Cara Backup Kontak Whatsapp Android

Salah satu kelebihan WhatsApp dibandingkan dengan aplikasi serupa seperti BBM atau Line adalah kini pengguna WA sangat banyak dan rata-rata pengguna Android atau iPhone pasti memiliki akun WhatsApp sehingga komunikasi bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala, pending ataupun tidak terkirim sama sekali hanya karena yang kita kirimi pesan tersebut tidak memiliki akun WA. Saat ini WhatsApp seakan sudah menjadi standar untuk kirim dan menelepon teman, rekan kerja atau kerabat, maka jangan heran bila setiap orang lebih suka menanyakan nomor WhatsApp dibandingkan dengan pin BBM ataupun username Line.

Kemudahan dalam menggunakan WhatsApp menjadi ciri khas yang tidak bisa digantikan oleh aplikasi lain, di WA kita bisa langsung berkomunikasi dengan hanya mengetahui nomor telepon dari orang yang akan kita kirimi pesan atau sekedar untuk nelpon via WA. Komunikasi pun bisa langsung dilakukan tanpa perlu lagi ada proses add friend atau menambahkan sebagai teman terlebih dahulu cukup masukan nomor telepon ke dalam daftar kontak atau phonebook di smartphone Android atau iPhone, kita sudah bisa menghubungi orang tersebut semudah kirim sms atau nelpon biasa.

Kontak WhatsApp yang terintegrasi ke dalam phonebook di  handphone Android kita membuat kita semakin mudah untuk berkomunikasi dengan seseorang, cukup membuka daftar kontak di phonebook telepon kita bisa langsung kirim pesan atau nelpon via WhatsApp. Jangan heran, bila saat pertama kali kamu menggunakan WhatsApp dan ternyata kontak di phonebook otomatis muncul di WhatsApp sehingga kamu tidak lagi repot menambahkan kontak satu per satu. Jangan khawatir bila terjadi error saat proses integrasi kontak kamu bisa simak di mengatasi kontak whatsapp yang tidak otomatis muncul di Android sehingga nantinya proses komunikasi tidak terganggu.

Bila kamu sudah lama menggunakan WhatsApp dan ternyata daftar kontak WA sudah banyak dan kamu berencana akan mengganti handphone lama ke hp Android baru, tentu pernah bertanya bagaimana sih cara backup kontak WhatsApp di Android agar nantinya bisa dipindahkan ke handphone baru tersebut tanpa harus repot memasukannya lagi satu per satu. Sebenarnya di WhatsApp versi terbaru sudah ada fitur untuk backup kontak otomatis dimana daftar kontak akan tersimpan ke nomor yang digunakan untuk login ke akun WhatsApp milik kita.

Namun untuk berjaga-jaga agar kontak benar-benar sudah tersimpan atau di backup dengan aman tidak ada salahnya kamu melakukan proses backup kontak secara manual yakni dengan menyimpan daftar phonebook kedalam bentuk file yang nantinya bisa di restore dengan mudah ke handphone baru. Caranya masuk ke menu phonebook di hp Android kamu, lalu pilih menu setelan – import disini kamu bisa memilih apakah akan disimpan dalam bentuk file atau langsung disimpan di kartu SIM. Jika kontaknya berjumlah ratusan sebaiknya disimpan ke dalam file saja. Biar tidak bingung kamu bisa lihat lebih detail langkah backup kontak di Android dengan cepat dan mudah agar nantinya kontak benar-benar tersimpan dengan aman.

cara backup kontak whatsapp ke email

Selain secara manual seperti diatas, sebenarnya ada yang cara backup kontak WA yang lebih praktis dan mudah yakni dengan menyimpan kontak WhatsApp di akun Google. Cara menyimpan kontak di Google pun tidak sulit karena yang dibutuhkan hanyalah sebuah akun Google yang biasa digunakan di hp Android kamu. Nantinya di handphone baru, silahkan kamu login atau gunakan akun Google yang sama dengan yang dipakai di hp lama, agar nantinya secara otomatis kontak yang tersimpan di Google akan di restore ke daftar kontak pada smartphone Android baru kamu.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest