Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan Administrator Perangkat Android

Administrator Perangkat Android adalah salah satu fitur Android dimana fungsinya adalah memberikan izin kepada sebuah aplikasi untuk mengakses dan mengendalikan perangkat atau device Android kamu hingga ke level sistem yang paling tinggi seperti menghapus semua data dari jarak jauh, membuka dan mengunci layar, mengubah sandi untuk membuka kunci layar dan berbagai fungsi sistem lainnya. Contoh aplikasi yang sering menggunakan fitur ini adalah Pengelola Perangkat Android, Launcher (Peluncur Android) sampai kunci aplikasi Android dengan sidik jari atau passcode.

Sebuah aplikasi yang diberi izin untuk menggunakan fitur Administrator perangkat Android tidak akan bisa dihapus secara langsung. Saat kamu mencoba untuk menghapus aplikasi tersebut, maka tombol untuk Hapus Instalasi tidak aktif dan juga muncul error tidak dapat mencopot pemasangan karena paket ini adalah administrator perangkat yang aktif.

tidak bisa hapus aplikasi sebagai administrator perangkat

Pertama, bila kamu mengalami masalah tidak dapat hapus aplikasi seperti diatas maka salah satu solusinya adalah terlebih dahulu kamu harus menonaktifkan administrator perangkat Android tersebut. Caranya masuk ke menu Pengaturan – Keamanan kemudian pilih Administrator Perangkat

cara nonaktifkan administrator perangkat android

Kedua, disini kamu bisa melihat berbagai macam aplikasi yang sudah diberi hak atau izin sebagai administrator perangkat, dalam contoh adalah Android Device Manager dan Launcher Nova. Pilih salah satu aplikasi yang ingin dinonaktifkan sebagai administrator perangkat lalu sentuh pada Nonaktifkan.

menghapus aplikasi dari administrato perangkat android

Solusi Administrator Perangkat Tidak Bisa Dinonaktifkan

Lalu bagaimana bila kamu mengalami masalah tidak bisa menonaktifkan administrator perangkat? Tenang saja yang harus kamu lakukan adalah masuk terlebih dahulu ke Mode Aman Android atau Safe Mode. Tekan tombol Power lalu tekan selama beberapa detik pada tombol Matikan (Shut Down) sampai muncul pilihan untuk masuk ke Mode Aman atau Safemode Android.

nonaktifkan aplikasi dari administrator perangkat

Setelah berada dalam mode Aman Android selanjutnya kamu bisa langsung mencoba menonaktifkan Administrator perangkat di menu Pengaturan – Keamanan seperti pada langkah kedua diatas. Sebagai catatan salah satu fungsi mode aman Android adalah menonaktifkan untuk sementara semua aplikasi yang pernah kamu install atau pasang di Android, sehingga nantinya kamu bisa lebih mudah menonaktifkan fitur device administrator.

Bagaimana bila aplikasi yang ingin kamu non aktifkan tidak terlihat atau tersembunyi di daftar Administrator Perangkat, sehingga kamu selalu mengalami masalah kunci layar dinonaktifkan oleh administrator sedangkan kamu sendiri tidak mengetahuinya. Untuk menampilkan aplikasi yang tersembunyi di Administrator perangkat kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi seperti di bawah ini.

mengetahui administrator perangkat di android

Dengan menggunakan aplikasi diatas, kamu bisa mengetahui aplikasi tersembunyi yang memiliki hak atau izin sebagai Administrator perangkat di hp Android kamu, sehingga nantinya bisa dengan lebih mudah untuk menghapus aplikasi tersebut secara total tanpa tersisa.

35 comments

  1. Tidak bisa dihapus mbak.. pdhl sy sudah menonaktifkan lalu hp saya ke lock dan ada tulisan ‘Forbidden for system application’ dan tidak bisa dihapus saya dapat link dari internet lalu saya iseng mendownload

    1. @Griffizh :: Coba masuk terlebih dahulu ke Mode Aman Android. Tekan tombol Power lalu tekan beberapa detik pada tulisan Matikan di layar Android sehingga nantinya ada notifikasi untuk masuk ke Mode aman. Selanjutnya saat berada di mode aman, agan bisa menghapus aplikasi tersebut.

      1. Admin saya mau tanya saya sudah mengaktifkan mode aman tetapi saat saya mencoba menonaktifkan administator perangkat selalu saja hp saya mati atau ke lock bagaimana ya cara mengatasinya??

          1. @Fabian :: Bila di flash ulang biasanya semua akan normal seperti baru pertama kali membeli hp android tersebut.

      2. Tetap gak bisa mbak. Sudah saya coba berkali-kali tetap gak mau. Ada cara yang lain gak mbak?

        1. @Anwar :: Coba masuk ke Mode Aman terlebih dahulu di hp Androidnya atau gunakan aplikasi seperti diatas. Apabila setelah masuk ke mode tetap tidak bisa menonaktifkan administrator perangkat, berarti agan harus coba cara terakhir yakni format ulang Android ke setelan pabrik.

  2. admin saya mau tanya cara mencegah terhapus data pada apk yang berisi akun dan lain lain dari reset data

    1. @Syauqi :: Apabila Android agan sudah di root coba gunakan Titanium Backup untuk menyimpan semua aplikasi berikut datanya.

    1. @Najwa :: Restart aja dulu hp Android agan agar nanti boot ke mode normal kembali, sehingga aplikasi yang pernah di install akan tetap ada. Apabila hilang, agan bisa coba unduh lagi dari Playstore.

    1. @Vian :: jelas beda sekali, stock rom itu firmware resmi dari vendor hp tersebut, sedangkan root proses untuk mendapatkan hak akses sebagai roo / administrator di Android

  3. Kak, kan kakak bilang harus nonaktifkan di administratornya kan!
    Tapi kok gk bisa di nonaktifkan yah padahal dah tekan non aktifkan….
    Apa harus di reset pabrik yah?
    #tolong kasi tips nya kak

    1. @Kevin :: Masuk dulu ke mode aman Android seperti cara diatas, kemudian baru non aktifkan.

    1. @Taufiq :: bisa kok gan, yang penting agan unduh aja dulu firmwarenya sesuai dengan type hp-nya.

  4. Kak mau tanya, aq kan mau ganti kata sandi hp ke gembok kok gk bisa ya, tapi ada kata gini “dinotifikasi olh administrasor, kebijaakan enkripsi atau penyimpanan kredensial” trs aq cari gk bisa, tlng kasi solusi ya kak plis…

    1. @Adel :: Coba caranya seperti diatas bisa atau tidak? atau non aktifkan dulu kredensial terpecaya untuk pengguna di menu Setelan – Keamanan

  5. pagi gan….sy ada xiaomi yg pake akun minya, hp sy jual (akun mi sy hapus), sy ganti hp xiaomi yg baru dg akun mi yg sama dan no hp yg sama..tapi ternyata gagal, gimana gan krn pasword sama tp gagal apa hrs ganti no tlp? trima kasih gan di tunggu balesannya gan….

    1. @Joko :: Tidak perlu menggunakan akun Xiaomi baru kok, pakai akun lama juga bisa yang penting saat login agan sudah memasukan email/ nomor handphone dan password Xiaomi yang sama. Coba masuk dulu account.xiaomi.com di PC atau laptop, bisa tidak?

    1. @Adi :: Sebenarnya di setiap hp android pasti ada safe mode, cuma mungkin caranya saja yang sedikit berbeda untuk masuk ke mode aman tersebut.

  6. Kakak mau nanya gimana caranya untuk mekeluarkan aplikasinya gimana kok pas yang kakak suruh pake aplikasi yang kakak tadi gimana caranya pas usah di download kok ngga ada aplikasinya

  7. kalau untuk aplikasi helios mobility suite(HMS) pernah dengar gak min, aplikasi dr perusahaan untuk mengontrol karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *