Cara Memberi Password pada Aplikasi Android Lollipop

Kesal karena teman selalu saja membuka foto, file dan filem koleksi kamu di Android? Sudah saatnya melindungi berbagai data penting dan aplikasi di Android kamu dari orang-orang yang tidak berhak untuk membuka atau mengakses file dan aplikasi tersebut. Cara terbaik melindungi aplikasi Android adalah dengan memberi password pada aplikasi Android tersebut. Bagaimana caranya? Simak tips singkat berikut ini, perlu diingat tips ini tidak hanya untuk Android Lollipop tapi juga untuk Android lainnya semisal ICS, Jelly Bean ataupun Android Kitkat.

Secara default Android tidak dilengkapi fitur untuk memberi password pada aplikasi atau game, karena itulah kita membutuhkan sebuah aplikasi khusus yang fungsinya untuk melindungi aplikasi Android dengan password. Dalam contoh kali ini kita akan menggunakan SmartLock sebuah aplikasi sudang di download jutaan kali di Playstore. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Google Play Store secara gratis.

Cara memberi password pada aplikasi Android

 

Setelah Smartlock berhasil di install, selanjutnya jalankan aplikasi ini. Pada saat pertama kali dijalankan aplikasi ini sudah menggunakan password, cukup masukan 7777 sebagai password seperti yang tercantum di hint aplikasi ini. Untuk menambahkan aplikasi yang ingin pakai password, tekan tombol Plus (+)

memberi password game Android

 

Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin kamu lindungi pakai password, misalkan dalam contoh kita pilih aplikasi AutoText Keren dan BBM.

Memberi password game COC Android

 

Agar lebih mantap, aktifkan mode fake, ini gunakan untuk mengelabui teman kamu. Mode ini akan menampilkan seolah-olah aplikasi tersebut error, padahal sebenarnya tidak.

Memberi Password gam LGR

 

Kita test password yang telah kita buat, pertama kita jalankan aplikasi AutoText Keren yang merupakan aplikasi autoteks terbaru untuk Android. Ketika pertama kali menjalankan aplikasi akan muncul seperti kode error seperti pada gambar. Jangan khawatir aplikasi tersebut tidak benar-benar error, untuk membuka aplikasi tersebut cukup tekan tombol OK beberapa detik, sehingga nantinya akan muncul area untuk memasukan password. Masukan password dengan benar untuk membuka aplikasi ini. Keren bukan?

Setelah tahu cara memberi password pada aplikasi Android, sekarang kita mencoba mengganti password standard 7777 menjadi password yang sesuai dengan keinginan kamu. Masuk ke menu Setting di SmartLock.

aplikasi password android

 

Pada Type Pengunci pilih Password (angka)  atau pilih sesuai dengan keinginan kamu. Selanjutnya masukan password sesuai dengan kemauan pada area yang tersedia.

Kini, aplikasi Android kamupun akan bebas dan tidak akan bisa dibuka oleh teman atau pacar kamu. Itulah cara memberi password pada game dan aplikasi Android, tips ini tidak hanya untuk Android Lollipop tapi untuk Android type lainnya.

Leave a Reply