Bagaimana Cara Ngecas HP Android yang Baik dan Benar

Memiliki sebuah ponsel Android tidak jauh berbeda dengan memiliki seorang pacar, bila tidak kita rawat dengan baik jangan harapkan bisa memiliki sebuah hp yang awet dan tahan lama. Salah satu faktor yang mempengaruhi awet tidaknya sebuah hp Android adalah cara kita ngecas handphone. Apabila kita tidak memperhatikan bagaimana cara cas yang baik dan benar, bisa saja terjadi kamu baru membeli hp Android 1 bulan, tapi kemudian baterainya sudah cepat habis alias ngedrop.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki Android dengan baterai yang tahan lama dan awet saat digunakan, sehingga kamu tidak harus membawa powerbank kesana kemari karena takut lowbet? Kekuatan dan daya tahan baterai dipengaruhi juga oleh kebiasaan kita ngecas hp Android, apabila kita suka sembarangan cas hp, jangan heran bila kemudian daya tahan baterai menjadi menurun dan ujung-ujung cepat habis. Nah, berikut ini tips cara ngecas hp Android yang baik dan benar.

Pertama, cas HP Android sampai 100% dan jangan ngecas semalaman. Sudah menjadi kebiasaan kita saat akan akan tidur, selalu mencas hp Android dengan tujuan agar kita bangun, baterai telah terisi penuh dan siap digunakan keesokan harinya. Kebiasaan buruk ngecas hp Android semalaman inilah yang justru akan membuat kekuatan baterai Android kamu berkurang dan membuat hp android cepat rusak. Selalu biasakan ngecas ponsel Android sampai 100% alias full, setelah penuh cabut dari sumber listrik dan Androidpun siap digunakan.

cara cas android dengan baik dan benar

Kedua, hindari menggunakan powerbank untuk cas dalam jangka waktu lama dan terus menerus dan selalu gunakan sumber listrik langsung. Yups, powerbank ditujukan hanya sebagai cadangan sumber daya ketika kita berada dalam perjalanan atau jauh dari sumber listrik. Karena itulah, saat berada di rumah dan tersedia sumber listrik, sebaiknya hindari menggunakan powerbank secara terus menerus dalam jangka waktu lama.

Ketiga, hindari baterai Android kamu sampai habis total alias nol persen. Kebiasaan buruk yang harus dihindari adalah membiarkan baterai habis total sampai membuat hp Android kamu mati karena kehabisan baterai. Keseringan membuat baterai habis total, akan menyebabkan daya tahan baterai semakin hari semakin menurun.

cas hp android yang baik dan benar

Keempat, gunakan kabel dan charger original bawaan hp Android kamu. Yups sederhana namun sangat bermanfaat dalam menjaga kondisi hp Android kamu, yakni selalu gunakan charger dan kabel original. Meskipun sama-sama micro usb, tapi setiap merk handphone memiliki charger dengan input dan output yang berada. Begitu juga ketika kamu menggunakan powerbank, sebaiknya gunakan kabel bawaan hp dibandingkan menggunakan kabel bawaan powerbank tersebut.

Kelimat, hindari suhu panas yang ekstrim saat ngecas ponsel Android. Suhu yang panas akan membuat baterai Android kamu menjadi rentan mengalami kerusakan. So sebaiknya hindari ngecas hp Android di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di ruangan dengan suhu panas yang ekstrim.

Leave a Reply