Biar Aman, Inilah Cara Kunci WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebagai aplikasi chatting paling populer dan memiliki jutaan pengguna aktif setiap hari, WhatsApp selalu menawarkan berbagai macam fitur terkini untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Salah satu fitur keamanan WhatsApp yang sudah lama ditunggu adalah fitur kunci aplikasi WA tanpa harus lagi menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Kini secara default sudah ada fitur lock WhatsApp menggunakan sidik jari ataupun Face ID, meskipun saat ini baru tersedia untuk WhatsApp versi iOS.

Pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS dari Apple memang boleh berbangga hati karena selalu mendapatkan update terbaru lebih dulu dibandingkan pengguna Android. Beberapa aplikasi populer seperti WhatsApp atau Instagram tak segan menghadirkan fitur teranyarnya terlebih dahulu untuk pengguna iPhone, baru beberapa minggu bahkan bulan fitur tersebut tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Android. 

Sekali fitur keamanan berupa lock WhatsApp menggunakan sidik jari atau pemindai wajah (Face ID) baru tersedia untuk iPhone, namun tak usah khawatir karena bagi kamu pengguna Android, fitur yang sama akan segera hadir di pembaruan WhatsApp yang akan datang. Cara mengaktifkan fitur Kunci WhatsApp tanpa aplikasi tambahan pihak ketiga pun caranya tidak akan jauh berbeda seperti yang ada di WA versi iOS.

Pertama, jalankan aplikasi WhatsApp lalu buka menu Pengaturan Wa – Akun. Disini ada beberapa pilihan mulai dari keamanan, verifikasi dua langkah sampai ganti nomor, karena kita akan mengaktifkan fitur keamanan pilih pada Privasi.

cara lock aplikasi wa tanpa aplikasi

Pada menu Privasi WhatsApp kamu bisa mengatur dan mengaktifkan pilihan Lock WA dengan memilih Kunci Layar   kemudian pilih opsi Perlu Touch ID. Di bagian bawah kamu bisa tentukan sendiri kapan touch ID atau Face Id aktif apakah segera setelah kamu menutup aplikasi WhatsApp, ada jeda selama 1 menit, 15 menit sampai  1 Jam. Demi keamanan ada baiknya pilih segera atau setelah 1 menit.

cara kunci whatsapp dengan sidik jari

Bagaimana bila kamu ingin memilih 15 menit? Semua pilihan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bila handphone kamu selalu berada dalam genggaman dan tidak perlu digunakan oleh orang lain, 15 menit bahkan 1 jam bisa jadi pilihan terbaik karena kamu tidak harus bolak balik menggunakan sidik jari sekedar untuk buka WhatsApp. Pilihan 1 Jam berarti bahwa setelah jeda waktu selama 1 jam non aktif, maka WhatsApp akan membutuhkan sidik jari atau face id untuk membukanya. 

Berbeda bila handphone atau iPhone kamu selalu diletakan di tempat umum dan sering digunakan oleh orang lain baik rekan kerja atau keluarga, memilih opsi segera atau setelah 1 menit itu akan lebih baik, karena nantinya keamanan WA kamu akan lebih terjaga dari tangan orang yang tak bertanggung jawab. Dengan memilih opsi segera, maka secara otomatis setiap kali membuka WA akan membutuhkan touch ID.

cara kunci whatsapp pakai sidik jari

Perlahan tapi pasti, WhatsApp semakin diperkaya dengan berbagai macam fitur yang memang diinginkan oleh penggunanya. Beberapa bulan atau minggu kedepan, bisa jadi WhatsApp mulai memperkenalkan fitur terbaru Dark Mode yang memang sudah menjadi fitur wajib bagi setiap aplikasi. Fitur Dark Mode WhatsApp tentunya sangat berguna karena nantinya bisa lebih menghemat penggunaan baterai smartphone kita.

Leave a Reply