Aplikasi Notes Terbaik di Android

Zaman dulu sebelum ada yang namanya smartphone atau ponsel pintar, kita selalu membawa buku notes kecil berikut pensilnya kemanapun kita pergi, semua itu dilakukan bukan tanpa alasan tetapi untuk persiapan bila secara tiba-tiba kita harus mencatat sesuatu hal penting. Dengan melakukan pencatatan tersebut, nantinya kita akan selalu ingat dan tidak lupa mengenai hal penting tersebut, semua tercatat dengan rapi dan mudah ditemukan kembali saat kita membutuhkannya, tanpa repot dan tidak perlu panik.

Kini dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, dan setiap saat kita selalu beraktivitas memakai ponsel pintar tersebut terutama Android, cara manual untuk menulis sebuah catatan pun berubah. Kita tidak harus lagi bawa pensil berikutnya kertas notes lagi, namun cukup memakai sebuah aplikasi khusus notes yang banyak tersedia di Google Play Store. Selain mudah diakses, semua catatan yang disimpan di smartphone juga sangat mudah ditemukan karena sudah ada fasilitas search atau cari, cukup masukan kata kunci yang diinginkan dalam hitungan detik, notes yang pernah kita buat akan muncul dan bisa langsung dibaca.

Salah satu aplikasi notes terbaik untuk Android adalah Google Keep, kok bisa? Adanya fitur simpan otomatis ke cloud atau istilah sederhananya menyimpan secara online tidak hanya tersimpan secara lokal di handphone Android, membuat semua catatan yang pernah kita buat akan aman meskipun suatu hari nanti kamu memutuskan untuk berganti smartphone. Fitur penyimpanan catatan ke cloud di aplikasi Keep ini terintegrasi secara langsung ke akun Google yang kita pakai di Android, sehingga sangat praktis tanpa perlu membuat akun baru lagi.

Aplikasi catatan terbaik di Android seperti Google Keep tampilannya cukup sederhana namun kaya dengan berbagai macam fitur yang akan membuat catatan tersusun rapi, nyaman untuk dilihat dan mudah untuk ditemukan kembali. Untuk menambahkan sebuah catatan baru, tap pada icon tambah di pojok kanan bawah, lalu masukan judul catatan agar nantinya kita bisa tahu secara sekilas apa isi dari notes tersebut tanpa perlu membaca utuh. Selanjutnya silahkan isi catatan dengan hal penting yang memang harus kamu catat.

aplikasi notes terbaik di android

Kustomisasi catatan di Keep agar kita bisa lebih nyaman, tap pada icon tiga titik di pojok bawah, disini ada banyak opsi yang bisa kita pilih mulai dari berbagi atau share catatan dengan teman atau kerabat sesama pengguna aplikasi Keep, memberi label agar nantinya catatan yang mirip dengan label (tag) yang sama mudah ditemukan sampai merubah warna background notes agar tampil lebih menarik sehingga tidak membuat kita bosan.

aplikasi catatan terbaik android

Keep sebagai salah satu aplikasi notes terbaik di Android bisa kamu install dari Google Play Store, kemudian pakai akun Google agar semua catatan tersinkronisasi secara online. Namun, apabila kamu merasa bahwa aplikasi Keep ini terlalu sederhana, tak ada salahnya untuk mencoba Google Dokumen yang juga tersedia di Play Store. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini fiturnya lebih lengkap karena hasilnya tidak hanya sekedar catatan biasa tapi bisa berupa sebuah dokumen dalam bentuk file microsoft word (docx).

Bila kamu sudah terbiasa memakai program Word di Laptop, maka tidak akan lagi kesulitan untuk menggunakan aplikasi Google Dokumen ini karena fiturnya hampir mirip meski lebih sederhana. Disini kita mengatur jenis huruf, tampilan kalimat apakah rata kiri kanan atau rata tengah, membuat huruf tebal, miring dan juga garis bawah. Tak ketinggalan fitur bullet dan numbering apabila kamu ingin membuat daftar hal yang penting.

kelebihan aplikasi Google Dokumen di android

Sama halnya seperti aplikasi Keep, Google dokumen juga otomatis melakukan sinkronisasi ke akun Google yang dipakai di hp Android tersebut. Itu artinya kamu bisa dengan mudah mengakses dan membuka dokumen yang telah dibuat dengan syarat memakai akun yang sama. Tak lagi harus khawatir kehilangan semua catatan saat harus berganti ke hp baru, karena dengan proses sinkronisasi semua notes akan tersedia di handphone baru tersebut saat kita login memakai akun yang sama.

Leave a Reply