya… jika jika nanti Note 8 sudah resmi Update OREO di harapkan datang ke CS Samsung untuk di Upgrade… dan katanya jangan coba2 Update sendiri Nantinya Bisa mati total… dan saya mau Bertanya Sebahaya itu kah OREO?

    Reply
    • @Lucky :: Sebenarnya apabila agan hati-hati dan teliti dalam melakukan OTA Update, pasti akan berjalan normal kok.

      Reply
  104. Kalo samsung tab a6 7″ update software ukuran nya 180 mb. Ada kekurangan gak setelah di update seperti kamera burem , baterai boros, suara speaker kecil

    Reply
    • @Deede :: Bila ukuran updatenya kecil biasanya hanya memperbaiki masalah minor atau kecil ajan gan.

      Reply
  105. mbk klo versi android 7.0
    versi samsung experience 8.1
    itu ada informasi update prangkat lunak sebesar 356MB
    kendala hpe tidak ada..
    apakah sebaiknya diupgrade atau tidak yaa… trims`

    Reply
    • @Dimas :: Sebaiknya memang di perbarui saja ke versi terbaru gan.

      Reply
  106. Mba mau tanya saya upgrade Android 8.0 versi samsung experience 9.0 tapi knapa batrei saya sekarang jd boros

    Reply
    • @Shanie :: bila mbak melakukan OTA Update sebaiknya coba di factory default aja dulu hp Androidnya agar kinerjanya lebih maksimal setelah di update.

      Reply
  107. Ka
    kalau sudah di upgred memori esternalnya membesarga? Di hp samsung j3_16

    Reply
    • @Toenk :: Proses upgrade ataupun update tidak akan memperbesar memori internal apalagi eksternal gan.

      Reply
      • Kak, apakah hp yg sudah pernah diroot tidak bisa melakukan upgrade sistem.

        Reply
        • @Abdillah :: bila hp Android sudah di root sebaiknya lakukan upgrade sistem menggunakan PC, jangan lakukan OTA Update karena akan error.

          Reply
  108. Ka hp saya j320G 2016 kalo di upgred bagus nyh ke versi apa ya yang sekarang lolipop nih

    Reply
    • @Dadan :: Sebaiknya nunggu upgrade resmi dari Samsung aja, cek di menu ota update. Hindari menggunakan custom rom yang kadang tidak stabil kinerjanya.

      Reply
  109. Ka hp saya resmi 5 biasa ada notif pembaruan , kalo saya perbarui apa aplikasi yg saya install bakal terhapus ngga?

    Reply
    • @Irfan :: Kalau ota update, aplikasi yang sudah di install tidak akan hilang kok.

      Reply
  110. Siang kak..kenapa hp saya setelah diperbaharui perangkat lunaknya suara jadi kecil..kamera jadi blurr,trus gimana caranya supaya kembali normal

    Reply
    • @Asep :: Coba di factory default dulu, apabila nanti tetap error ada kemungkinan harus di downgrade gan.

      Reply
  111. Maaf mbk siti boleh tnya gak? Sya kan skrg baru stengah bulan pake redmi S2. Stiap kali hidup paket pasti di menu setting ada ada angka satu merah stlah sya tekan ternyata pemberithuan yg mmbwa sya ke tentang ponsel. Stlah itu sya tekan lagi ternyta pmbaruan sistem mbk. Apakah hp nya mnyruh upgrade ke miu10 ya soalnya skrg sy pke miu9. Mhn jwbnnya. Dan apkh perlu sya upgrade lago dan apakah jg tdk ada efek smping apapun di hp sya. Trimkash sblmnya

    Reply
    • @Zulkifli :: Sebaiknya coba aja lakukan ota update, agar nanti kinerjanya lebih meningkat.

      Reply
  112. Admin ny mantab ini semua pertanyaan dpt jawaban. Sip..

    Reply
  113. maaf mbak kalo misalnya nya pembaruan sistem apakah memory akan bertambah??soalnya hp ku Lenovo k4 note memory saya aslinya 16 GB tapi saya cuma dapat 10 GB itu gimana ya mbak

    Reply
    • @Adhan :: itu artinya hp Android agan dalam hal ini Lenovo K4 Note tersebut, memorinya di share atau berbagi dengan system Android sehingga akhirnya tersisa cuma 10GB untuk penyimpanan data. Meskipun dilakukan pembaruan, tetap saja nanti memori yang bisa digunakan hanya 10GB tidak murni 16GB.

      Reply

Leave a Reply