Inilah Cara Safe Mode Android untuk Mengatasi Android Error dan Lemot

Setelah menginstall berbagai macam aplikasi dan game, tiba-tiba saja Android jadi lemot dan lelet, baterai cepat habis dan tentu saja Android menjadi cepat panas. Apa sih penyebabnya? Apakah ada aplikasi yang engga cocok dan menghabiskan baterai atau mungkin ada aplikasi yang bikin lelet dan lemot?

Nah, bila Android menjadi sangat lemot dan lelet, cepat panas dan baterai cepat habis ada cara cepat untuk mengetahui penyebabnya yaitu kamu masuk dulu ke safe mode atau mode Android? Apa fungsi safe mode? Nah, mode aman ini berfungsi untuk mendisable atau menonaktifkan dulu berbagai aplikasi dan game yang pernah kamu download, dalam artinya di mode Mode Aman, kamu bisa menjalankan Android seperti baru dibeli dari toko atau seperti Android baru.

Apabila setelah berada di mode aman, Android kamu ternyata normal, baterai menjadi lebih awet, Android tidak cepat panas dan tentu saja kinerjanya menjadi lebih cepat. Itu artinya, ada aplikasi atau game yang memang error yang menyebabkan berbagai masalah di Android kamu. Mode Aman ini sangat berguna sebelum kamu melakukan factory default atau format ulang Android kamu. So, inilah cara masuk Safe Mode Android Lollipop dan Kitkat maupun Jelly Bean.

Pertama, tekan tombol power sampai muncul pilihan untuk turn of (Matikan Daya) atau restart (hidupkan ulang) seperti di bawah, kemudian tekan beberapa detik pada bagian Matikan Daya.

Cara masuk safe mode Android Lollipop

Setelah menekan beberapa detik pada matikan daya akan muncul pilihan untuk masuk ke Mode Aman, pilih Oke.

Safe Mode Android Kitkat dan Lollipop

Tunggu beberapa saat sampai Android kamu restart dan masuk ke Safe Mode. Setelah Android kamu menyala kembali, maka akan terlihat tulisan Safe Mode di bagian bawah yang menandakan bahwa Android berada di Mode Aman. Seluruh aplikasi dan game yang pernah di install untuk sementara akan hilang (disable), yang ada hanya menu standar bawaan Androidnya.

Masuk Mode Aman Android

Apabila kamu ingin mengakses / membuka kembali aplikasi dan game yang pernah di install kamu tinggal keluar dari Safe Mode dengan cara restart (hidupkan ulang) Android kamu. Bagaimana cukup mudah bukan?

Leave a Reply