Kelebihan Google Drive di Android

Media penyimpanan online atau istilah kerennya cloud storage perlahan tapi pasti mulai mendapatkan perhatian dari pengguna smartphone dan banyak dijadikan sebagai opsi pertama untuk menyimpan berbagai macam data dan dokumen penting. Dibandingkan dengan penyimpanan offline seperti Flashdisk atau HDD eksternal, tentu saja penyimpanan online memiliki banyak kelebihan dan keuntungan tersendiri yang tidak dimiliki oleh Flashdisk atau HDD, salah satu yang terpenting adalah kemudahan dalam hal akses, dimana dokumen yang tersimpan di cloud storage bisa dibuka dan diakses dimanapun dan oleh siapapun.

Saat kamu memutuskan untuk memilih sebuah media penyimpanan online, tentu bakal dihadapkan dengan berbagai macam pilihan seperti DropBox, Google Drive, OneDrive dan bahkan iCloud dari Apple. Masing-masing menawarkan keunggulan dan juga harga langganan yang variatif. Pengguna Windows di laptop dan juga sering memakai Microsoft Office tentu bakal merasakan kinerja yang maksimal lewat layanan OneDrive, berbeda bila kamu memakai Mac OS atau iOS, layanan cloud storage dari Apple yakni iCloud jadi opsi yang terbaik, sedangkan bagi mereka yang selalu bekerja dan beraktivitas dengan smartphone Android, memilih Google Drive menjadi sesuatu yang bijak mengingat kemudahan dalam hal sinkronisasi dengan berbagai macam fitur dan menu yang ada di Android.

Memang sih tidak ada larangan sama sekali bagi pengguna sistem operasi Windows di laptop untuk memakai cloud storage selain OneDrive, semisal kamu tetap ingin memakai iCloud karena semua data terlanjur tersimpan disana. Begitu juga bila kamu memakai hp Android, tapi memutuskan memakai DropBox sebagai media penyimpanan data secara online dibandingkan Google Drive. Kamu bisa menentukan sendiri, mana yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan, apalagi untuk kamu yang selalu bekerja dengan berbagai platform mulai dari Android, lalu beralih ke Windows, dan beberapa saat kemudian harus juga menggunakan Mac OS di Macbook.

Khusus untuk pengguna Android, dan merasa bingung apakah kamu harus memilih Google Drive atau layanan penyimpanan online lainnya, tak usah khawatir berikut ini adalah beberapa pertimbangan tentang kelebihan Google Drive di smartphone Android yang bisa memberikan sedikit gambaran dan inspirasi sebelum kamu memutuskan untuk benar-benar memanfaatkan layanan cloud storage ini secara maksimal.

keunggulan google drive di android

Pertama, masalah integrasi dengan sistem operasi Android, tentu saja Google Drive memiliki keunggulan tersendiri karena sama-sama produk dari Google jadi kamu tidak usah ragu lagi dengan kehandalan kinerjanya karena sudah pasti bekerja dengan maksimal dan mampu mendukung semua kebutuhan kamu saat memakai sistem operasi Android. Hampir semua fitur backup baik di pengaturan atau aplikasi pihak ketiga, terintegrasi dengan Google Drive sehingga kamu tidak harus lagi mengalami kendala saat ingin melakukan proses backup data.

Kedua, Google Drive sudah benar-benar terintegrasi dengan menu Foto Galeri di Android, itu artinya kamu bisa langsung melakukan proses backup otomatis foto di Android ke Google Drive tanpa lagi harus repot dengan backup manual. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini langsung dari aplikasi Foto bawaan default Android dan proses sinkronisasi ke akun Google yang aktif di smartphone tersebut. Foto yang tersimpan nantinya bisa diakses di device manapun baik laptop, PC, tablet bahkan iPhone dengan syarat memakai akun Google yang sama.

kelebihan google drive di android

Ketiga, tak hanya sekedar untuk backup foto ternyata layanan Google Drive bisa dimanfaatkan juga untuk backup data lainnya yang ada di hp Android kita, sebagai contoh backup kontak, SMS dan berbagai macam data lainnya. Jangan khawatir, di menu Pengaturan – Backup kamu bisa memilih untuk mengaktifkan pencadangan ke Google Drive secara langsung tanpa lagi harus menginstall aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Keempat, untuk kamu yang selalu bekerja dengan berbagai macam dokumen seperti Word, Excell ataupun PDF, jangan heran bila Google Drive juga bisa dipakai untuk menyimpan berbagai macam dokumen penting tersebut, bahkan apabila kamu pakai aplikasi Dokumen atau Spreadsheet keluaran Google maka kita bisa melakukan kolaborasi bersama teman atau rekan kerja dalam hal proses editing data tersebut. Kita bisa memberikan hak akses ke sesama pengguna layanan cloud storage dari Google tersebut untuk sekedar melihat atau mendapatkan izin untuk proses edit dokumen.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dan kelebihan Google Drive di Android, namun demikian semuanya akan terasa bermanfaat apabila kamu telah mencoba untuk menggunakan layanan ini di hp Android kamu. Bagaimanapun juga menggunakannya secara langsung akan membuat kamu lebih tahu dan yakin dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki oleh Google Drive.

Leave a Reply