Apa Manfaat Versi Android

Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan saat kita akan membeli sebuah smartphone Android terbaru mulai dari ukuran layar, prosesor dan GPU yang digunakan, besarnya memori internal dan RAM, kualitas kamera baik depan dan belakang terutama bagi mereka yang senang foto selfie sampai versi Android yang dipakai di smartphone tersebut. Kenapa poin terakhir yakni versi OS Android harus menjadi pertimbangan? Sebenarnya apa sih manfaat utama dari versi Android tersebut?

Memiliki sebuah smartphone Android terbaru dengan spesifikasi tinggi tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri namun apa jadinya bila smartphone tersebut masih pakai sistem operasi Android versi lama alias jadul seperti Lollipop dan bahkan Kitkat? Sebenarnya tidak ada yang salah bila smartphone yang kita pakai masih menggunakan versi Android Kitkat atau Lollipop karena akan tetap bisa berfungsi dengan baik entah itu untuk nelpon, sms, kirim email sampai komunikasi lewat WA juga akses sosmed seperti Instagram dan FB.

manfaat versi android terbaru

Namun, perlu diingat saat kita memakai versi Android paling anyar maka sudah bisa dipastikan akan mendapatkan berbagai macam fitur dan menu terbaru yang tidak ada di Android versi jadul. Manfaat versi Android adalah agar smartphone baru kita dengan spesifikasi yang tinggi bisa bekerja dengan maksimal berkat adanya fitur teranyar yang telah disematkan di sistem operasi tersebut.

Sebagai contoh nyata, ketika kita akan memodifikasi berbagai menu Android di versi lama (Kitkat atau Gingerbread) mungkin saja membutuhkan aplikasi tambahan dari pihak ketiga untuk proses modifikasi tersebut. Berbeda halnya apabila kita sudah pakai Android versi paling baru entah itu Android Pie atau Nougat, dimana modifikasi bisa dilakukan tanpa lagi harus pakai aplikasi tambahan karena sudah merupakan fitur bawaan atau default dari versi Android tersebut.

Jadi ketika kamu bertanya apa sih manfaat versi Android Oreo, Nougat atau Pie tersebut? Jawabannya jelas bukan hanya sekedar tampilan dan nama saja, tapi berhubungan dengan berbagai fitur dan menu teranyar yang ada di setiap versi Android tersebut. Dengan memakai dan mengoperasikan OS terbaru Android, maka kita bisa memaksimalkan kinerja smartphone sesuai dengan spesifikasinya. 

Selain itu bagi mereka yang sering bermain game online seperti Mobile Legends, AOV sampai PUBG dan Fortnite tentu akan sangat menyadari bahwa memakai versi Android paling baru akan membuat performa game yang dimainkan menjadi lebih stabil dibandingkan saat pakai versi lama. Bahkan tak sedikit game dan aplikasi yang hanya bisa di install di Android paling baru dan tidak bisa digunakan di Android versi jadul seperti Gingerbread, ICS dan Kitkat.

Lalu bagaimana bila saat ini kamu masih pakai Android Kitkat apakah bisa di update ke Nougat atau Android Pie? Jawabannya tentu saja, namun semuanya tergantung kepada vendor yang mengeluarkan hp tersebut. Biar tidak penasaran kamu bisa simakĀ handphone Android yang selalu dapat Update sehingga bisa menjadi pijakan dan pertimbangan saat kamu memutuskan untuk membeli sebuah smartphone baru menggantikan hp jadul kamu saat ini.

Kini kamu sedikitnya sudah paham dan mengetahui apa sebenarnya manfaat dari versi Android di smartphone. Mengoperasikan sistem operasi Android terbaru ternyata memberikan banyak sekali manfaat sehingga smartphone yang kita pakai bisa bekerja lebih maksimal tanpa disertai dengan berbagai masalah.

Leave a Reply