Apa TWRP di Android

Setiap hp Android selalu dilengkapi dengan menu recovery mode yang sangat berguna ketika handphone yang kamu gunakan tersebut mengalami masalah dan tidak bisa masuk ke menu utama atau istilah kerennya tidak bisa boot. Ketika kamu lupa pola atau passcode di Android atau saat akan menyalakan hp Android namun yang muncul adalah cuma logo lalu restart kembali secara terus menerus, maka solusi tercepat adalah kamu bisa melakukan proses format data dan cache via menu recovery mode di Android.

Secara default menu recovery mode bawaan Android bisa diakses dengan menekan tombol power bersamaan dengan volume atas atau bawah, nantinya kamu bisa langsung melihat berbagai macam pilihan di menu recovery tersebut. Agar tidak bingung, kamu bisa simak terlebih dahulu apa fungsi recovery mode di Android agar memiliki gambaran jelas tentang cara kerja dan manfaat yang bisa kita peroleh ketika mengakses mode recovery di Android.

apa itu twrp di android

Mode Recovery memang sudah tersedia di semua hp Android karena fungsinya yang cukup penting, akan tetapi tampilan menu di recovery bawaan Android tersebut sangatlah terbatas. Seperti terlihat pada gambar diatas, hanya ada beberapa menu penting saja seperti update baik via zip file yang sudah tersimpan sebelumnya di kartu SD atau lewat ADB, wipe data dan cache untuk proses factory reset. Untuk mengatasi masalah ringan seperti lupa pola, biasanya memilih opsi wipe data dan cache sudah cukup untuk mengembalikan hp Android ke setelan pabrik.

Namun, tentu saja bagi kamu yang ingin mendapatkan menu yang lebih lengkap seperti kemampuan untuk menginstall custom rom maka recovery mode bawaan Android tidaklah cukup. Sebagai alternatifnya maka kemudian muncul custom recovery mode seperti CWM dan TWRP. Popularitas TWRP saat ini lebih tak bisa dipungkiri lebih unggul dan banyak digunakan dibandingkan CWM, karena tampilan TWRP yang mudah dan bisa diakses seperti layaknya kita mengakses menu Android biasa tanpa harus lagi memakai tombol volume dan power. 

Apa sebenarnya TWRP di Android? Nah, bagi yang kamu sudah lama sering memakai custom rom tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah TWRP yakni custom recovery yang dibuat oleh Team Win. Singkatan TWRP sendiri adalah Team Win Recovery Project yang akan memberikan kamu menu custom recovery yang super lengkap. Tak hanya mampu melakukan proses wipe data dan cache, di TWRP kita bisa mengakses berbagai macam menu yang sangat berguna seperti melakukan proses backup dan restore ketika kita salah menginstall sebuah ROM,  mudah untuk gonta ganti ROM lewat menu Install, sampai restart handphone Android ke mode fastboot ataupun Adb Sideload. 

fungsi twrp di android

Ada banyak cara untuk menginstall custom recovery seperti TWRP baik langsung lewat menu di Android dengan menginstall aplikasi official TWRP App dari Google Play Store, tentu saja pastikan sebelumnya hp Android kamu sudah di root terlebih dahulu. Cara ini merupakan cara yang paling mudah karena tidak lagi memerlukan komputer atau pc untuk proses instalasinya.

cara install twrp tanpa root dan pc

Cara lain untuk install TWRP adalah mode fastboot dan memakai program seperti Flashtool di komputer. Jangan khawatir meskipun handphone kamu belum di root, kamu bisa langsung install TWRP via Flashtool atau mode Fastboot. Namun tentunya pastikan terlebih dahulu dengan teliti bahwa TWRP yang akan install benar-benar cocok untuk type hp Android kamu karena jika tidak sesuai, kemungkinan besar kamu malah tidak akan lagi bisa mengakses menu recovery.

Setelah berhasil menginstall TWRP di Android maka kini kamu bisa mulai install custom rom via menu Install bahkan bila hp Android kamu sebelumnya belum di root kamu juga bisa melakukan proses rooting Android lewat TWRP ini.

Leave a Reply