Apakah Root Menghilangkan Data

Pertanyaan sederhana yang seringkali dilontarkan oleh mereka yang belum pernah sekalipun melakukan proses root Android adalah apakah root akan menghapus data yang ada di hp Android kita? Banyak yang merasa takut apabila melakukan proses root tiba-tiba saja seluruh data akan terhapus mulai dari phonebook, file lainnya sampai dengan kontak BBM dan WhatsApp.

Tenang saja, apabila kamu melakukan proses root dengan benar dan berhasil, maka root tidak akan menghilangkan data apapun yang ada di hp Android kamu. Itu artinya data kamu akan aman tidak akan berkurang sedikitnya setelah ponsel kamu sukses di rooting. Sekali lagi, data akan tetap aman tidak hilang, apabila proses root berjalan normal dan sukses.

apakah di root data akan hilang

Tapi, apabila ternyata kamu mengalami kegagalan saat sedang proses root dan kemudian hp Android mengalami bootloop atau cuma restart terus menerus tanpa bisa masuk ke menu utama, dan nantinya hp kamu harus di flash ulang menggunakan komputer, maka ada kemungkinan setelah proses flashing itulah data di hp Android kamu terutama disimpan di memori internal akan hilang atau terhapus.

Jadi, selama proses rootnya berjalan normal dan sukses maka data di hp Android tetap aman, tapi bila sebaliknya, rootnya ternyata mengalami kegagalan dan hp Android kamu menjadi bootloop, maka besar kemungkinan kamu akan kehilangan data.

Namun, kamu juga tidak usah khawatir apabila ternyata mengalami gagal root, tapi hp Android kamu masih bisa normal, bisa masuk ke menu utama alias tidak mengalami bootloop, maka data di hp Android kamu akan tetap aman, tidak akan terhapus satupun juga.

Kesimpulan, data akan hilang apabila kamu gagal dalam proses root dan kemudian hp Android kamu mengalami bootloop. Selain dari itu, jangan khawatir root Android tidak akan bisa menghilangkan data selama kamu melakukan proses rootnya dengan benar, tepat dan sukses.

Sebelum kamu melakukan proses root, ada baiknya mengetahui apa kerugian root Android terhadap ponsel kamu, agar nantinya kamu tidak menyesal setelah melakukan proses root.

Leave a Reply