Aplikasi Bawaan Android yang Tidak Boleh di Hapus

Bukan rahasia lagi bila setiap vendor smartphone Android selalu menyertakan berbagai macam aplikasi di hp yang kita beli, tujuan awalnya bertujuan agar pengguna bisa langsung menggunakan hp Android tersebut tanpa perlu lagi menginstall berbagai macam aplikasi lagi dari Google Play Store. Namun ternyata keberadaan berbagai macam aplikasi bawaan itu selain menghabiskan kapasitas memori internal sistem juga tak jarang berbagai aplikasi tersebut justru tidak ada manfaatnya dan jarang digunakan sama sekali oleh penggunanya.

Maka tak mengherankan bila akhirnya pengguna mencari berbagai cara dan langkah untuk hapus aplikasi bawaan Android tanpa root maupun dengan akses root agar nantinya bisa menambah kapasitas memori internal setelah berhasil menghapus berbagai aplikasi yang tidak penting dan tak berguna, juga agar nantinya kinerja Android lebih stabil karena tidak terlalu banyak aplikasi bawaan yang berjalan di latar belakang sistem Android. 

Saat kamu akan menghapus aplikasi bawaan sebaiknya selalu teliti dan berhati-hati agar nantinya tidak terjadi salah hapus yang bisa berakibat kinerja Android kamu tidak bisa berjalan dengan normal. Sebagai contoh bila kamu salah hapus aplikasi sms dan telepon, tentu nantinya kita tidak bisa lagi kirim sms, melakukan panggilan telepon dan bahkan menerima telepon. Bila kamu terlanjur menghapus Google Play Game nantinya akan kesulitan saat akan bermain game yang membutuhkan akses ke akun Google. Jadi, sebelum melakukan proses hapus aplikasi bawaan ada baiknya mengetahui terlebih dahulu berbagai macam aplikasi bawaan yang tidak boleh dihapus.

Apabila kamu masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi disini kita bisa melihat berbagai macam aplikasi sistem yang memang tidak boleh dihapus terutama yang berhubungan dengan shared library atau aplikasi sistem yang mengatur tentang berbagai macam fungsi di smartphone Android seperti sms, telepon, konfigurasi sistem dan berbagai macam aplikasi bawaan lainnya. Berbagai aplikasi yang berhubungan dengan Google Apps (GApps) juga sebaiknya hindari untuk dihapus terutama aplikasi pentingnya seperti Layanan Google Play, Penampil HTML, Pemasang sertifikat, Kerangka Kerja Layanan Google sampai sinkronisasi kontak.

Aplikasi android yang tidak boleh di hapus

Cara aman untuk mengetahui aplikasi bawaan Android  yang tidak boleh dihapus adalah dengan melihat berbagai macam icon aplikasi yang ada di layar di Android kemudian coba cek untuk melihat detail dari aplikasi tersebut agar nantinya bisa mengetahui apakah aplikasi tersebut bisa secara total dihapus atau hanya bisa dinonaktifkan saja. Pilih opsi nonaktifkan agar nantinya aplikasi tersebut bisa kembali diaktifkan dengan mudah dan cepat saat kita membutuhkannya kembali di lain waktu.

aplikasi android yang aman untuk dihapus

Untuk kamu yang tidak terbiasa dengan proses root Android jangan coba-coba untuk melakukan rooting Android dan kemudian hapus berbagai aplikasi bawaan tanpa pertimbangan dan mengetahui terlebih dahulu secara detail fungsi dari aplikasi bawaan tersebut, karena seperti di awal disebutkan tadi bahwa kesalahan menghapus aplikasi bawaan Android akan berakibat fatal dimana berbagai macam menu dan fitur Android menjadi tidak berfungsi dengan normal sebagaimana biasanya.

Bagaimana bila kamu tidak ingin ribet menghapus aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan? Salah satu solusinya adalah coba pakai hp dengan Android Murni yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Seperti kita ketahui Android murni ini hanya disertai dengan aplikasi yang penting saja tidak ada aplikasi lain yang tidak berguna. Berbeda bila kamu membeli ponsel Android dengan custom rom seperti MIUI, Color OS, ZenUI atau TouchWiz jangan heran bila banyak sekali aplikasi bundle dari vendor hp tersebut yang sama sekali tidak dibutuhkan dan tidak pernah kita gunakan.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest