Cara Menggunakan OTG di Android Tanpa Root

Handphone Android terbaru saat ini selain dilengkapi dengan prosesor dan ram besar, dukungan koneksi 4G/LTE juga satu hal yang sangat penting adalah telah mendukung fitur USB OTG alias On The Go. Dengan menggunakan fitur OTG di Android ini maka kamu bisa dengan mudah memindahkan foto ataupun file lainnnya dari laptop ke Android ataupun ke handphone lainnya tanpa harus menggunakan kabel data dan tidak harus menggunakan wifi.

Apabila kamu baru menggunakan sebuah hp Android yang sudah support OTG tentu saja masih penasaran bagaimana dan apa itu OTG Android itu? Semisal kita ingin memindahkan data dari flashdisk ke Android tanpa harus lewat komputer terlebih dahulu tapi langsung menggunakan OTG. Seperti kita ketahui sama seperti USB di Komputer, maka di OTG pun ada berbagai macam mulai dari OTG yang berbentuk flashdisk, OTG yang berfungsi sebagai card reader juga tentu saja ada juga sebagai connector untuk flashdisk.

cara menggunakan otg di Android

Untuk menggunakan OTG di Android semisal di Samsung, Oppo ataupun Androidnya lainnya seperti Infinix dan Asus sangatlah mudah, kamu hanya perlu langsung menyambungkan sebuah device OTG ke port micro usb atau charger yang ada di hp Android kamu. Seperti dalam contoh kita menyambungkan card reader otg ke sebuah hp Android.

Apabila kamu menggunakan file manager seperti ES Pengelola File maka biasanya secara otomatis akan muncul pilihan untuk langsung membuka usb OTG tersebut atau kamu juga bisa menggunakan File Manager bawaan hp Android kamu untuk melihat seluruh file yang ada di Penyimpanan USB OTG tersebut.

cara otg di android tanpa root

Sama seperti kita menggunakan USB di komputer atau laptop, maka ketika akan melepaskan USB OTG tersebut jangan lupa untuk memilihnya dari menu Pengaturan – Penyimpanan lalu Lepas Penyimpanan USB agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan berbagai macam file yang ada di usb OTG tersebut.

cara lepas otg android agar aman

Bagaimana cukup mudah bukan untuk menggunakan USB On The Go di Android? Dengan menggunakan OTG maka kini kamu bisa dengan mudah memindahkan sebuah file dari dan ke hp Android kamu tanpa lagi bantuan komputer. Selain menggunakan OTG, kamu juga bisa Kirim File Lewat Wifi di Android yang tentunya memiliki beberapa kelebihan karena semua hp Android sudah dilengkapi dengan fitur Wifi.

 

One Response to “Cara Menggunakan OTG di Android Tanpa Root”
  1. Dadan Hermansah 20/06/2016

Leave a Reply