Paket Data Android Tidak Berfungsi

Sebenarnya kamu telah berlangganan paket data dari operator yang kamu gunakan sebagai contoh telah mengaktifkan paket Super Internet dari Indosat Ooredoo ataupun Paket 4G bulanan dari Kartu Tri. Namun ternyata meski data seluler aktif tapi tidak bisa internetan, sudah dicoba untuk mengakses WhatsApp atau BBM tetap tidak bisa, alhasil terpaksa kamu harus menggunakan Wifi untuk bisa mengakses internet di hp Android kamu tersebut.

Bila kamu mengalami masalah dimana paket data tidak berfungsi, ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan masalah data seluler di Android tidak muncul salah satu diantaranya adalah karena kamu salah memilih paket internet. Lho kok bisa? Sebagai contoh kamu malah membeli paket internet 4G sedangkan di daerah kamu belum ada jaringan 4G juga ponsel Android yang kamu gunakan belum mendukung koneksi 4G alhasil tentu saja paket data 4G kamu tidak akan terpakai dan alhasil kamu tidak bisa internet di Android.

Beberapa operator menawarkan paket internet murah dengan harga terjangkau, namun sebelum mengaktifkan sebuah paket sebaiknya baca dulu baik-baik syarat dan ketentuan paket tersebut karena kini banyak sekali paket data yang hanya diperuntukan untuk akses tertentu saja sebagai contoh Kuota Aplikasi dari salah satu operator hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu saja seperti WhatsApp, BBM, Line dan aplikasi sejenis yang sudah ditentukan. Bila kamu berlangganan paket data berupa kuota aplikasi jangan heran bila kemudian kamu tidak bisa mengakses internet untuk aktivitas lain semisal browsing menggunakan chrome dan firefox.

Teliti kembali apakah paket kuota yang kamu aktifkan tersebut berlaku 24 jam atau hanya kuota malam yang hanya bisa digunakan mulai tengah malah sampai pagi. Bila kamu mengaktifkan paket internet dengan harga murah dengan total kuota besar, bisa jadi kuota tersebut hanya berlaku untuk jam tertentu saja yang tidak bisa digunakan selama 24 jam. Sekali lagi, sebelum mengaktifkan sebuah paket internet, sebaiknya baca lagi ketentuan dari penggunaan kuota tersebut agar kamu tidak lagi mengalami masalah koneksi internet di Android bermasalah hanya karena paket data tersebut digunakan diluar ketentuan.

Bila ternyata kamu sudah membeli paket internet untuk berbagai akses dan bisa digunakan selama 24 jam, namun tetap masih muncul error yakni data seluler tidak aktif, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah coba cek pengaturan APN di Android pastikan telah menggunakan APN sesuai dengan operator yang kamu gunakan.

data seluler aktif tapi tidak bisa internetan

Rubah jenis jaringan di hp Android kamu ke mode LTE/WCDMA/GSM secara otomatis agar nantinya bila di daerah kamu tidak ada jaringan 4G maka otomatis akan beralih ke 3G/HSDPA begitu juga sebaliknya. Bila kamu memilih jaringan LTE Only sedangkan di daerah kamu tidak ada koneksi 4G tentu akan nanti akan muncul error jaringan di Android kamu.

paket data android tidak berfungsi

Beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan kenapa Android tidak bisa mengakses internet adalah pengaturan tanggal dan waktu yang tidak benar, silahkan di cek kembali apakah waktu dan tanggal di Android kamu sudah sesuai atau belum.

Leave a Reply