Apa OTG atau USB On The Go Itu?

Saat kamu membeli Android seperti Sony xPeria Z, Samsung Galaxy S4, Galaxy Note 3 ataupun LG Optimus G2 satu fitur yang seringkali dijadikan andalan oleh penjual agar pembeli tertarik adalah fitur OTG atau USB On The Go? Apa sebenarnya OTG itu, apa manfaatnya? Dan apakah semua hp Android memiliki fitur OTG ini?

USB On The Go atau seringkali disingkat OTG secara singkat bisa dikatakan sebagai sebuah fitur dari smartphone, dimana dengan fitur OTG ini kita bisa dengan melakukan transfer data (copy filem, lagu, foto dan file lainnya) dari flashdisk atau peringkat USB lainnya ke smartphone kita. Kamu pasti pernah kan, memindahkan atau copy file (foto atau video) dari USB ke hp Android kamu? Untuk memindahkan file dari USB ke hp Android kita, kita harus pakai laptop atau komputer kan?

Manfaat OTG Android

Nah dengan fitur teknologi USB On The Go ini, copy atau memindahkan data (foto, video) dari flashdisk ke hp Android bisa dilakukan tanpa harus menggunakan komputer atau laptop, keren bukan? Secara singkatnya kita bisa copy lagu, foto dari flashdisk ke hp Android secara langsung tanpa komputer.

Fungsi OTG Android

Lho kan di hp Android tidak ada colokan sebesar colokan USB seperti di laptop atau komputer? Terus bagaimana dong menyambungkan flashdisk ke hp Androidnya? Untuk mencolokan sebuah USB ke hp Android kamu membutuhkan sebuah kabel OTG, mudah bukan? Lalu apakah hanya flashdisk saja yang bisa disambungkan ke hp Android via OTG? Untuk kamu ketahui, tidak hanya FD yang bisa kita sambungkan ke hp Android, tapi perangkat USB lainnya, seperti mouse, keyboard dan berbagai perangkat USB lainnya.

apa otg android itu

Apakah semua hp Android memiliki fitur USB On The Go? Jawabnya, tidak semua hp Android memiliki fitur OTG ini. Fitur OTG hanya tersedia di hp Android kelas atas seperti Galaxy S4, Galaxy Note 4, Sony xPeria Z, Google Nexus 5. So, apakah kamu tertarik dengan fitur OTG ini?

Leave a Reply