Beda iOS dan Android

Apakah kamu ingin mengganti hp jadul dengan sebuah smartphone dan bingung menentukan apakah harus pilih Android atau iOS? Bila kamu hanya sekedar ingin menggunakan smartphone untuk mengakses WhatsApp, BBM dan Media Sosial lainnya seperti Instagram sebenarnya tidak ada masalah antara iOS dan Android karena di kedua sistem operasi kamu bisa menjalankan semua aplikasi tersebut dengan lancar tanpa kendala. Namun bila kamu ingin lebih bebas dalam melakukan kostumisasi terhadap smartphone maka Android bisa menjadi pilihan terbaik. Bila kamu masih bingung simak beda os Android dan iOS di bawah ini.

Sistem Operasi iOS hanya bisa kamu dapatkan di produk Apple seperti iPhone, iPod Touch sampai iPad. Jadi iOS ini sangat istimewa karena hanya bisa digunakan di produk Apple saja, kamu tidak akan bisa menemukan iOS di smartphone merk lain. Karena keistimewaan inilah yang kemudian menjadikan iPhone harganya lebih mahal dibandingkan dengan smartphone lain yang menggunakan sistem operasi Android.

beda os android dan ios

Saat menggunakan iOS di iPhone kamu hanya bisa download dan install aplikasi serta game dari App Store saja tidak bisa dari sumber lain. Itu artinya saat menggunakan iOS kamu harus selalu siap dengan kuota internet ataupun koneksi wifi agar bisa install aplikasi dari App Store tersebut. Berbeda bila kamu memakai Android, proses install aplikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat baik lewat Google Playstore dan bahkan bisa dilakukan proses transfer aplikasi antara sesama hp Android via bluetooth ataupun wifi direct seperti ShareIt.

perbedaan hp ios dan android

Proses transfer file atau dokumen di iOS lebih sulit dibandingkan dengan menggunakan Android. Bila di Android saat kamu menyambungkannya ke komputer menggunakan kabel USB maka nantinya hp Android tersebut bisa berfungsi sebagaimana layaknya sebuah USB dimana kita bisa bebas copy atau memindahkan berbagai macam file dari komputer ke Android atau sebaliknya. Berbeda bila kamu menggunakan iOS di iPhone maka proses transfer file hanya bisa dilakukan via program iTunes kecuali foto dari kamera roll yang bisa diakses lewat My Computer.

Di iOS kamu wajib memiliki sebuah Apple ID agar bisa menginstall aplikasi dari App Store ataupun menggunakan fitur di iPhone seperti iCloud. Tenang saja kamu bisa kok membuat Apple ID di komputer ataupun secara langsung di iPhone tersebut. Sedangkan di Android kamu harus memakai Akun Google (Gmail) agar bisa memanfaatkan berbagai macam fitur Android seperti Hangout, Google+ sampai Google Play Game.

apa beda ios dan android 

Dari sisi keamanan, maka iOS boleh dibilang lebih unggul dibandingkan dengan Android. Adanya fitur Lock iCloud di iOS akan mencegah iPhone disalahgunakan oleh orang lain ketika hilang. Apabila sebuah iPhone sudah terkunci iCloud maka untuk bisa menggunakan kembali iPhone tersebut kamu harus benar-benar ingat dengan email dan kata sandi akun iCloud yang digunakan di iPhone tersebut.

Istilah Jailbreak hanya bisa ditemukan di iOS dimana dengan proses JB ini kamu bisa mendapatkan akses yang tak terbatas terhadap file system iOS, sedangkan di Android kita sering mendengar istilah root untuk bisa mendapatkan hak akses sebagai administrator atau superuser (SU) di Android agar nantinya kamu bisa hapus aplikasi bawaan Android ataupun aplikasi lain yang membutuhkan akses root.

Itulah beberapa perbedaan hp iOS dan Android, setelah mengenal lebih jauh tentang keduanya kini kamu tidak akan lagi bingung menentukan pilihan antara iOS ataupun Android. Namun perlu diingat apabila kamu sudah terlanjut membeli Android maka nantinya di smartphone tersebut kamu tidak akan bisa mengubah Android jadi iOS ataupun sebaliknya.

Leave a Reply