Apa itu iPhone Refurbished atau Rekondisi?

Pernahkan kamu terheran-heran ketika akan membeli sebuah iPhone baru secara online harganya jauh lebih murah dibandingkan jika beli di toko biasa? Namun dalam deskripsi iPhone tersebut tertulis iPhone refurbished? Apa sih refurbished atau rekondisi iPhone itu? Apakah aman untuk digunakan terus bagaimana dengan kinerjanya apakah sama dengan iPhone original?

iPhone refurbished atau rekondisi adalah iPhone yang pernah beredar di pasaran baik pernah dipakai oleh seseorang ataupun iPhone yang belum pernah dipakai namun ternyata ada cacat produksi lalu diperbaiki sehingga menjadi iPhone baru kembali. Tidak semua iPhone refurbished atau rekondisi itu jelek dan tidak berkualitas, karena di pasaran saat ini ada dua jenis iPhone refurbished yakni yang resmi dari Apple dan yang tidak resmi alias iPhone rekondisi (refurbished) lokal.

Emang ada iPhone refurbished resmi dari Apple? Jawabannya tentu saja ada. Produk refurbished resmi ini berasal dari iPhone bekas dipakai oleh pengguna yang ditarik oleh Apple, bisa disebabkan karena iPhone tersebut mengalami cacat produksi, ataupun bisa karena hasil klaim garansi oleh pengguna sebelumnya.

Nah, setelah Apple menarik kembali iPhone bekas yang digaransikan oleh pengguna, kemudian iPhone tersebut diperbaiki, disempurnakan kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih murah namun tentunya Apple membedakan atau memberi label bahwa iPhone tersebut merupakan hasil refurbished atau istilahnya Apple Certified Pre-Owned.

Apakah aman menggunakan iPhone refurbished resmi dari Apple? Tentu saja sangat aman karena dijamin oleh Apple dan bahkan diberi garansi selama 1 tahun semenjak iPhone refurbished  tersebut diaktivasi. So, bila kamu menginginkan sebuah iPhone baru dengan harga yang lebih murah maka iPhone refurbished  bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu.

Apa sih ciri iPhone refurbished resmi dari Apple? Cirinya cukup mudah yakni cukup dilihat di dus iPhone tersebut akan tertera label bertuliskan Apple Certified Pre-Owned seperti dibawah ini.

Apa itu iPhone Refurbished

Selain itu iPhone refurbished resmi dikemas dengan sangat rapi, memiliki garansi selama 1 tahun yang bisa di cek di https://selfsolve.apple.com dan aksesories pendukung seperti headset, charger juga merupakan original Apple. Satu lagi, iPhone rekondisi resmi biasanya 2 generasi dibelakang iPhone terbaru yang saat ini beredar. Semisal di tahun 2015 ini beredar iPhone 6 maka iPhone refurbished resmi Apple yang beredar adalah iPhone 5.

Lalu bagaimana dengan iPhone rekondisi/ refurbished tidak resmi? Nah, untuk yang satu ini sebaiknya hindari membeli iPhone rekondisi tidak resmi karena kualitasnya tidak terjamin. Ciri-ciri dari iPhone rekondisi tidak resmi adalah kualitas barangnya tidak sempurna, charger, headset dan aksesories lainnya tidak original, dijual dengan harga yang jauh lebih murah, di dus pembelian dianggap sebagai iPhone yang benar-benar baru tidak ada keterangan hasil refurbished, tidak ada garansi dari Apple karena pas di cek di https://selfsolve.apple.com garansinya sudah habis.

So, kesimpulannya jika kamu akan membeli sebuah iPhone baru dan menemukan harga yang lebih murah kemudian di dusnya tertera tulisan Apple Certified Pre-Owned berarti itu merupakan iPhone resmi dari Apple meskipun dalam kondisi refurbished, kualitasnya terjamin dan memiliki garansi resmi Apple selama 1 tahun. Bila tidak ada tulisan Apple Certified Pre-Owned  dan harga iPhone baru tersebut sangat murah, maka sebaiknya hindari membeli iPhone tersebut karena bisa saja merupakan iPhone rekondisi tidak resmi, dan bahkan mungkin iPhone replika.

Leave a Reply