Apa Beda Android TV dan Smart TV

Bicara tentang perbedaan antara smart TV dan Android TV tidak jauh berbeda seperti kita membandingkan smartphone dan hp Android. Intinya semua sudah tahu bahwa smartphone belum tentu Android karena ada juga yang bersistem operasi iOS seperti iPhone, sedangkan hp Android sudah pasti termasuk ke dalam kelompok smartphone atau ponsel pintar.

Dari perbedaan tersebut kita bisa ambil kesimpulan singkat bahwa smartphone adalah fisiknya sedangkan Android adalah sistem operasi yang ada di smartphone tersebut. Tak jauh berbeda antara smart TV dan Android TV. Bila kita bicara tentang wujudnya pasti akan tertuju pada smart TV yakni sebuah televisi pintar yang memiliki banyak fitur dibandingkan TV biasa.

Sedangkan Android TV adalah sistem operasi yang bisa digunakan di sebuah smart TV. Dengan menggunakan sistem operasi Android TV di sebuah televisi pintar maka nantinya menu dan fitur TV tersebut tidak jauh berbeda seperti sebuah smartphone.

Dengan menggunakan Android TV kamu bisa memanfaatkan dan menggunakan semua fitur yang ada di Android seperti halnya di smartphone. Sebagai contoh mengakses Youtube, fitur Oke Google, bermain game yang sudah support Android TV bahkan memakai aplikasi meeting agar kita bisa melakukan pertemuan secara online.

beda smart tv dan android tv

Namun, saat kamu memakai smart TV yang tidak dilengkapi dengan sistem operasi Android maka fitur yang ada di televisi tersebut tidak akan selengkap seperti kita memakai Android TV. Fitur dan menunya hanya default dari vendor televisi tersebut, sebagai pengguna kita akan sulit bahkan tidak bisa menambahkan aplikasi dan game lain.

Lalu, mana yang harus kita pilih? tentu saja agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal pilihlah smart TV yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi Android. Saat kamu memutuskan ingin membeli sebuah smart TV, teliti dan baca kembali apakah televisi pintar dilengkapi dengan sistem operasi Android atau tidak.

Memilih sebuah Smart TV yang dilengkapi sistem operasi Android akan memberikan nilai tambah karena nantinya kita bisa melengkapi TV tersebut dengan berbagai macam aplikasi maupun game lain yang ada di Google Play Store, tentunya dengan syarat aplikasi tersebut telah mendukung Android TV.

Saat ini harga sebuah smart TV dengan sistem operasi Android sudah sangat terjangkau, dengan harga 3 jutaan bahkan kurang kita sudah mendapatkan sebuah televisi pintar yang kemampuannya tidak jauh berbeda seperti sebuah smartphone.

Leave a Reply