Perbedaan Memori Internal dan Eksternal

Membeli sebuah ponsel Android dengan memori internal yang cukup besar semisal 32GB atau 64GB tentunya akan membuat kamu lebih leluasa dalam menggunakan berbagai fitur di Android, leluasa mengambil foto dengan kualitas terbaik sampai menginstall berbagai macam aplikasi dan game berukuran besar tanpa harus takut kehabisan memori internal.

Beberapa tahun ke belakang sebuah hp Android dengan memori internal 8GB mungkin sudah dianggap mencukupi namun seiring dengan semakin besarnya megapiksel kamera di Android, ukuran aplikasi dan game yang makin besar, kini hp Android rata-rata sudah dilengkapi dengan memori internal 32GB dan 64GB.

Untuk kamu yang ingin mengganti hp Android lama tentu pernah merasa bingung dengan istilah memori internal dan eksternal di Android, sebenarnya apa sih perbedaan di antara keduanya? Kenapa kedua hal tersebut sangat penting saat memilih sebuah ponsel Android?

Secara singkat memori internal di Android adalah memori bawaan ponsel Android tersebut. Jika kamu membeli sebuah ponsel yang dilengkapi dengan memori internal 16GB, itu artinya kamu akan mendapatkan media penyimpanan sebesar kurang lebih lebih 16GB sebelum dikurangi dengan memori sistem Android. Dalam prakteknya memang memori internal sebesar 16GB tidak semuanya bisa digunakan untuk menyimpan file, karena sebagian digunakan untuk sistem Android.

beda memori eksternal dan internal di android

Memori internal di Android biasanya banyak digunakan untuk instalasi aplikasi dan game Android, kenapa? karena kecepatan akses dari memori internal ini lebih cepat dibandingkan dengan memori eksternal. Tak mengherankan bila kamu sering banget menemukan sebuah aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke SD Card, karena memang bila dijalankan dari memori eksternal dalam hal ini SD Card, nantinya aplikasi tersebut tidak akan berjalan dengan stabil dan maksimal.

Sedangkan memori eksternal adalah media penyimpanan tambahan yang bisa kamu gunakan di Android. Ada berbagai macam memori eksternal namun yang paling umum adalah SD Card atau lebih sering disebut kartu memori. Bila kamu memiliki sebuah ponsel Android dengan memori internal kecil semisal cuma 8GB, maka kamu bisa memperbesar media penyimpanan di Android dengan memasang sebuah memori eksternal semisal micro SD, sehingga nantinya kamu bisa terhindar dari error memori internal Android penuh yang sering terjadi pada hp Android.

perbedaan memori internal dan eksternal di android

Selain SD Card, memori eksternal Android lain juga bisa berupa perangkat USB OTG seperti flashdisk ataupun hardisk biasa. Kamu bisa simak apa itu USB OTG di Android untuk lebih mengenal mengenai fungsi dan manfaatnya, sehingga nantinya kamu bisa menambah kapasitas memori eksternal di hp Android.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest