Apa Penyebab Android Lemot dan Lambat

Apakah kamu menggunakan Zenfone 2 atau Android One dari Nexian dan kinerjanya terasa lambat padahal kamu baru membeli handphone tersebut sekitar beberapa minggu yang lalu? Dengan hp Android yang lemot dan lambat tentu saja membuat kita merasa jenuh dan tidak nyaman saat menggunakannya untuk chatting di BBM, Line, bermain game ataupun update media sosial. Bila kamu penasaran apa sih penyebab Android lelet dan lambat? Simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

Pertama penyebab Android lemot adalah terlalu banyak aplikasi dan game yang kamu install dan jarang dipakai. Seperti kita ketahui semakin banyak game dan aplikasi Android maka tentu saja akan memperbesar penggunaan cache dan ruang penyimpanan Android, itu artinya suatu saat Android kamu akan semakin melambat dan lelet. Kamu bisa ikuti Cara Hapus Aplikasi Android dengan cepat dan aman yang akan membantu kamu mengatasi masalah Android lemot.

banyak aplikasi penyebab android lemot

Kedua sebab Android lambat adalah banyaknya Cache dari Aplikasi dan game yang kamu jalankan di Android kamu. Sebagai informasi, ketika kamu menjalankan sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut secara otomatis menghasilkan cache yang tujuannya agar aplikasi tersebut bisa berjalan dengan lebih cepat. Semakin hari, cache-cache dari aplikasi ini akan semakin besar dan akhirnya akan membuat Android menjadi makin lemot. Untuk hapus cache di Android secara total, masuk ke ke menu Setelan –  Penyimpanan lalu pilih Data dalam Cache.

hapus cache android agar tidak lemot

Terlalu banyak widget di homescreen atau layar awal Android kamu. Memiliki banyak widget seperti cuaca, memang asik dan membuat Android kamu kelihatan rame, tapi ternyata semakin banyak widget yang terpasang di Android, akan membuat kinerja Android semakin lambat. Karena itulah sebaiknya hapus widget yang tidak terpakai agar Android kamu kembali bekerja dengan cepat dan normal.

delete widget android agar tidak lelet

Handphone Android kamu memiliki RAM 2GB, tapi kenapa kok cepat habis RAM-nya? Nah, salah satu penyebab RAM Android cepat habis dan hanya tersisa sedikit bisa disebabkan karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersama-sama. Karena itulah sebaiknya kamu rajin menutup atau close aplikasi yang tidak terpakai.

ram android cepat habis dan lemot

Memakai gambar animasi atau Live wallpaper di Android kamu memang asik dan menyenangkan karena kamu bisa melihat wallpaper kamu bergerak-gerak seperti riak air ataupun seperti ikan di akuarium, tapi tahukah kamu bahwa menggunakan gambar animasi justru akan membuat Android semakin lembat. Tak hanya itu gambar animasi juga bisa membuat baterai Android cepat habis.

gambar animasi penyebab android lemot

Itulah beberapa penyebab utama Android lelet dan lambat. Agar kinerja Android kamu cepat dan responsif sebaiknya hindari hal-hal diatas atau bisa juga kamu pakai aplikasi agar Android tidak lelet yang akan membantu kamu untuk mengoptimalkan kinerja Android kamu.

Leave a Reply