Ternyata iCloud Bisa Menggunakan Gmail

Ceritanya kamu saja beralih dari Android ke iOS dengan membeli sebuah iPhone terbaru dari Apple. Hal pertama yang dilakukan tentu saja memindahkan berbagai macam data seperti kontak, foto dan dokumen lainnya dari ponsel Android lama ke iPhone. Untuk phonebook, kamu bisa dengan mudah melakukan sinkronisasi kontak yang tersimpan di akun Google sehingga tidak perlu susah lagi harus memakai iTunes.

Kedua, saat beralih dari Android ke iOS adalah kamu harus memiliki dan membuat Apple ID yang sangat berguna agar nantinya kamu bisa menggunakan berbagai macam fitur dari Apple seperti iCloud, mengunduh aplikasi dan game dari Apple App Store dan berbagai macam fitur lainnya. Pertanyaan, bila saat ini kamu sudah memiliki akun Gmail yang pernah digunakan di Android, apakah iCloud bisa menggunakan Gmail sehingga kamu tidak harus lagi membuat email?

Berbeda dengan akun Playstore di Android dimana harus selalu menggunakan akun Google, maka di iOS kamu bisa membuat akun iCloud dengan menggunakan email atau Gmail yang sudah kamu miliki sehingga tidak harus lagi membuat email. Saat pertama kali akan membuat akun Apple ID yang termasuk di dalamnya adalah iCloud akan ada opsi atau pilihan apakah kamu akan menggunakan email yang sudah dimiliki atau memakai email dari iCloud, tentu saja pilih opsi yang pertama. Kemudian silahkan masukan alamat email atau gmail yang ingin dipakai sebagai iCloud atau Apple ID.

Apakah iCloud bisa menggunakan gmail

Ada beberapa kelebihan dan manfaat bila kamu mempergunakan akun gmail sebagai Apple ID atau iCloud, yang utama tentu saja lebih praktis karena kamu cukup memakai email utama yang sering dipakai saat ini, tanpa harus lagi membuat email baru. Kedua, dari sisi keamanan menggunakan email yang berbeda yakni pakai gmail, kamu akan lebih mudah untuk melakukan proses reset kata sandi iCloud bila suatu saat kamu lupa. Bayangkan bila memakai email dari iCloud itu sendiri, ketika terjadi lupa password maka kamu akan kesulitan saat melakukan proses reset karena email konfirmasinya juga akan dikirim ke iCloud.

Sekali lagi, untuk kamu yang baru mengganti Smartphone dari Android ke iOS dan sudah sering memakai akun gmail, tak usah khawatir karena kamu bisa tetap menggunakan Gmail untuk Apple ID. Namun tentu saja, sebaiknya bedakan antara password Gmail dengan kata sandi iCloud atau Apple. Langkah sederhana ini untuk menjamin keamanan dari kedua akun tersebut.

Sebagai catatan, salah satu fitur iCloud yang wajib dan harus kamu aktifkan di iPhone adalah Find My iPhone, dimana dengan fitur ini kamu bisa dengan mudah melacak dan menemukan iPhone yang hilang. Find My iPhone juga bisa dipakai untuk menghapus seluruh data penting yang ada di iPhone secara remote dari jarak jauh, sehingga nantinya tidak ada orang lain yang bisa mengakses data tersebut. Juga fitur ini bisa mengunci iPhone agar tidak bisa dipakai oleh yang tidak berhak.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest