Fitur Baru Android Lollipop 2015 : Menampilkan Hanya Satu Aplikasi di Layar Android

Apakah kamu baru membeli Android One, entah itu Nexian Journey One (Mi438S), Mito Impact ataupun Evercoss One X, seperti kita ketahui Android One telah dilengkapi dengan Android 5.1 Lollipop yang merupakan Android terbaru dari Google. Bila sebelumnya kamu telah membaca Kelebihan Android Lollipop, dan mungkin kamu akan bertanya Apa fitur baru Lollipop? Berikut ini adalah satu fitur baru Lollipop yang bisa kamu dapatkan di Android One.

Screen Pinning atau Penyematan Layar merupakan salah satu fitur yang diperkenalkan di Lollipop. Lewat fitur ini kamu menjaga kerahasiaan isi ponsel dengan cepat dan mudah, dengan cara mengunci sebuah layar/ aplikasi untuk tetap terbuka dan mencegah aplikasi/fitur lain di buka oleh orang yang tidak berhak.

Contoh : Kamu meminjamkan ponsel ke teman, dan kamu HANYA ingin sang teman Cuma bisa membuka BBM saja, sedangkan aplikasi lainnnya tidak bisa dibuka alias dikunci. Maka kita gunakan Screen Pinning atau Penyematan Layar. Nantinya sang teman hanya bisa membuka BBM saja, tidak bisa masuk ke menu lainya.

Untuk mengaktifkan Screen Pinning atau Penyematan layar, pertama kamu harus mengaktifkan fitur. Masuk ke menu Setelan (Setting) – Keamanan – Penyematan Layar.

Fitur Android Lollipop 2015

Setelah fitur ini Aktif. Kamu bisa langsung melakukan screen pinning terhadap aplikasi yang diinginkan, semisal kita akan screen pinning BBM. Tekan tombol Overview (Ringkasan) sampai muncul task manager (daftar aplikasi yang sedang berjalan), lalu cari aplikasi yang akan di Pinned, lalu sentuh tanda Pinning seperti di bawah ini.

Fitur terbaru Android Lollipop 2015

Kini, layar Android ini hanya menampilkan satu aplikasi saja. Aplikasi lain tidak akan bisa dibuka. Lalu bagaimana untuk menormalkan kembali layar Android? Cukup tekan secara bersamaan tombol Kembali (Back) dan Tombol Overview (Ringkasan).

Fitur Terbaru Android Lollipop

Setelah menekan tombol Back dan Overview secara bersamaan, maka layar Android akan kembali normal dan kamu bisa mengakses lagi seluruh aplikasi dan fitur yang ada di Android.

One Response to “Fitur Baru Android Lollipop 2015 : Menampilkan Hanya Satu Aplikasi di Layar Android”
  1. Ika 30/03/2017

Leave a Reply