Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Inilah Cara Menambah Memori Internal di Android

Memiliki hp Android dengan memori internal kecil memang seringkali membuat kita kecewa dan makan hati, bagaimana tidak pas mau install aplikasi dan game yang ukurannya besar, pasti deh muncul error memori tidak cukup hapus beberapa data padahal masih banyak sisa memori di SD Card. Masalah Android memori tidak cukup disebabkan karena memori internal hp kamu emang sudah penuh.

Apabila memori internal cepat penuh, apakah kita bisa memperbesar memori internal di Android? Jawabannya tentu saja bisa, di Android terbaru yakni Android 6.0 Marshmallow kita bisa menambah kapasitas memori internal dengan menggunakan SD Card, sehingga nantinya kamu tidak akan lagi mengalami masalah memori tidak cukup di Android.

Untuk menjadikan SD Card sebagai memori internal, syarat utamanya adalah hp kamu sudah menggunakan Android 6.0 Marshmallow. Pertama masuk ke menu Setelan – Penyimpanan dan USB kemudian sentuh pada SD Card yang akan dijadikan sebagai memori internal Android.

memperbesar memori internal Android

Pada detail SD Card sentuh menu di pojok kanan atas pilih Setelan – Format sebagai Internal

menambah memori internal Android marshmallow

Perlu diingat bahwa dengan melakukan format SD Card maka seluruh data di kartu memori kamu akan hilang mulai dari koleksi foto selfie sampai data lainnya, karena itulah sebelum melakukan format pastikan kamu sudah melakukan backup terlebih dahulu semua data yang ada di kartu SD. Saat semuanya sudah siap, kamu tinggal pilih Hapus dan Format, lalu tunggu beberapa saat sampai SD Card kamu selesai diformat menjadi memori internal.

cara menambah memori internal android

Setelah selesai melakukan format SD Card sebagai memori internal, kamu bisa mulai memindahkan aplikasi ke internal memori (SD Card) dengan memilih opsi pindahkan sekarang.

cara memperbesar memori internal android

Akhirnya kini kamu telah sukses menambah atau memperbesar memori internal Android dengan mudah dan cepat tanpa harus menggunakan aplikasi apapun, namun sebelumnya pastikan bahwa kamu sudah menggunakan Android 6.0 Marshmallow.

11 comments

    1. @Agustyo :: Pastikan agan sudah menggunakan Android Marshmallow di handphonenya, bukan Lollipop ataupun Kitkat

  1. Ngga keluar pilihan “format as internal” hp saya lg magna h502f dan sudah sy pastikan klo androidnya marshmallow. Gimana ya caranya ? Mohon bantuannya

    1. @Tiya :: Apabila tidak ada pilihan format as internal kemungkinan besar fitur tersebut memang tidak ada di versi firmware untuk hp Android agan.

      1. Memang setiap handphone beda2.ada yang dilock dari pengembangnya..harus menggunakan adb toll dahulu say sudah cb dengan asus z2 laser dan berhasil

  2. Gan makasih byk infonya. Sudh berhasil. Mau nnya, kalau sewaktu2 memori eksternalnya dicabut nt apakah aplikasi foto dsb akan otomatis pindah ke memori internal bawaan atau akan hilang? Trs kalau nantinya sy mau ganti memory card bagaimana? Trims…

    1. @Nndaaa :: Apabila memori eksternal dicabut nanti aplikasi otomatis tidak bisa dijalankan alias hilang.

    1. @Kent :: Kemungkinan sd cardnya bermasalah, coba di formas dulu via komputer setelah itu baru dicoba kembali untuk format sebagai memori internal di Android Marshmallow, Nougat dan Android yang lebih anyar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *