Langkah Mudah Melihat Riwayat Chat WA di Android

Komunikasi lewat aplikasi WhatsApp saat ini sudah sangat lazim dilakukan baik lewat pesan teks biasa, nelpon via WA ataupun video call. Maka jangan heran bila kemudian WhatsApp dianggap sebagai aplikasi wajib yang harus ada di setiap smartphone entah itu Android atau iPhone. Tanpa WhatsApp, tentu saja kita akan kesulitan berkomunikasi baik dengan teman, kerabat atau rekan kerja. Memang kita masih bisa kirim sms atau nelpon biasa, namun kadang orang dikirimi sms tersebut malah malas membalas dengan alasan kirim sms harus pakai pulsa, tidak bisa menggunakan kuota internet seperti pesan WA.

Apalagi saat ini aplikasi WhatsApp selalu mendapatkan update terbaru dengan berbagai macam fitur anyar yang tidak ada di versi sebelumnya. Sebagai contoh, dulu WA hanya bisa dipakai sekedar kirim pesan teks dan nelpon saja, kemudian muncul fitur video call. Fitur lain yang sangat berguna adalah adanya Status WA yang membuat pengguna bisa berbagai momen istimewa ataupun sekedar menulis status WhatsApp galau agar teman atau kontak bisa mengetahuinya. 

Fitur terbaru yang akhirnya diperkenalkan adalah Sticker WA dimana pengguna bisa saling kirim sticker untuk lebih meramaikan suasana chat atau obrolan. Meski agak sedikit telat dibandingkan pesaingnya seperti BBM, Line atau Telegram yang telah lama memiliki fitur sticker namun tentunya adalah fitur resmi sticker di WhatsApp menjadikan pengguna tidak lagi harus memakai aplikasi pihak ketiga hanya sekedar untuk kirim sticker di chat WhatsApp.

Berbicara tentang chat atau obrolan di WhatsApp tentu kamu yang baru pertama kali memakai WA pernah bertanya bagaimana sih cara melihat History Chat di WhatsApp? Tujuannya baik hanya sekedar ingin tahu aja tidak ada maksud lain, atau untuk tujuan yang lebih serius yakni kamu ingin mendapatkan bukti percakapan agar nantinya bisa digunakan untuk hal yang berhubungan dengan pekerjaan misal percakapan dengan konsumen atau nasabah.

Di WhatsApp sendiri sudah ada menu khusus untuk melihat Riwayat Chat WA. Caranya, pertama masuk ke menu Setelan di WhatsApp yang ada pojok kanan atas. Kamu akan masuk ke detail dan info tentang akun WA, kemudian tap pada pilihan Chat seperti gambar di bawah ini.

melihat riwayat chat wa

Saat masuk ke menu setelan chat kamu bisa melihat opsi untuk cek riwayat Chat dimana akan ada beberapa opsi seperti Ekspor Chat yang berfungsi untuk backup obrolan WA ke media lain salah satunya ke email, opsi Arsipkan untuk menyimpan percakapan di WhatsApp, nantinya pesan yang diarsipkan akan masuk ke folder arsip yang berada di bagian paling bawah chat. Dua opsi lainnya yang juga cukup berguna yakni bersihkan dan hapus semua chat di WhatsApp.

mengetahui history chat wa di android

Melihat dan Mengetahui WA sering Dihubungi

Tahukah kamu bahwa di menu riwayat Chat WhatsApp kita bisa lho mengetahui nomor WA yang sering dihubungi, yakni dengan masuk ke menu Ekspor Chat, nanti dibagian paling atas kamu bisa tahu kontak mana saja yang sering dihubungi.

melihat riwayat chat wa yang sudah dihapus

Lalu apakah bisa kita melihat riwayat chat wa yang sudah dihapus? Jawaban bisa iya atau tidak. Bila chat WA yang ingin kita ketahui tersebut sudah di Backup Chat baik ke akun Google atau iCloud maka kita bisa pakai opsi restore backup (pulihkan cadangan) untuk bisa melihat chat yang sudah terhapus. Namun, bila kamu belum pernah memakai fitur Backup Chat WhatsAppmaka semua pesan yang sudah terhapus tidak akan bisa dikembalikan atau dipulihkan kembali.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest