Baca Dulu Ini Sebelum Beli iPhone Dual Sim

Saat Apple secara resmi mengeluarkan iPhone dengan dukungan dual sim, banyak pengguna iPhone menyambut gembira karena sudah sangat lama fitur ini dinantikan terutama oleh mereka yang terbiasa memakai dua kartu sim untuk kepentingan yang berbeda. Dengan adanya iPhone dual SIM maka kita tidak lagi harus pakai dua buah handphone cukup pakai iPhone saja, lebih praktis dan tidak harus ribet. 

Tapi jangan terlanjur gembira karena ternyata dual sim yang diterapkan di iPhone terbaru tersebut berbeda dengan hp Android dual sim yang sudah kita kenal selama ini. Di Android, sudah umum HP dual sim bisa langsung menggunakan dua buah kartu dari beberapa operator yang berbeda. Nah, berbeda dengan iPhone ternyata dual sim terdiri dari Nano SIM Card dan e-Sim. Bila kamu baru mendengar kata eSIM ada baiknya simak terlebih dahulu apakah eSIM di iPhone Xs Max itu? Agar lebih paham perbedaannya dengan sim card biasa.

iPhone yang bisa pakai dua kartu

Pernahkah kamu bertanya iPhone apa yang sudah dual sim? Apakah iPhone X atau iPhone 7? Secara resmi Apple merilis 3 seri iPhone terbaru yang sudah mendukung fitur dual sim ini yakni iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. Di luar ketiga ini tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa iPhone tersebut belum mendukung fitur simcard ganda. Jadi sekali lagi, bila kamu ingin fitur dual sim pastikan memiliki type Xs, Xr dan Xs Max.

Apakah iPhone dual sim bisa dipakai di Indonesia?Inilah pertanyaan yang sangat penting sebelum kamu memutuskan membeli iPhone dengan fitur sim ganda. Hanya iPhone Xs Max dan iPhone Xr yang dijual di daratan Tiongkok, Hong Kong, dan Macau yang sudah memiliki  fitur SIM Ganda untuk dua kartu nano-SIM sedangkan untuk versi Global tentu saja dual simnya terdiri dari Nano SIM dan eSIM. Jadi ketika kamu membeli sebuah iPhone kamu harus memastikan bahwa iPhone tersebut versi Global atau bukan? Agar bisa langsung menggunakan dua buah sim card, tentu saja harus membeli versi yang dijual di Tiongkok, Hong Kong, atau Macau.

Lalu bagaimana bila kamu terlanjur membeli iPhone dual SIM versi global yang terdiri dari Nano Sim dan eSIM? Jangan khawatir, kamu tetap bisa memakai iPhone tersebut memakai satu kartu sim baik itu dari Telkomsel, XL, Kartu Tri ataupun Indosat akan tetapi tentu saja fitur eSIM yang satunya tidak akan bisa diaktifkan karena sampai tulisan ini dibuat, belum ada satu operatorpun di Indonesia yang mendukung eSIM. Kalau begitu tetap saja dong kita cuma pakai satu kartu sim? Yups benar sekali, karena itulah sebaiknya belilah iPhone dua sim yang terdiri dari dua buah nano sim card.

apakah iPhone dual sim bisa dipakai di Indonesia

iPhone Dual Sim baik itu iPhone Xs Max atau Xr sudah didukung oleh teknologi DSDS atau Dual SIM Dual Standby itu artinya setiap nomor yang dipakai di iPhone tersebut keduanya selalu aktif, bisa dipakai nelpon atau menerima telpon. Akan tetapi ketika sebuah nomor dalam mode telpon dan ada telepon lain yang masuk ke nomor kedua, maka otomatis panggilan terakhir akan dialihkan ke voicemail di iPhone. Begitu juga dengan penggunaan data seluler atau koneksi internet hanya satu nomor yang bisa diaktifkan untuk akses data. 

Setelah menggunakan iPhone dengan dua buah nomor apakah kita juga bisa pakai aplikasi ganda seperti WhatsApp atau Line? Tentu saja tidak bisa, meski menggunakan fitur dual sim card, kamu tetap hanya bisa memakai satu nomor untuk dipakai di WhatsApp karena di iPhone sendiri belum ada fitur aplikasi ganda seperti halnya di Android. Tidak jauh berbeda dengan fitur Facetime dan iMessage di iPhone, kamu tidak bisa menggunakan dua nomor sekaligus, hanya satu nomor saja yang bisa diaktifkan dan dipakai di iMessage atau Facetime.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest