Melihat Kontak di Akun Google

Zaman dulu menyimpan daftar kontak atau phonebook hanya ada dua opsi yakni disimpan di sim card ataupun memori internal telepon. Memilih opsi yang kedua yakni menyimpan di telepon tak jarang membuat kita kehilangan seluruh kontak saat akan berganti handphone karena sebelumnya lupa melakukan proses backup terlebih dahulu. Masih mending jika kita simpan kontak di sim card, akan selalu ada selama kita masih menggunakannya dan bahkan bisa mudah dipindahkan ke berbagai macam handphone.

Di era smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS, kita pengguna smartphone lebih memilih menyimpan kontak secara online entah itu di akun Google ataupun di iCloud khusus untuk pengguna gadget dari Apple. Pilihan menyimpan kontak di akun Google merupakan sebuah langkah yang tepat karena seperti kita ketahui selain bisa di sinkronisasikan di smartphone Android, juga kontak yang tersimpan di Google juga bisa di baca iPhone, sehingga kamu bisa dengan mudah memindahkannya dari satu perangkat ke perangkat lain.

Secara default untuk pengguna Android, saat kamu login atau membuat akun baru di hp Android maka opsi sinkronisasi kontak ke akun Google akan muncul dan kamu bisa langsung mengaktifkannya agar ke depannya setiap kontak baru yang kamu simpan maka secara otomatis akan tersinkronisasi dan tersimpan secara online di akun kamu. Tentu saja proses ini akan berlangsung secara otomatis, sehingga ketika kamu ingin mengganti hp lama ke smartphone baru tidak harus lagi melakukan proses backup kontak, namun cukup login pakai akun yang sama di smartphone baru tersebut kemudian lakukan sinkronisasi kontak.

Keuntungan menyimpan kontak secara online adalah selama kamu masih bisa mengakses akun tersebut maka kontak akan selalu ada dan tersimpan dengan aman, tak perlu khawatir akan hilang kecuali kamu menghapus sendiri kontak tersebut. Manajemen kontak di akun Google juga cukup cerdas, karena kita bisa membuat grup kontak sesuai kebutuhan sehingga memudahkan kita disaat ingin menghubungi seseorang. Tak hanya itu, kita juga bisa dengan mudah mengetahui kontak mana saja yang sering kita hubungi.

Apakah kontak yang tersimpan di akun Google hanya bisa dilihat lewat smartphone Android atau iPhone saja? Jawabannya tidak, karena ternyata kita bisa kok melihat dan mengecek kontak lewat komputer atau laptop. Cara lihat kontak di akun Google sangatlah mudah yakni dengan langsung mengakses alamat https://contacts.google.com baik lewat Chrome atau Firefox kemudian login menggunakan akun dimana kamu menyimpan kontak tersebut.

lihat kontak di akun google

Jangan khawatir, meski diakses lewat komputer kamu bisa kok menambahkan kontak baru dan mengedit kontak yang sudah ada sebelumnya, bahkan kita bisa menggabungkan beberapa kontak yang sama sehingga nantinya jumlah kontak tidak akan terlalu banyak. Kontak yang tersimpan pun tidak harus memiliki nomor handphone, tapi bisa juga cuma alamat email yang akan mempermudah kita saat akan mengirimkan sebuah email ke kontak yang diinginkan.

Untuk kamu yang ingin mengganti hp Android ke iPhone terbaru seperti iPhone XS Max, tak usah khawatir lagi dengan phonebook dan kontak WhatsApp kita bisa dengan mudah memindahkan kontak Android ke iPhonedengan memakai akun Google kita. Kita ketahui di iPhone sendiri ada banyak opsi untuk sinkronisasi kontak termasuk salah satunya adalah menggunakan akun Google yang pernah kita gunakan di hp Android.

Perlu diingat bahwa kontak yang tersimpan di akun Google bisa digunakan di beberapa hp. Untuk kamu yang selalu menggunakan 2 sampai 3 buah smartphone untuk kebutuhan sehari-hari, bisa kok menggunakan satu akun untuk proses sinkronisasi kontaknya, sehingga nantinya semua hp yang kamu pakai akan memiliki kontak yang sama, jadi kamu tidak perlu repot lagi.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest