Apa Manfaat OTG di Android

Salah satu fitur hp Android yang sangat bermanfaat namun seringkali luput dari perhatian adalah USB OTG, dimana dengan fitur ini kita bisa membaca data di sebuah flashdisk atau hardisk eksternal tanpa harus menggunakan komputer tapi bisa langsung menggunakan hp Android. Namun, fitur OTG ini kalah populer dibandingkan dengan kamera dan bahkan fingerprint sekalipun.

Ketika akan membeli sebuah hp Android, orang lebih penasaran dengan berapa megapiksel kameranya, berapa kapasitas memori internal sampai seberapa besar RAM tanpa bertanya apakah hp Android tersebut support OTG atau tidak. Padahal, dengan adanya fitur OTG di Android maka kita bisa terhindar dari masalah memori internal Android penuh karena secara berkala kita bisa melakukan backup dan memindahkan data dari memori internal ke sebuah flashdisk ataupun hardisk eksternal tanpa harus lagi menggunakan PC atau laptop.

Manfaat HP Support OTG

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan apabila ponsel Android kita support USB OTG yang utama dan pertama adalah tentu saja proses transfer atau memindahkan data dari hp Android ke Flashdisk bisa dilakukan dengan mudah dan cepat harus menggunakan komputer lagi. Cukup sambungkan sebuah Flashdisk OTG ke ponsel kita, maka otomatis kita bisa langsung memindahkan data dari hp ke flashdisk tersebut ataupun sebaliknya.

manfaat hp support otg

Kedua, manfaat kabel OTG adalah kita bisa menyambungkan sebuah Game Controllers ke ponsel Android sehingga bermain game lebih asik seperti layaknya bermain PS3 ataupun Xbox. Tak hanya game controller bahkan kita juga bisa menggunakan mouse dan keyboard USB sehingga bisa lebih cepat mengetik dan membuat laporan seperti yang kita lakukan di komputer.

Cara Menggunakan Flashdisk OTG Pada Android

Bila kamu ingin menggunakan sebuah flashdisk OTG di Android caranya tidaklah terlalu sulit, karena kamu bisa langsung mengkoneksikan Flashdisk OTG tersebut ke port USB di Android kamu. Nanti secara otomatis Android akan mendeteksi flashdisk OTG tersebut.

Saat pertama kali menyambungkan sebuah flashdisk OTG ke Android kamu bisa melihat notifikasi bahwa Drive USB sudah tersambung ke hp Android. Selanjutnya dengan menggunakan file manager kamu bisa mengakses semua data yang ada di flashdisk OTG tersebut.

Cara Menggunakan Flashdisk OTG Pada Android

Kamu bisa langsung melakukan backup atau memindahkan data seperti foto ataupun dokumen lainnya dari memori internal Android ke flashdisk OTG tersebut agar nantinya ponsel Android kamu tidak mengalami masalah memori internal penuh.

Cara Eject OTG di HP Android

Sebelum kamu mencabut USB OTG dari ponsel Android sebaiknya lakukan dulu proses eject OTG agar nantinya tidak terjadi masalah atau error pada flashdisk OTG tersebut. Cara eject OTG Di Android pertama masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Penyimpanan dan USB dibagian bawah kamu bisa melihat Drive USB, pilih icon eject agar kamu bisa melepaskan flahsdisk OTG tersebut dengan aman

Cara Eject OTG di HP Android

Itulah beberapa manfaat USB OTG di Android lengkap dengan cara menggunakan flashdisk OTG yang akan membuat kamu lebih mengenal dan bisa memanfaatkan fitur OTG di Android.

Leave a Reply