Tips Agar Keyboard Tidak Getar dan Ada Tombol Enter

Keberadaan keyboard di Android menjadi hal yang sangat penting karena banyak digunakan di berbagai macam aplikasi mulai dari sosmed seperti Instagram dan Twitter sampai saat kita ngobrol bersama teman dan kerabat di WhatsApp atau aplikasi chatting lainnya. Maka tidak mengherankan bila kemudian, pengaturan keyboard yang pas dan tepat akan memberikan kenyamanan tersendiri dan membuat kita terhindar dari salah ketik.

Untuk kamu yang sudah menggunakan smartphone Android dalam aktivitas sehari-hari tentunya sudah tak sulit lagi untuk mengatur keyboard di Android, mulai dari memilih aplikasi keyboard yang cocok seperti Gboard dari Google ataupun aplikasi keyboard lain dari pihak ketiga, sampai merubah opsi auto teks, emoji, emoticon dan pengaturan lainnya. Semua opsi yang berkaitan dengan setelan keyboard di Android memang wajib kamu test dan coba agar menemukan setelan yang cocok sesuai dengan kebutuhan.

Berbeda dengan keyboard fisik seperti yang ada di smartphone jadul dulu, di smartphone Android dan iPhone dimana menggunakan virtual keyboard ada fitur yang akan membuat hp bergetar ketika kita mengetik sebuah huruf, angka, kata di keyboard yang digunakan. Dengan fitur getar di Keyboard membuat kita secara otomatis mengetahui bahwa kita sedang mengetik. Namun, tak jarang justru keberadaan fitur ini membuat sebagian pengguna Android merasa tak nyaman dan tak ingin keyboard getar waktu dipakai.

Apabila kamu menggunakan aplikasi keyboard standar dari Google yakni Gboard, sebenarnya sangatlah mudah untuk mengatur agar keyboard Android tidak getar. Pertama silahkan masuk ke pengaturan – bahasa dan masukan lalu tap pada keyboard. Karena kita memakai aplikasi keyboard bawaan atau default maka pilih Gboard.

agar keyboard tidak getar

Selanjutnya di setelan keyboard kita bisa pilih preferensi lalu nonaktifkan pada opsi info via sentuhan saat tombol ditekan sehingga nantinya keyboard di Android tidak akan lagi getar ketika digunakan.

agar keyboard android tidak getar

Contoh diatas adalah pengaturan keyboard untuk aplikasi Gboard dari Google, apabila saat ini kamu memakai aplikasi papan ketik dari pihak ketiga maka bisa mencari opsi yang hampir serupa dan sama seperti diatas. Tidak sulit kok, karena setiap aplikasi keyboard sudah pasti menyertakan fitur getar di papan ketiknya.

Cara Agar Keyboard di Android ada tombol Enter di WhatsApp

Secara default di setiap aplikasi keyboard pasti menyertakan tombol enter yang berfungsi untuk beralih ke baris atau paragraf baru. Namun, di aplikasi pesan singkat seperti di WhatsApp atau Line bahkan di sosmed terkadang tombol enter ini berubah menjadi tombol send atau kirim pesan, sehingga kita sedikit kesulitan ketika harus beralih ke baris atau paragraf baru saat sedang ngobrol bersama teman.

Langkah singkat agar keyboard ada tombol enter saat kita sedang menggunakan WhatsApp adalah dengan merubah pengaturan keyboard tersendiri di aplikasi WhatApp. Masuk ke menu setelan – chat laku di bagian paling atas kamu bisa menonaktifkan pilihan enter untuk kirim pesan. Dengan perubahan ini maka fungsi tombol enter akan kembali seperti semula yakni untuk beralih ke paragraf atau baris baru bukan untuk fungsi send atau kirim pesan di WA.

cara agar keyboard ada tombol enter

Lalu bagaimana bila kita ingin agar tampilan keyboard di Android ada gambar atau foto kita sendiri sehingga lebih asik untuk digunakan? Untuk yang satu ini kamu bisa gunakan aplikasi keyboard dari pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play Store.

Leave a Reply