Beda Kuota Utama dan Kuota Aplikasi

Memilih paket internet yang murah, cepat dan kuota melimpah adalah dambaan semua orang. Tak heran bila kemudian operator saling bersaing menawarkan berbagai macam paket internet dengan harga murah. Namun, sebelumnya kamu wajib tahu beda kuota utama dan kuota aplikasi, biar tidak salah beli paket internet.

Melihat harga paket internet murah dengan harga 50K dapat 35GB, kamu langsung membelinya. Karena kurang teliti, ternyata paket tersebut hanya memiliki kuota utama 5GB sisanya adalah kuota aplikasi. Lho kok bisa?

Beda Kuota Utama dan Kuota Aplikasi

Kuota utama adalah kuota yang bisa digunakan untuk mengakses internet secara full tanpa dibatasi oleh aplikasi apapun.

Dengan kuota utama kamu bisa mengakses Youtube, WhatsApp, Instagram, semua game dan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Secara singkat kuota utama bisa kamu gunakan secara bebas untuk aplikasi apapun!

Berbeda dengan kuota aplikasi, kuota ini hanya bisa digunakan untuk aplikasi tertentu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlalu. Biasanya operator akan memberikan keterangan yang jelas, aplikasi apa saja yang bisa menggunakan kuota aplikasi tersebut.

Contoh kuota aplikasi Youtube, nantinya hanya bisa digunakan untuk mengakses Youtube saja, tidak bisa dipakai aplikasi lain. Jangan heran bila kuota aplikasi Youtube kamu masih banyak yakni 50GB, tapi kuota utama sudah habis, maka kamu tidak bisa kirim pesan WhatsApp atau mengakses Instagram.

Kenapa ada kuota aplikasi? Semua ini tidak lain untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen. Banyak pengguna smartphone yang hanya menggunakan WhatsApp saja, sehingga yang mereka butuhkan cuma akses internet untuk WA saja. Maka kemudian muncullah pilihan paket internet kuota aplikasi khusus WhatsApp.

Beda Kuota Utama dan Lokal

Selain kuota aplikasi, ada juga kuota lokal. Untuk kamu pengguna Telkomsel, tentu saja tidak asing lagi dengan istilah kuota lokal ini. Apa sebenarnya kuota lokal itu?

Kuota lokal adalah kuota yang hanya bisa digunakan di kota sesuai dengan area sim card tersebut dikeluarkan. Di paket penjualan, pasti kamu melihat area Bandung, Jakarta atau daerah lainnya yang menandakan bahwa sim card tersebut diperuntukan untuk area tersebut.

Apabila kamu membeli sim card dengan area Jawa Barat, maka nantinya kuota lokal hanya bisa digunakan saat kamu berada di wilayah Jawa Barat. Ketika kamu berada di luar pulau Jawa, maka kuota lokal tidak akan bisa digunakan.

Leave a Reply