Cara Backup Kontak Android dengan Mudah dan Cepat

Apa yang harus dilakukan ketika kamu membeli hp Android baru? Satu yang terpenting adalah melakukan backup kontak alias phonebook dari hp lama lalu memindahkan kontak tersebut ke hp Android Baru. Selain phonebook, beberapa hal penting lainnya yang harus dilakukan ketika menggunakan hp baru adalah melakukan backup kontak BBM sehingga nantinya kamu masih tetap bisa berkomunikasi dengan teman BBM lama, juga jangan lupa untuk melakukan backup aplikasi Android agar kamu tidak harus download ulang seluruh aplikasi dan game dari playstore yang akan menguras kuota internet Android kamu.

Untuk melakukan backup kontak Android atau Phonebook caranya tidaklah terlalu sulit hanya membutuhkan beberapa langkah kecil. Pertama tentu saja masuk ke menu Phonebook, lalu sentuh tombol menu yang ada di kanan atas seperti pada contoh, lalu pilih Ekspor/Import

cara backup kontak android

Sentuh pada Eksport ke Penyimpanan yang artinya kamu akan menyimpan seluruh kontak dalam bentuk file VCF ke media penyimpanan (SD Card atau memori telepon), setelah selesai proses backup, kamu akan melihat lokasi dari file backup kontak kamu tersebut dalam contoh file backupnya bernama 00003.vcf yang ada di SD Card Internal Android.

backup kontak android

Cara diatas adalah cara manual untuk melakukan backup, nah bila kamu ingin melakukan cara backup otomatis kontak Android adalah dengan menyimpannya di akun gmail, masuk ke menu Setelan – Akun – Google

cara backup kontak otomatis android

Pilih akun kamu, selanjutnya aktifkan sinkronisasi Kontak. Ini artinya kontak di Android kamu akan disinkronisasi ke server.

cara sinkronisasi kontak di android

Setelah melakukan backup, kini bagaimana caranya untuk proses restore ke hp Android baru? Ada dua cara untuk melakukan proses restore yaitu cara manual, yakni masuk kembali ke menu phonebook seperti diatas, tapi kali ini pilih Impor dari Penyimpanan, tunggu beberapa saat sampai Android kamu mendeteksi secara otomatis backup kontak yang telah dibuat, lalu pilih Import satu vcard untuk memulai merestore kontak di Android.

restore kontak di android

Selain restore kontak manual, kamu juga bisa melakukan restore otomatis, caranya kamu cukup menggunakan akun gmail yang sama di hp baru dengan akun yang dipakai di hp lama. Sehingga nantinya proses sinkronisasi akan menggunakan email yang sama.

Leave a Reply