Cara Menyambungkan HP Android ke Jam Tangan

Menggunakan jam tangan biasa saat ini sudah terasa jadul seiring dengan semakin banyak pilihan Smart Watch. Dimulai dari Apple yang kemudian diikuti oleh vendor lain seperti Sony, Samsung sampai Asus, kehadiran Smart Watch telah mengubah cara orang menggunakan jam tangan. Jika dulu hanya berfungsi sekedar untuk melihat informasi jam saja, kini dengan smart Watch orang bisa melakukan berbagai hal secara langsung lewat jam tangan yang dipakainya, mulai dari menerima nelpon, membaca pesan sms dan WhatsApp bahkan bisa digunakan untuk mendukung aktivitas olahraga sehari-hari kita.

Saat ini banyak sekali beredar smart watch mulai dari merk terkenal seperti Sony SmartWatch, Asus ZenWatch, sampai Samsung Galaxy Gear juga tak ketinggalan jam tangan pintar dengan harga yang cukup terjangkau seperti Imoo Watch Phone dan berbagai merk lainnya. Tentu saja kamu bisa membeli sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki yang terpenting kamu bisa menggunakan smart watch tersebut untuk mendukung aktivitas sehari-hari dan menyambungkannya ke hp Android sehingga nantinya bisa cek sms, nelpon, sampai pesan WhatsApp secara langsung di jam tangan pintar tersebut tanpa perlu membuka smartphone.

Sebuah Smart Watch baik merk Sony, Asus, ataupun Samsung biasanya memiliki aplikasi khusus yang bisa kamu unduh dari Google Play Store, gunanya tentu saja agar proses sinkronisasi antara hp Android dan jam tangan pintar tersebut bisa dilakukan dengan mudah, lancar dan tidak mengalami kendala. Jadi syarat pertama agar kamu bisa melakukan koneksi jam ke hp Android adalah silahkan unduh dan install terlebih aplikasi khusus sesuai dengan merk smartwatch yang digunakan dari Play Store.

Sebagai contoh apabila kamu menggunakan SmartWatch dari Samsung silahkan terlebih dahulu install aplikasi  Galaxy Wearable dari Google Play Store. Kemudian jalankan aplikasi tersebut dan kamu bisa langsung melakukan koneksi antara jam ke hp Android dengan memilih jenis smartWatch yang digunakan entah itu Galaxy Gear Fit2, Gear S3 atau Galaxy Watch. Pastikan kamu memilih type jam tangan dengan benar agar proses koneksi bisa berjalan lancar.

cara menyambungkan hp ke jam tangan

Sekarang lihat tampilan di SmartWatch, jika sebelumnya kamu pernah menyambungkannya ke hp Android lain, silahkan masuk terlebih dahulu ke menu pengaturan di SmartWatch tersebut lalu pilih Sambungkan ke ponsel baru. Perlu diingat bahwa setiap kali kita menyambungkan smart Watch ke sebuah hp Android baru, maka secara otomatis jam tangan pintar tersebut akan melakukan proses reset ke setelan pabrik.

cara koneksi hp ke jam tangan samsung

Khusus untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan SmartWatch dan belum pernah menyambungkan hp Android apapun ke jam tangan tersebut, maka di tampilan awal bisa langsung pilih menu tap to connect dan ikuti setiap langkah yang diminta.

cara menyambungkan jam tangan ke hp android

Kembali ke aplikasi Galaxy Wearable di hp Android kamu, setelah memilih type jam tangan yang dimiliki kita bisa langsung menyambungkannya menggunakan koneksi Bluetooth, pastikan kode penyandingan telah benar antara hp Android dan jam tangan tersebut.  Juga berikan izinkan smartwatch untuk mengakses fitur lokasi, penyimpanan, ponsel sampai dengan kontak agar nantinya proses sinkronisasi bisa berjalan lancar.

cara koneksi smartwatch ke hp Android

Dalam proses menyambungkan hp Android ke jam tangan pintar Samsung ini kamu akan diminta menginstall beberapa aplikasi tambahan, silahkan ikuti dengan teliti dan seksama sampai proses koneksi dan sinkronisasi antara smartwatch dan hp tersebut selesai. Proses ini biasa membutuhkan waktu beberapa menit, jadi kamu harus sedikit bersabar sampai nantinya smartwatch kamu siap untuk digunakan.

Setelah hp Android kamu berhasil dihubungkan ke smartwatch maka mulai dari sekarang kamu bisa melakukan berbagai aktivitas lewat jam tangan pintar tersebut, mulai dari membaca pesan sms dan WA yang masuk, menyalakan musik di hp Android kamu, nelpon teman dan kerabat yang ada di kontak dan berbagai macam aktivitas lainnya, bahkan kamu bisa mengambil screenshot di smartwatch Samsung dengan cara menekan tombol Home dan usap layar ke sebelah kanan.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest